PANDUAN NEXT TOP WRITER SEASON 11 – INNOVATION MALE

Kategori Innovation kini kembali hadir di Next Top Writer Season 11 untuk para penulis yang memiliki imajinasi tak terbatas, di sinilah kategori yang tepat untuk saling berkompetisi. Melalui sub-kategori ini, NovelMe bertekad untuk mendukung penulis melahirkan novel dengan elemen inovatif dan membawa kesegaran untuk pembaca novel online.

Ada 14 genre yang diikutsertakan pada Next Top Writer Season 11 kali ini, yaitu:

  1. Time Travel (Khusus untuk Female Book)
  2. Terlahir Kembali (Khusus untuk Female Book)
  3. Teen Fiction
  4. Fantasi
  5. Religi
  6. Action
  7. Petualangan
  8. Fiksi Ilmiah
  9. Werewolf/Vampire
  10. Horor
  11. Romance + Enam Tag Spesial (Khusus untuk Female Book)
  12. Baby Novel (Khusus untuk Female Book)
  13. Virtual Game (Khusus untuk Male Book)
  14. Urban Life (Khusus untuk Male Book)

*Genre lainnya tanpa catatan khusus dapat digunakan untuk male book dan female book*

Melalui pemaparan yang akan dijelaskan, diharapkan penulis dapat mengembangkan tipe-tipe cerita sebagai berikut dan mengembangkan cerita sesuai dengan imajinasi diri. Penulis diharapkan juga dapat memahami aturan dan ketentuan pada sub-kategori ini dengan memperhatikan masing-masing ketentuan Genre dan Tag yang dipakai tepat, sesuai dengan tema dan topik cerita sebagai salah satu keabsahan keikutsertaan dalam sub-kategori ini, serta mempermudah pembaca untuk menemukan novel pilihan dengan genre dan tag terpilih.

MALE BOOK DI INNOVATION DI NTW S11
Selain di Male Book Arena, genre-genre male book juga tersedia di Innovation. Berikut ini genre-genre male book yang tersedia di NTW Innovation beserta tag-nya:

1. URBAN LIFE
Male book jenis ini bercerita tentang kehidupan kaum pria urban dengan profesi tertentu yang spesifik, beserta polemiknya. Yang dikupas dan dieksplorasi adalah konflik dalam perjalanan karier si pria urban tersebut, seperti apa kendala-kendala yang dia hadapi, bagaimana ia menghadapinya. Di male book jenis ini, biasanya memiliki satu tokoh utama pria dan beberapa tokoh utama wanita. Tokoh-tokoh wanita ini diceritakan menyukai si tokoh utama pria dan hal ini turut meningkatkan daya pikat cerita.

TAG:
#Dokter jenius
Umumnya, tokoh utama pria di male book tipe ini memiliki keterampilan medis yang luar biasa, di mana kebanyakan dari mereka adalah dokter dengan keterampilan medis oriental yang misterius. Male book tipe ini sering dikombinasikan dengan tipe menantu, di mana si tokoh utama pria diremehkan di awal dan ia menghadapi situasi besar seperti situasi kematian atau yang semacamnya. Di satu titik, pada saat kritis, si dokter jenius ini menunjukkan kekuatannya, membuat semua orang terkejut dan tercengang.

#Ayah
mumnya, si tokoh utama pria memiliki satu atau lebih anak yang menggemaskan. Si tokoh utama pria ini biasanya kaya, punya keterampilan tertentu, dan suka memanjakan anak-anak. Ia akan membawa anaknya untuk mengupgrade diri atau melawan monster, dengan fokus pada poin yang menyegarkan dan menarik; bisa juga ia membawa anaknya itu untuk mengejar istrinya, di mana fokus cerita adalah pada kelucuan dan ambiguitas. Kehadiran sosok anak di male book tipe ini terutama adalah untuk menciptakan kepribadian yang kontras dari si tokoh utama pria; bisa juga untuk mendorong perkembangan emosinya.

2. FANTASI
Kisah yang terjadi di luar nalar, dan mengandalkan imajinasi, tidak terbatas ruang dan waktu, menceritakan suatu masa yang berupa khayalan tetapi seolah pernah terjadi, sehingga pembaca percaya ada dunia dan kisah tersebut.

TAG:
#Apocalyptic crisis
Male book tipe ini  sering berhubungan dengan cerita-cerita kultivasi, tentang kekuatan atau kemampuan luar biasa yang dieksplorasi semenarik mungkin. Si tokoh utama pria akan terlahir kembali di suatu masa, kemudian dia menghadapi bahaya demi bahaya dan terus mengembangkan berbagai kemampuan. Dengan alur maju, si tokoh utama pria perlahan-lahan mencapai puncak kehidupan. Di bagian ending ia akan mengatasi sebuah bahaya akhir zaman dan kemudian membuka era baru bagi kehidupan setelahnya.
#Anekdot
Umumnya terdiri dari beberapa cerita pendek, berfokus pada cerita seperti legenda dan mitos, biasa disebut gaya thriller yang menegangkan; berisi suatu misteri tertentu.

3.RELIGI
Di male book tipe ini, ditonjolkan bagaimana perubahan yang dialami si tokoh utama pria yang berkaitan dengan ajaran atau prinsip tertentu, umumnya dalam wujud agama. Perubahannya itu sendiri adalah dari gelap menuju terang, dari negatif menjadi positif. Pergolakan batin akan menjadi sangat intens dan dipengaruhi oleh konflik-konflik yang menjerat si tokoh utama, yang berkaitan dengan ajaran atau prinsip tadi itu. Penting untuk menggambarkan si tokoh utama pria secara manusiawi, di mana ia punya celah dan kelemahan. Ajaran atau prinsip itu sendiri jangan sampai disajikan sebagai petuah yang mendesak dan memaksa, melainkan harus seiring dengan berjalannya cerita, menyatu dengan cerita.

TAG:
#Hikmah
Pada akhirnya, dengan berbekal ajaran atau prinsip itu, si tokoh utama pria akan menjadi dirinya yang jauh lebih baik, dan pembaca diajak untuk memetik hikmah dari perjalanan hidupnya ini. Adapun hikmah ini sendiri cenderung bersifat universal, tidak eksklusif untuk kalangan tertentu saja, dan tidak berpotensi memancing kontroversi yang tidak perlu.

4. ACTION
Si tokoh utama pria di male book tipe ini digambarkan memiliki keterampilan bela diri atau penguasaan senjata tertentu. Ia akan terlibat dalam sejumlah pertarungan atau peperangan, tetapi fokusnya adalah pada bagaimana ia berkembang secara fisik maupun psikis dari waktu ke waktu, dari titik terendah di dalam hidupnya ke titik puncak di mana ia berjaya dan melegenda. Akan ada bumbu kisah cinta untuk mempermanis cerita, tapi tak akan menjadi inti cerita. Nuansa cerita harus sangat maskulin. Di sejumlah banyak adegan penting adrenalin pembaca dipompa dan dipompa.

TAG:
#Adrenalin
Seperti halnya di film-film laga yang penuh dengan adegan mendebarkan, di male book tipe ini pun pembaca diajak untuk larut dalam sensasi seperti itu. Ada kaitan yang kuat antara sensasi ini dengan perkembangan yang terjadi pada si tokoh utama pria.

5. VIRTUAL GAME
Si tokoh utama pria memainkan game elektronik tertentu–bisa tentang olah raga, bisa tentang petualangan, bisa tentang pertarungan–dan menghubungkan aktivitasnya di dunia game ini dengan kehidupan nyata yang dia alami. Adegan-adegan di dalam game dimunculkan untuk menunjukkan perkembangan si tokoh utama, dari semula lemah menjadi kuat, dari semula payah menjadi hebat. Si tokoh utama berelasi dengan tokoh-tokoh lain secara online lewat game tersebut, dan ini turut membangun plot cerita secara keseluruhan. Akan ada persahabatan, juga cinta, yang dengan sendirinya terjalin.

Satu hal yang harus diingat: hal-hal terkait dunia game yang dimunculkan di cerita hanyalah latar bagi berjalannya cerita. Cerita di male book genre ini sendiri haruslah di seputar bagaimana si tokoh utama pria ini mengalami perkembangan di dunia nyatanya. Boleh ada peleburan antara dunia game dan dunia nyata, tetapi fokusnya tetap harus pada perkembangan si tokoh utama.

Untuk saat ini, belum ada male book E-Sport yang bisa dibilang sukses. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti formula dasar male book yang telah dijelaskan jauh di awal tadi.

TAG:
#Virtual Game
Tokoh utama masuk ke dalam gim video virtual, menjadi peran dalam gim, membunuh monster untuk naik level. Fokus pada bagian “memuaskan”. Jenis cerita gim ini bisa semuanya fiksi, atau dapat berdasarkan game ponsel atau game online sebagai referensi. Referensi:  Battle Ground, Glory of Kings, dll.

6. PETUALANGAN
Di male book tipe ini, si tokoh utama pria melakukan sebuah petualangan yang panjang dan jauh, di mana dia bertemu dan tokoh-tokoh unik dan menghadapi peristiwa-peristiwa menarik. Fokusnya adalah pada bagaimana si tokoh utama pria ini tumbuh seiring waktu berlalu, sampai akhirnya ia menjadi sosok yang sangat kuat dan sangat tangguh, bahkan menjadi legenda di kalangan tertentu. Biasanya ada sesuatu hal istimewa yang ia cari, entah itu benda pusaka, seseorang, atau sebuah peristiwa. Dinamika konflik dan kejutan adahal unsur penting di male book tipe ini.

TAG:
#Petualangan

7. FIKSI ILMIAH
Menggunakan bentuk fantasi untuk meramalkan atau membayangkan dunia di masa depan. Bisa dikombinasikan dengan teknologi termutakhir untuk melakukan petualangan antar wilayah yang berbeda.  Dapat disajikan dalam bentuk time travel, luar angkasa, perang dunia, dll.

TAG:
#Dunia Masa Depan

8. WEREWOLF/VAMPIRE
Tokoh utama pria adalah sesosok manusia serigala atau vampire yang dikenal di legenda-legenda Barat, yang identik dengan malam dan bulan purnama. Male book tipe ini biasanya berfokus pada permainan emosional. Si tokoh utama pria mencintai tokoh wanita yang adalah sesosok manusia, dan ia atau si wanita menginginkan kisah cinta yang abadi. Bisa juga digabungkan keduanya, di mana ada pertemuan dan interaksi antara sosok werewolf dan sosok vampir, seperti yang terjadi di Twilight Saga dan The Vampire Diaries.

TAG:
#Fullmoon
#Eternal Love

9. HOROR
Si tokoh utama pria adalah seseorang yang mengalami sebuah insiden horor di mana ia merasakan pengalaman mistis, ketakutan, juga ancaman. Seiring berjalannya waktu bermunculan juga insiden-insiden horor lainnya, misteri-misteri, dan secara psikologis memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap si tokoh utama. Namun, justru dengan adanya pengaruh negatif ini, jalan cerita berkembang dan begitu pula si tokoh utama. Si tokoh utama akan menjadi semakin kuat dan kelak ia akan memecahkan misteri-misteri yang ada dan menjadi sang pemenang.

Layaknya cerita horor pada umumnya, ada beberapa elemen yang umumnya muncul: hantu, mayat, kematian, permakaman, teror, kutukan. Ketegangan adalah hal yang penting dan mesti dijaga intensitasnya, dari waktu ke waktu, dari bab ke bab. Adanya unsur ketegangan ini dapat menjadi pemicu bagi pembaca untuk terus mengikuti cerita sampai akhir.

Male book tipe horor berfokus pada efek ketakutan psikologis yang dirasakan si tokoh utama pria, yang disampaikan kepada pembaca. Male book ini sebagian besar dikombinasikan dengan misteri, tetapi juga bisa dikombinasikan dengan jenis alur yang lain. Misalnya, si tokoh utama dihadirkan sebagai sesosok hantu yang usil dan dia berinteraksi dengan tokoh-tokoh lain di “dunia nyata”, dan kelucuan pun terasa.

Saat ini, belum ada male book Horor yang terbilang sukses di NovelMe. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti formula dasar male book yang sudah dijelaskan di atas tadi.

TAG:
#Scary
#Screaming

Seccara lengkap, berikut genre-genre male book di NTW Innovation beserta tag-nya:

  1. Urban Life, dengan tag: Dokter Jenius, Ayah
  2. Fantasi, dengan tag: Apocallyptic Crisis, Anekdot
  3. Religi, dengan tag: Hikmah
  4. Action, dengan tag: Adrenalin
  5. Virtual Game, dengan tag: Virtual Game
  6. Petualangan, dengan tag: Petualangan
  7. Fiksi Ilmiah, dengan tag: Dunia Masa Depan
  8. Werewolf/Vampire, dengan tag: Fullmoon, Eternal Love
  9. Horor, dengan tag: Scary, Screaming
close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...