PANDUAN NEXT TOP WRITER SEASON 11 – INNOVATION FEMALE

Kategori Innovation kini kembali hadir di Next Top Writer Season 11 untuk para penulis yang memiliki imajinasi tak terbatas, di sinilah kategori yang tepat untuk saling berkompetisi. Melalui sub-kategori ini, NovelMe bertekad untuk mendukung penulis melahirkan novel dengan elemen inovatif dan membawa kesegaran untuk pembaca novel online.

Ada 14 genre yang diikutsertakan pada Next Top Writer Season 11 kali ini, yaitu:

  1. Time Travel (Khusus untuk Female Book)
  2. Terlahir Kembali (Khusus untuk Female Book)
  3. Teen Fiction
  4. Fantasi
  5. Religi
  6. Action
  7. Petualangan
  8. Fiksi Ilmiah
  9. Werewolf/Vampire
  10. Horor
  11. Romance + Tujuh Tag Spesial (Khusus untuk Female Book)
  12. Baby Novel (Khusus untuk Female Book)
  13. Virtual Game (Khusus untuk Male Book)
  14. Urban Life (Khusus untuk Male Book)

*Genre lainnya tanpa catatan khusus dapat digunakan untuk male book dan female book*

Melalui pemaparan yang akan dijelaskan, diharapkan penulis dapat mengembangkan tipe-tipe cerita sebagai berikut dan mengembangkan cerita sesuai dengan imajinasi diri. Penulis diharapkan juga dapat memahami aturan dan ketentuan pada sub-kategori ini dengan memperhatikan masing-masing ketentuan Genre dan Tag yang dipakai tepat, sesuai dengan tema dan topik cerita sebagai salah satu keabsahan keikutsertaan dalam sub-kategori ini, serta mempermudah pembaca untuk menemukan novel pilihan dengan genre dan tag terpilih.

FEMALE BOOK DI INNOVATION DI NTW S11

1. Kategori Innovation untuk Female Book
Kategori Inovatif untuk female book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh wanita.
  2. Cerita berpusat pada si tokoh wanita.
  3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran tokoh wanita.

Kategori inovatif untuk female book harus berpusat pada tokoh wanita. Perkembangan cerita perlu disesuaikan dengan plot utama cerita yang dikembangkan.

Berikut ini, akan dijelaskan secara lebih detil bagaimana mengembangkan plot cerita sesuai dengan genre dan latar belakang cerita. Pembahasan di bawah ini, akan mengambil tema percintaan sebagai garis utama cerita.

1. TIME TRAVEL (Novel Penjelajah Waktu)
Jenis novel ini memiliki ciri yang jelas, di mana tokoh utama wanita hidup di zaman modern dan berpindah ke zaman kuno karena suatu hal. Secara garis besar, genre ini berkisah mengenai perjalanan cinta antara tokoh utama pria yang merupakan seorang pangeran atau raja, dengan tokoh utama wanita yang memiliki jiwa modern di dalam dirinya.
Contoh: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, About Time.

Tag yang dapat digunakan: #Dimensi Waktu (Tokoh utama dapat berpindah dari waktu ke waktu, dari masa lalu ke masa depan, begitu pula sebaliknya.)

2. TERLAHIR KEMBALI
Poin inti dalam cerita ini adalah perubahan eksistensi (hidup) pemeran utama wanita. Pemeran utama wanita memiliki hidup yang buruk sebelumnya, bisa karena sebuah kecelakaan atau petualangan, lalu si karakter kembali ke kejadian beberapa tahun lalu dan memutuskan untuk memperbaiki kehidupannya di masa mendatang, termasuk ke kehidupan percintaannya bersama karakter pria.
Catatan: Cerita ini berporos hanya pada sudut pandang si tokoh perempuan. Penulis bisa lebih memperhatikan alur percintaan tokoh.
Contoh: Bittersweet Revenge

Tag yang dapat digunakan:
#Reinkarnasi (Terlahir kembali sebagai orang lain dan memiliki kesempatan kedua untuk memperbaiki hidupnya.)
#New Life (Setelah mengalami reinkarnasi, tokoh utama wanita mendapatkan kehidupan baru yang sama sekali berbeda dari kehidupan sebelumnya, sehingga ia harus bisa beradaptasi dan mengubah keadaan.)

3. TEEN FICTION
Cerita bergulir sesama pelajar dan terjadi di seputar sekolah, yang dialami oleh kalangan remaja, kisaran usia di bawah 17 tahun. Indahnya masa sekolah dengan cinta monyet, pergaulan, persahabatan, juga hubungan antara orang tua dan anak remaja.
Contoh : Dilan 1990

Tag yang dapat digunakan:
#Cinta Remaja (Kisah kasih yang terjadi di antara dua remaja, bisa sebagai pelajar sekolah atau tingkat mahasiswa. Cerita berkembang dari awal, mulai dari saling taksir, saling rindu, cemburu, hingga mengaku saling cinta.)
#Sekolah #Kampus (Memiliki sebagai besar latar belakang di sekolah atau kampus, beserta dengan kejadian dan konflik cerita)

4. FANTASI
Genre ini menekankan kisah cerita yang mustahil terjadi di dunia nyata, memiliki cerita di luar nalar dan bersifat imajinatif.

Tag yang dapat digunakan:
#Dongeng (Cerita murni berupa khayalan atau dongeng yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga penulis bebas mengembangkan imajinasinya.)

5. RELIGI
Perjalanan perubahan kehidupan tokoh yang mencari kebenaran dan kebaikan, hingga menemukan hikmah.
Contoh: Hijrahnya Sang Pendosa, karya Just Mommy

Tag yang dapat digunakan: #Hikmah/wisdom

6. ACTION
Cerita memiliki adegan-adegan aksi di dalamnya. Dalam kategori inovatif, action bisa digunakan sebagai elemen yang mendukung karakter di dalam cerita.
Misalnya dalam serial TV Korea Weightlifting Fairy, Kim Bok-joo. Tokoh wanita berperan sebagai atlet angkat besi yang memiliki kekuatan fisik yang jarang dimiliki oleh perempuan pada umumnya.

Tag yang digunakan genre ini: #Adrenalin (Segala unsur yang dapat menimbulkan ketegangan bagi pembaca, memacu detak jantung, karena mengandung unsur bahaya.)

7. PETUALANGAN
Menekankan kisah perjalanan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penulis bisa mengembangkan genre petualangan dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita.
Contoh: Kisah cinta bisa terjadi setelah tokoh utama wanita diselamatkan oleh tokoh utama pria saat tokoh utama wanita berada di situasi berbahaya, atau bisa juga ketika mereka di tengah perjalanan dalam mengemban misi tertentu.
Film dan serial TV yang bisa menjadi acuan yaitu: Crash Landing on You dan The Divergent Series.

8. FIKSI ILMIAH
Dalam kategori inovatif, pengetahuan sains bisa dikombinasikan dengan tema cerita lain; dalam hal ini kisah romansa. Pengetahuan sains tidak hanya digunakan sebagai bentuk pengetahuan, namun juga bisa digunakan untuk memperkuat tema cerita.
Misalnya, tokoh utama pria adalah alien dan tokoh utama wanita adalah manusia, mereka saling mencintai, namun terhalang akan perbedaan ini.
Contoh dalam serial TV: My Love from the Star dan My Girlfriend is an Alien.

Tags yang dapat digunakan: #DuniaMasaDepan

9. WEREWOLF dan VAMPIRE
Contoh 1: Female lead adalah orang biasa di dunia vampir. Keluarga Male lead adalah keluarga paling hebat dan powerful di dunia vampir. Oleh karena beberapa alasan, keluarga female lead dijual ke keluarga male lead. Female lead tidak disukai oleh keluarga pemeran utama laki-laki

Contoh 2: Di awal cerita, female lead karena beberapa alasan, menandatangani sebuah kontrak dengan male lead, kemudian menikah. Setelah mereka menikah, baru ketahuan kalau male lead adalah seorang werewolf yang menyamar. Di mata orang-orang, male lead adalah seorang direktur, tapi identitas lain dirinya adalah seorang werewolf. Ini sebagai permulaan yang akan membawa rangkaian cerita selanjutnya.
Contoh: Twilight Saga.

Tag yang dapat digunakan: #EternalLove #Scary

10. HOROR
Horor dalam kategori inovatif bisa dikombinasikan antara thriler dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita. Misalnya, menceritakan seorang pria yang mencintai seorang wanita yang bisa melihat hantu. Selain ada ketegangannya, cerita juga memiliki sisi manis dari kisah cinta kedua tokoh.
Contoh kisah dari serial TV yang bisa menjadi acuan: Goblin: The Lonely and Great God dan Hotel Del Luna.

Tags yang dapat digunakan: #Scary #Screaming

11. ROMANCE (Dengan tujuh tag spesial)  
Cerita romansa dapat ikut serta dalam kompetisi sub-kategori ini dengan catatatan HARUS memiliki unsur cerita dari salah satu tag berikut:

#Wanita Buruk Rupa
Berbeda dengan citra cantik dan seksi tokoh wanita cerita jaman dulu, tokoh wanita di alur ini biasanya berpenampilan cacat, tidak sempurna, dan wajah yang tidak menarik.  Mereka sering ditolak oleh tokoh pria. Tokoh wanita mungkin punya sifat baik hati atau memiliki kemampuan lain yang luar biasa lainnya, sehingga secara bertahap menarik pemeran utama pria.

#Topeng
Tokoh pria atau wanita memiliki banyak identitas tersembunyi. Identitas awalnya sering kali adalah orang kecil biasa, membuat pembaca mendaptkan substitusi rasa yang kuat. Namun, ketika menghadapi kesulitan, baik terpaksa atau sukarela, mereka akan mulai melepaskan topengnya untuk menyelesaikan masalah.

#Pesona
Gaya penulisan ini sebagian besar santai dan hangat. Tokoh wanita tidak menderita karena berbagai tekanan, dia disukai oleh semua orang selayaknya seorang putri kecil. Orang-orang akan menemukan karya luar biasa dari si tokoh utama yang kemudian akan menjadi daya tariknya. Mereka akan selalu membantunya, menjaganya.

#Older Man
Tokoh utama wanita tertarik dengan tokoh pria yang jauh lebih dewasa dibanding usianya, biasanya karena suatu keadaan memaksa hingga membuatnya harus bersama pria tersebut, namun kemudian membuat wanita tersebut lama-lama mengagumi dan jatuh cinta pada pria tersebut. Pengaturan identitas untuk tokoh laki-laki. Perbedaan usia antara tokoh utama pria dan wanita relatif besar. Tokoh pria bersikap sangat dewasa, stabil dan kaya. Tokoh wanita ceria, terbuka dan lebih aktif mendekatinya.

#Dibesarkan Paman
Karena suatu keadaan di masa lalu, tokoh utama wanita harus dirawat dan dibesarkan oleh pamannya (tokoh utama pria), walau pamannya tersebut tidak memiliki silsilah keluarga. Ketika dewasa, tokoh wanita merasakan sesuatu yang berbeda tumbuh di hatinya. Hidup dalam kasih sayang paman angkatnya, membuat tokoh utama wanita mengagumi tokoh pria tersebut. Hubungan mereka berlanjut ke dalam kisah cinta.

#Jiwa Yang Tertukar
Terjadi suatu peristiwa semacam kecelakaan yang membuat tokoh utama wanita mengalami cedera dan koma, namun ketika siuman ternyata telah berada dalam tubuh orang lain. Tokoh utama wanita bisa berpindah ke tokoh utama wanita lainnya, namun bisa juga bertukar jiwa dengan tokoh utama pria.

#Perawat/Nurse/Baby Sitter
Cerita berkaitan dengan profesi perawat/pengasu. Contoh plot besar yang dapat dikembangkan: karena suatu kejadian (seperti kecelakaan mobil, kecelakaan pesawat atau lain-lain) tokoh utama pria bertemu dengan tokoh utama wanita yang merupakan seorang perawat. Karena tokoh utama wanita juga membutuhkan uang dan karena tuntutan pekerjaan, dia lalu merawat tokoh utama pria. Dari sinilah konflik berawal dan cerita dapat dikembangkan.
Contoh: Pengasuh Tuan Muda, karya Sugianti Bisri

12. BABY NOVEL
Plot diawali dengan kedua tokoh bertemu secara tidak sengaja karena suatu insiden (misalnya One Night Stand), kemudian tokoh utama wanita mengandung bayi kembar. Beberapa tahun kemudian, tokoh utama pria dan wanita bertemu kembali, mengalami beberapa insiden yang mendekatkan hubungan keduanya.
Catatan: Biasanya, bayi/anak dalam jenis buku ini sangat unik. Mereka memiliki peran penting dalam perkembangan karakter dan perasaan antara tokoh utama pria dan wanita (kedua orangtua mereka). Namun, poin utama tetap kisah cinta dari kedua tokoh utama. Anak-anak hanya menjadi katalis.

Tag yang dapat digunakan:
#Bayi Kembar
Tokoh utama wanita melahirkan bayi kembar, bahkan bisa lebih dari tiga bayi kembar, dan semuanya lucu menggemaskan, menyebabkan jatuh hati jika melihatnya. Memiliki bayi kembar yang banyak dalam satu waktu, merepotkan sang ibu untuk merawat dan membesarkan mereka, dan membutuhkan biaya yang besar.

#Bayi Super
Sejak dilahirkan, bayi ini sudah menunjukkan kecerdasannya sebagai bayi super, kemudian tumbuh besar menjadi anak yang jenius.

#Hamil
Cerita ini bermula dari tokoh utama wanita yang hamil disebabkan oleh peristiwa one night stand, tetapi tidak dapat menemukan kembali pria yang telah membuatnya mengandung.

#Ayah Biologis
Karena kesalahan peristiwa one night stand, tokoh utama wanita berpisah dari tokoh pria, yang bisa saja tidak saling mengenal sebelumnya. Dari peristiwa ini, tokoh wanita kemudian mengandung dan melahirkan. Bertahun kemudian, anak yang dilahirkan mencari jejak ayah biologisnya.

#Cinta Lama
Bermula hanya dari peristiwa yang berlangsung semalam, tokoh utama wanita berpisah dari tokoh pria, tetapi bertahun kemudian bertemu kembali dalam suatu peristiwa yang tidak disengaja. Dari sinilah awal cinta sesaat yang akhirnya bersemi menjadi cinta sejati.

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...