PANDUAN NEXT TOP WRITER SEASON 10 – Innovation

Sebentar lagi Next Top Writer Season 10 akan segera dimulai! Sub-kompetisi yang paling banyak diminati salah satunya adalah Kompetisi Kategori Inovatif.
Pada kompetisi kategori inovatif ini, penulis diharapkan bisa menghasilkan sebuah karya yang kreatif dan inovatif guna menyuguhkan karya-karya baru yang fresh dengan memaksimalkan kreatifitas dan imajinasi diri.

Di Next Top Writer Season 10 kali ini,
ada 13 genre cerita yang masuk ke dalam kategori inovatif, yaitu: 

  1. Horror
  2. Petualangan
  3. Fantasi
  4. Fiksi Ilmiah
  5. Action
  6. Time Travel
  7. Terkahir Kembali
  8. Teen Fiction
  9. Religi (Male book dan Female book)
  10. Werewolf/Vampire
  11. Urban Life (Khusus untuk male book)
  12. Virtual Game (khusus untuk male book)
  13. Romance, tapi khusus untuk tag #Wanita Buruk Rupa, #Topeng, atau #Pesona   

Demi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang genre yang masuk ke dalam kategori ini, berikut akan dijelaskan secara spesifik apa saja kriteria jenis cerita yang diharapkan bisa dikembangkan ke dalam ke-10 genre tersebut.

A. Kategori Innovatif untuk Female Book
Kategori Inovatif untuk female book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh wanita.
2. Cerita berpusat pada si tokoh wanita.
3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran tokoh wanita.

Kategori inovatif untuk female book harus berpusat pada si tokoh wanita. Perkembangan cerita perlu disesuaikan dengan main line cerita yang dikembangkan.

Berikut ini, akan dijelaskan secara lebih detil bagaimana mengembangkan main line cerita sesuai dengan genre atau latar belakang cerita. Pembahasan di bawah ini, akan mengambil tema percintaan sebagai garis utama cerita.

1. Petualangan
Genre petualangan menekankan kisah perjalanan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam kategori inovatif ini, penulis bisa mengembangkan genre petualangan dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita.
Contoh: Kisah cinta bisa terjadi setelah tokoh utama wanita diselamatkan oleh tokoh utama pria saat tokoh utama wanita berada di situasi berbahaya, atau bisa juga ketika mereka di tengah perjalanan dalam mengemban misi tertentu.
Film dan serial TV yang bisa menjadi acuan yaitu: Crash Landing on You dan The Divergent Series.

2. Fantasi
Genre ini menekankan kisah cerita yang mustahil terjadi di dunia nyata. Dalam kategori inovatif, penulis bisa mengembangkan garis utama cerita seperti berikut:
• Pemeran utama wanita memintas waktu dan kembali ke masa lalu untuk meyelamatkan pernikahannya, contoh: About Time.
• Pemeran utama wanita memintas waktu ke zaman dahulu dan bertemu dengan pangeran tampan. Contoh kisah dari serial TV: The Great Jang-Geum dan Splash Splash Love.

3. Fiksi Ilmiah
Dalam kategori inovatif, pengetahuan sains bisa dikombinasikan dengan tema cerita lain; dalam hal ini kisah romansa. Pengetahuan sains tidak hanya digunakan sebagai bentuk pengetahuan, namun juga bisa digunakan untuk memperkuat tema cerita.
Misalnya, tokoh utama pria adalah alien dan tokoh utama wanita adalah manusia, mereka saling mencintai namun terhalang akan perbedaan ini.
Contoh dalam serial TV: My Love from the Star dan My Girlfriend is an Alien.

Tags untuk genre ini:
#DuniaMasaDepan

4. Horor
Horor dalam kategori inovatif bisa dikombinasikan antara thriler dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita. Misalnya, menceritakan seorang pria yang mencintai seorang wanita yang bisa melihat hantu. Selain ada ketegangannya, cerita juga memiliki sisi manis dari kisah cinta kedua tokoh.
Contoh kisah dari serial TV yang bisa menjadi acuan: Goblin: The Lonely and Great God dan Hotel Del Luna.

Tags yang digunakan:
#Scary #Screaming

5. Action
Genre action memiliki adegan-adegan aksi di dalamnya. Dalam kategori inovatif, action bisa digunakan sebagai elemen yang mendukung karakter di dalam cerita.
Misalnya dalam serial TV Korea Weightlifting Fairy, Kim Bok-joo. Tokoh wanita berperan sebagai atlet angkat besi yang memiliki kekuatan fisik yang jarang dimiliki oleh perempuan pada umumnya.

6. Terlahir Kembali (Reinkarnasi)
Poin inti dalam cerita ini adalah perubahan eksistensi (hidup) pemeran utama wanita. Pemeran utama wanita memiliki hidup yang buruk sebelumnya, bisa karena sebuah kecelakaan atau petualangan, lalu si karakter kembali ke kejadian beberapa tahun lalu dan memutuskan untuk memperbaiki kehidupannya di masa mendatang, termasuk ke kehidupan percintaannya bersama karakter pria.
Catatan: Cerita ini berporos hanya pada sudut pandang si tokoh perempuan. Penulis bisa lebih memperhatikan alur percintaan tokoh.
Contoh: Bittersweet Revenge

7. Time Travel (Novel Penjelajah Waktu)
Jenis novel ini memiliki ciri yang jelas, di mana tokoh utama wanita hidup di zaman modern dan berpindah ke zaman kuno karena suatu hal (misal karena kecelakaan, petualangan, dan sebagainya). Secara garis besar, genre ini berkisah mengenai perjalanan cinta antara tokoh utama pria yang merupakan seorang Pangeran atau Raja dengan tokoh utama wanita yang memiliki jiwa modern di dalam dirinya.
Contoh: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, About Time (Drama Korea)

8. Teen Fiction
Cerita bergulir sesama pelajar dan terjadi di seputar sekolah, yang dialami oleh kalangan remaja, kisaran usia di bawah 17 tahun. Indahnya masa sekolah dengan cinta monyet, pergaulan, persahabatan, juga hubungan antara orang tua dan anak remaja.
Contoh : Dilan 1990

9. Religi
Perjalanan perubahan kehidupan tokoh yang mencari kebenaran dan kebaikan, hingga menemukan hikmah.
Contoh: Hijrahnya Sang Pendosa, karya Just Mommy

Tags yang digunakan genre ini:
#Hikmah/wisdom

10.Vampire dan Werewolf
Contoh 1: Female lead adalah orang biasa di dunia vampir. Keluarga Male lead adalah keluarga paling hebat dan powerful di dunia vampir. Oleh karena beberapa alasan, keluarga female lead dijual ke keluarga male lead. Female lead tidak disukai oleh keluarga pemeran utama laki-laki
Contoh 2: Di awal cerita, female lead karena beberapa alasan, menandatangani sebuah kontrak dengan male lead, kemudian menikah. Setelah mereka menikah, baru ketahuan kalau male lead adalah seorang werewolf yang menyamar. Di mata orang-orang, male lead adalah seorang direktur, tapi identitas lain dirinya adalah seorang werewolf. Ini sebagai permulaan yang akan membawa rangkaian cerita selanjutnya.
Contoh: Twilight Saga.

Tags yang digunakan genre ini:
#EternalLove #Scary

Catatan : untuk genre yang belum memiliki tag, dapat memilih dari tag yang ada.

Tiga Tag Spesial yang Bisa Masuk ke dalam Kategori Innovative
Jika kamu memiliki dan memilih tiga tag dari genre romance ini pada konten cerita kamu, selain mengikut kategori NTW umum, kamu otomatis juga diikutsertakan dalam kompetisi sub-kategori inovatif. 

#Wanita Buruk Rupa
Berbeda dengan citra cantik dan seksi tokoh wanita cerita jaman dulu, tokoh wanita di alur ini biasanya berpenampilan cacat, tidak sempurna, jelek.  Mereka sering ditolak oleh tokoh pria. Tokoh wanita mungkin punya sifat baik hati atau memiliki kemampuan lain yang luar biasa lainnya, sehingga secara bertahap menarik pemeran utama pria.

#Topeng
Tokoh pria atau wanita memiliki banyak identitas tersembunyi. Identitas awalnya sering kali adalah orang kecil biasa, membuat pembaca mendaptkan substitusi rasa yang kuat. Namun, ketika menghadapi kesulitan, baik terpaksa atau sukarela, mereka akan mulai melepaskan topengnya untuk menyelesaikan masalah.

#Pesona
Gaya penulisan ini sebagian besar santai dan hangat. Tokoh wanita tidak menderita karena berbagai tekanan, dia disukai oleh semua orang selayaknya seorang putri kecil. Orang-orang akan menemukan karya luar biasa dari si tokoh utama yang kemudian akan menjadi daya tariknya. Meraka akan selalu membantunya, menjaganya. 


B. Kategori Inovatif untuk Male Book
Kategori Inovatif untuk male book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh pria.
2. Cerita berpusat pada si tokoh pria.
3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran si tokoh pria.

Dalam penjelasan selanjutnya, akan dijelaskan secara lebih detil bagaimana mengembangkan main line cerita tersebut dengan genre-genre berikut. Pembahasan di bawah ini mengambil center dari tokoh utama pria sebagai garis utama cerita pada genre-genre inovatif.

1. Petualangan
Pada kategori inovatif untuk male book, tokoh utama pria bisa dikisahkan tengah melakukan perjalanan atau sedang dalam menjalankan sebuah misi.
Cerita dapat dikisahkan dari sisi bagaimana lika-liku yang dialami tokoh utama dalam perjalanan tersebut, misalnya di tengah perjalanan tokoh utama pria menemukan harta karun atau bertemu dengan seseorang yang powerful hingga membuatnya menjadi pria yang kuat dan disegani, atau tokoh utama berhasil melewati pertarungan sengit dan membuatnya menjadi pahlawan yang dihormati.
Contoh kisah yang bisa dijadikan acuan: The Hobbit dan The Pirates of the Caribbean.

Tags untuk genre ini:
#Petualangan

2. Action
Latar waktu pada cerita tidak terbatas pada zaman. Cerita bisa menyoroti keterampilan tokoh utama pria dalam bela diri; tokoh utama pria memiliki keahlian seperti kungfu, silat, tembak-menembak dan lain-lain, yang membuat dirinya mampu membela orang yang lemah dan memberantas kejahatan, hingga kemudian dirinya dipuja dan dihormati.
Kisah yang bisa dijadikan acuan: Baby Driver dan Mission Impossible.

Tags untuk genre ini:
#Adrenalin

3. Urban Life
Cerita tentang kehidupan kaum pria urban dengan profesinya dan polemiknya, mengupas konflik dalam perjalanan karirnya dan kendala yang dihadapinya. Pengaturan latar cerita. Kebanyakan novel urban adalah male books. Novel jenis ini biasanya mempunyai satu tokoh utama pria dan beberapa tokoh utama wanita. Para tokoh wanita ini menyukai si tokoh pria.

Tags untuk genre ini:
#Dokter jenius
Umumnya, tokoh pria dari jenis tulisan ini memiliki keterampilan medis yang luar biasa, kebanyakan dari mereka adalah dokter dengan keterampilan medis oriental yang misterius. Mereka sering dikombinasikan dengan tipe menantu. Tokoh akan diremehkan di awal, tetapi kemudian akan menghadapi situasi besar seperti situasi kematian dan semacamnya. Ia kemudian keluar pada saat kritis dengan menunjukkan kekuatannya, mengejutkan semua orang.

#Ayah
Kebanyakan tokoh pria memiliki satu atau lebih anak-anak lucu, tokoh pria biasanya kaya, punya keterampilan, dan suka memanjakan anak-anak. Tokoh pria akan membawa anaknya untuk mengupgrade diri atau melawan monster, dengan fokus pada poin yang menyegarkan dan menarik; bisa juga tokoh pria membawa anak untuk mengejar istrinya, fokus pada kelucuan dan ambiguitas. Peran anak dalam jenis teks ini terutama untuk menciptakan kepribadian yang kontras dari tokoh pria, atau untuk mendorong perkembangan emosi tokoh laki-laki.

4. WEREWOLF/VAMPIRE
Pengaturan identitas karakter. Tokoh pria umumnya adalah manusia serigala atau vampire, yang merupakan semacam sebuah eksistensi dalam legenda Barat, yang muncul pada saat bulan pernama Jenis buku ini biasanya berfokus pada permainan emosional. Tokoh pria mencintai tokoh wanita (manusia normal), yang menginginkan kisah cinta abadi. Bisa juga digabungkan dengan setting karakter seorang vampir. Seperti Twilight dan The Vampire Diaries.

Tags untuk genre ini:
#Fullmoon #Eternal Love

5. VIRTUAL GAME
Si tokoh utama pria memainkan game elektronik tertentu–bisa tentang olah raga, bisa tentang petualangan, bisa tentang pertarungan–dan menghubungkan aktivitasnya di dunia game ini dengan kehidupan nyata yang dia alami. Adegan-adegan di dalam game dimunculkan untuk menunjukkan perkembangan si tokoh utama, dari semula lemah menjadi kuat, dari semula payah menjadi hebat. Si tokoh utama berelasi dengan tokoh-tokoh lain secara online lewat game tersebut, dan ini turut membangun plot cerita secara keseluruhan. Akan ada persahabatan, juga cinta, yang dengan sendirinya terjalin.

Satu hal yang harus diingat: hal-hal terkait dunia game yang dimunculkan di cerita hanyalah latar bagi berjalannya cerita. Cerita di male book genre ini sendiri haruslah di seputar bagaimana si tokoh utama pria ini mengalami perkembangan di dunia nyatanya. Boleh ada peleburan antara dunia game dan dunia nyata, tetapi fokusnya tetap harus pada perkembangan si tokoh utama.

Untuk saat ini, belum ada male book E-Sport yang bisa dibilang sukses. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti formula dasar male book yang telah dijelaskan jauh di awal tadi.

Tag untuk genre ini:
#Virtual Game
Tokoh utama masuk ke dalam gim video virtual, menjadi peran dalam gim, membunuh monster untuk naik level. Fokus pada bagian “memuaskan”. Jenis cerita gim ini bisa semuanya fiksi, atau dapat berdasarkan game ponsel atau game online sebagai referensi. Referensi: Battle Ground, Glory of Kings , dll.

6. HOROR
Si tokoh utama pria adalah seseorang yang mengalami sebuah insiden horor di mana ia merasakan pengalaman mistis, ketakutan, juga ancaman. Seiring berjalannya waktu bermunculan juga insiden-insiden horor lainnya, misteri-misteri, dan secara psikologis memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap si tokoh utama. Namun, justru dengan adanya pengaruh negatif ini, jalan cerita berkembang dan begitu pula si tokoh utama. Si tokoh utama akan menjadi semakin kuat dan kelak ia akan memecahkan misteri-misteri yang ada dan menjadi sang pemenang.

Layaknya cerita horor pada umumnya, ada beberapa elemen yang umumnya muncul: hantu, mayat, kematian, permakaman, teror, kutukan. Ketegangan adalah hal yang penting dan mesti dijaga intensitasnya, dari waktu ke waktu, dari bab ke bab. Adanya unsur ketegangan ini dapat menjadi pemicu bagi pembaca untuk terus mengikuti cerita sampai akhir.

Saat ini, belum ada male book Horor yang terbilang sukses di NovelMe. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti formula dasar male book yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Tag untuk genre ini:
#Scary #Screaming
Karya-karya horor berfokus pada efek ketakutan psikologis yang disampaikan kepada pembaca. Novel semacam ini sebagian besar dikombinasikan dengan sebuah misteri, tetapi juga bisa dikombinasikan dengan jenis alur yang lain. Misalnya, dalam female book, tokoh utama bisa diatur sebagai hantu yang lucu. Dia kemudian berinteraksi dengan tokoh lain di “dunia nyata”, sehingga bisa disajikan dengan gaya lucu.

7. FIKSI ILMIAH
Menggunakan bentuk fantasi untuk meramalkan atau membayangkan dunia di masa depan. Bisa dikombinasikan dengan teknologi termutakhir untuk melakukan petualangan antar wilayah yang berbeda. Dapat disajikan dalam bentuk time travel, luar angkasa, perang dunia, dll.

Tag untuk genre ini:
#Dunia Masa Depan

8. Fantasi
Kisah yang terjadi di luar nalar, dan mengandalkan imajinasi, tidak terbatas ruang dan waktu, menceritakan suatu masa yang berupa khayalan tetapi seolah pernah terjadi, sehingga pembaca percaya ada dunia dan kisah tersebut.

Tag untuk genre ini:
#Apocalyptic crisis
Tulisan jenis ini biasanya berhubungan dengan cerita-cerita kultivasi, kekuatan/kemampuan luar biasa. Tokoh utama akan terlahir kembali di akhir masa di suatu masa sejarah, kemudian akan menghadapi bahaya dan terus mengembangkan berbagai kemampuan. Esai jenis ini digabungkan dengan esai yang sistematis. Dengan alur maju, tokoh mulai perlahan mencapai puncak kehidupan. Endingnya biasanya adalah mengatasi bahaya/masalah di akhir zaman, hingga kemudian membuka era baru di kehidupan mendatang.

#Anekdot
Umumnya terdiri dari beberapa cerita pendek, berfokus pada cerita seperti legenda dan mitos, biasa disebut gaya thriller yang tegang. Berisi suatu misteri tertentu.

9. Religi
Perjalanan perubahan kehidupan tokoh pria yang mencari kebenaran dan kebaikan, hingga menemukan hikmah.
Tag untuk genre ini: #Hikmah/wisdom

Catatan : untuk genre yang belum memiliki tag, dapat memilih dari tag yang ada.

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...