PANDUAN NEXT TOP WRITER SEASON 10 – Male Book Arena
SEMAKIN POPULER DENGAN GENRE & TAG TERBARU!

Selamat datang di season paling istimewa sepanjang berlangsungnya Next Top Writer (NTW). Selain memberikan hadiah dan bonus yang lebih besar dari season sebelumnya, season ini pun memberikan dukungan penuh kepada para penulis sehingga mereka berkesempatan mendapatkan penghasilan yang layak. Tentu saja, itu diluar pendapatan yang mereka peroleh dari bab berbayar dan hadiah pembaca.

Tunggu apalagi? Ayo, jadilah penulis webnovel populer bersama NovelMe. STAIRS TO FAME. Pelajari dan pahami caranya berikut ini, dan jadilah pemenang kompetisi ini!

TAG UNTUK MEMOPULERKAN NOVELMU!
Kamu pasti sudah familiar dengan pemilihan channel yang terdiri dari Men dan Women, yang harus disesuaikan dengan jenis cerita yang kamu tulis. Jika tokoh utamanya pria dan memiliki sentral cerita tentang tokoh pria tersebut, kamu harus memilih channel Men. Begitu pun sebaliknya, untuk tokoh utama perempuan dan sentral cerita adalah perempuan, kamu harus memilih channel Women.

Setelah itu, tentu kamu sudah terbiasa memilih genre yang sesuai dengan jalan cerita yang kamu tulis. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memilih buku yang memenuhi selera dan minat mereka. Genre untuk channel Men berbeda dengan Genre untuk channel Women. Jadi, perhatikan baik-baik.

Dan kini hadir fasilitas baru, yang akan mulai tersedia pada 7 Juli 2021, yaitu penambahan tag atau label untuk membuat novel kamu tampil lebih lengkap di aplikasi. Tag ini berguna untuk memudahkan mereka menemukan buku yang sesuai dengan keinginan mereka secara lebih spesifik di dalam genre yang mereka pilih. Dengan demikian, novel kamu memiliki tools untuk semakin lebih mudah ditemukan pembaca, dan menjadi semakin populer.

Apa saja tag yang dapat kamu pilih di dalam genre-genre itu? Kamu diperkenankan memilih 1-5 tag untuk sebuah buku. Semakin banyak tag yang kamu pilih, buku kamu akan semakin berkesempatan untuk menjadi populer.

Adapun genre-genre dan tag-tag yang tersedia untuk dipilih itu sendiri adalah sebagai berikut:

Male Book di NTW Male Book Arena

  1. Miliarder, dengan tag #Mendadak Kaya
  2. Menantu, dengan tag #Membalas Balik
  3. Mafia, dengan tag #Balas Dendam
  4. Kesatria, dengan tag #Special Power
  5. Dewa Perang, dengan tag #Dewa Perang
  6. Tentara, dengan tag #Tentara
  7. Daily Life, dengan tag #Daily Life

Male Book di NTW Innovation

  1. Urban Life, dengan tag #Dokter Jenius dan #Ayah
  2. Werewolf, dengan tag #Full Moon dan #Eternal Love
  3. Virtual Game, dengan tag #Virtual Game
  4. Horor, dengan tag #Scary dan #Screaming
  5. Fiksi Ilmiah, dengan tag #Dunia Masa Depan
  6. Fantasi, dengan tag #Apocalyptic Crisis dan #Anekdot
  7. Petualangan, dengan tag #Petualangan
  8. Action, dengan tag #Adrenalin
  9. Religi, dengan tag #Hikmah

Dan Berikut ini penjelasan untuk tiap-tiap gere dan tag tersebut:

1. MILIARDER
Di awal cerita, digambarkan si tokoh utama sebagai sosok yang miskin dan memiliki status sosial yang rendah. Ia diejek dan dihina-hina oleh orang-orang di sekitarnya. Namun, tak lama terkuak bahwa si tokoh utama ini sebenarnya adalah pewaris harta sebuah keluarga superkaya; ia menjalani hidup miskin karena sesuatu hal. Di satu titik, ia bisa kembali mengakses kekayaan keluarganya dan hidupnya pun berubah. Dengan status barunya sebagai orang yang sangat kaya, ia mulai membalas orang-orang yang sebelumnya memandangnya rendah dan memperlakukannya dengan buruk. Saat menulis male book dengan genre ini, perhatikan formula male book yang dijabarkan tadi.

Fokus dari male book genre ini adalah pada menggambarkan bagaimana perubahan si tokoh utama dari semula sangat miskin menjadi sangat kaya, dari semula status sosialnya begitu rendah jadi begitu tinggi. Tetapi, harus diingat, si tokoh utama tidak boleh sampai tersesat dan menjadi orang jahat. Semua kekayaan dan kekuatannya itu ia gunakan untuk menolong, melindungi, dan membantu sesosok wanita yang ia cintai.

Contoh male book Miliarder yang sukes: Super Rich Man, The Richest Punk

TAG:
#Mendadak Kaya
Di satu titik di dalam hidupnya, biasanya di awal-awal cerita, si tokoh utama pria akan menjadi kaya dalam watu singkat. Masa tranisi di mana ia beradaptasi dengan kehidupan barunya sebagai orang superkaya ini penting untuk digambarkan secara masuk akal dan meyakinan.

2. MENANTU
Di awal cerita si tokoh utama pria digambarkan begitu miskin dan hidup menumpang di rumah mertua. Padahal, sebenarnya, ia adalah orang yang kaya-raya; ia menjalani hidup miskin karena sesuatu hal. Di satu titik identitasnya terungkap, dan perlahan ia pun berkembang menjadi seseorang yang sangat dihormati dan disegani. Saat menulis male book dengan genre ini, perhatikan formula male book yang dijabarkan tadi.

Dan satu hal lainnya yang juga perlu diperhatikan, yang menjadi fokus dari male book genre ini adalah bagaimana si tokoh utama yang telah berubah dari miskin menjadi kaya itu, dari lemah menjadi kuat itu, diam-diam membantu istrinya dan mertuanya dalam mengatasi masalah-masalah mereka  dan meningkatkan value mereka di mata anggota keluarga yang lainnya.

Contoh male book Menantu yang sukses: Hello, Mr. Presdir!

TAG:
#Membalas Balik

Atur cerita dengan ending yang “memuaskan”. Ketika sebagian besar tokoh pendukung menggertak, menghina, atau meremehkan identitas, kemampuan, dan penampilan tokoh utama pria dan wanita, tokoh utama pria kemudian melakukan pembalasan. Semakin banyak tokoh pendukung, semakin baik efeknya.

3. MAFIA
Si tokoh utama adalah seseorang yang pernah menempati posisi penting di sebuah organisasi mafia tetapi karena satu dan lain hal dia menjalani hidup sebagai orang biasa, menyembunyikan identitasnya dari orang-orang di sekitarnya. Di awal cerita dia berada dalam kondisi kritis lalu seseorang dari keluarganya atau dari organisasi yang pernah dipimpinnya itu muncul memintanya untuk kembali, sambil menawarinya kekayaan atau kekuasaan. Dia menggunakannya untuk membalas perlakuan buruk tokoh-tokoh antagonis, juga untuk melindungi dan membantu sesosok wanita yang dicintainya.

Satu hal yang harus digarisbawahi di sini, si tokoh utama harus digambarkan tampan, kuat, dan kharismatik. Hal-hal ini membuat tokoh-tokoh antagonis begitu cemburu padanya dan berusaha menyakitinya. Di sepanjang cerita, ditunjukkan bahwa dia adalah sang mafia terhebat yang pernah ada.

Untuk saat ini, belum ada male book Mafia yang sukses di NovelMe. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti saja formula dasar male book NovelMe yang telah dijelaskan di awal tadi.

TAG:
#Balas Dendam
Tema khusus.  Karena sebuah kebencian yang mendalam, tokoh utama punya tujuan balas dendam. Kuasai lebih banyak cheat–tokoh utama punya banyak trik untuk mencapai tujuannya. Plot perlu diatur dengan poin yang lebih menyegarkan, “memuaskan”, dan ritme harus cepat.

4. KESATRIA
Di awal cerita, si tokoh utama pria berada di dalam sebuah kekacauan yang besar di mana orang-orang terdekatnya, orang-orang tersayangnya, menjadi korban. Dia sendiri pun teraniaya, tetapi dia berhasil selamat atau diselamatkan. Dia lalu berlatih, meningkatkan kemampuannya sehingga dia menjadi seseorang yang sangat kuat dan melegenda. Dia bertualang dari satu tempat ke tempat lain, bertemu dan bertarung dengan tokoh-tokoh lain. Di sepanjang cerita, sisi kepahlawanan si tokoh utama pria ini ditonjolkan.

Satu hal yang harus digarisbawahi di male book genre ini, di awal cerita si tokoh utama harus digambarkan lemah atau biasa-biasa saja. Ini supaya dia mudah dibuat menderita dan kelak memancing pembaca untuk bersimpati kepadanya. Di akhir bab pertama, sebisa mungkin, munculkan kejutan yang menunjukkan bahwa si tokoh utama ini sebenarnya adalah orang hebat atau akan menjadi orang hebat. Dan tetapkan satu tujuan yang ambisius yang akan menggerakkan cerita, yang akan mendorong cerita untuk terus bergulir hingga beratus-ratus bab. Contohnya: menghancurkan kerajaan musuh.

Sejauh ini, male book Kesatria yang sukses selalu mengambil latar di zaman dulu, di era kerajaan. Contoh male book Kesatria: Saka Sang Pembantai, Pendekar Naga Iblis.

 TAG:
#Special Power
Tokoh utama memiliki kemampuan khusus di level yang super seperti menguasai ilmu pedang tersulit, skill pengobatan misterius, memiliki penglihatan menembus ruang dan waktu, memiliki bakat kultivasi, dll.

5. DEWA PERANG
Di awal cerita, digambarkan bahwa si tokoh utama pria adalah sosok yang sangat disegani dan ditakuti karena ia sangat kaya dan sangat kuat. Ia adalah seorang dewa perang yang tak tertandingi. Karena satu dan lain hal, dia memutuskan untuk kembali ke kota asalnya. Dia senantiasa menyembunyikan identitasnya, sambil membalas dendam kepada orang-orang di kota itu yang dulu memperlakukannya dengan begitu buruk.

Faktor yang perlu diperhatikan dari male book genre ini adalah adanya tujuan kuat yang mendorong si tokoh utama pria untuk kembali ke kota asalnya itu. Tujuan ini sendiri bisa sesuatu yang sifatnya profesional seperti menjalankan misi yang sangat penting, atau sesuatu yang sifatnya personal seperti menggagalkan pernikahan wanita yang dicintainya. Faktor lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah keahliannya yang berkaitan dengan kemiliteran, yang terhubung erat dengan julukannya sebagai sang Dewa Perang.

Contoh male book Dewa Perang yang sukses: Dewa Perang Terbaik, Menantu Penguasa

 TAG:
#Dewa Perang
Status si tokoh utama pria sebagai Sang Dewa Perang adalah hal penting yang harus ditonjolkan sejak awal cerita. Sebagai Sang Dewa Perang, ia sudah sangat kuat di awal, tetapi karena satu dan lain hal ia tidak bisa menunjukkan seluruh kekuatannya.

6. TENTARA
Di male book tipe ini, si tokoh utama pria adalah sesosok tentara atau mantan tentara yang tengah mengalami pergulatan hidup. Ia mungkin menderita trauma pasca-perang, atau membelot ke pihak lawan, atau menjadi desersi. Fokus cerita adalah pada bagaimana si tokoh utama pria ini mengalami perubahan dalam upaya membuat kehidupan yang dijalaninya menjadi lebih baik. Tentu, akan ada banyak halangan dan hambatan, termasuk dari instansi kemiliteran tempat ia dulunya tumbuh. Akan ada tokoh-tokoh istimewa dalam perubahan-perubahan yang dialami si tokoh utama pria ini.

Contoh male book: The Strongest Soldier

 TAG:
#Tentara
Identitas si tokoh utama sebagai tentara atau mantan tentara penting untuk ditonjolkan. Unsur-unsur militer pun bisa dimunculkan untuk menguatkan identitas tersebut, tetapi porsinya harus diatur. Fokus cerita tetap pada diri si tokoh utama dan perubahan-perubahan yang dialaminya.

7. DAILY LIFE
Si tokoh utama adalah pria yang kaya-raya dan menempati posisi tertinggi di sebuah perusahaan, tetapi di awal cerita kondisinya terpuruk karena sebuah persoalan personal yang membuatnya terguncang. (Contoh: perceraian, kematian pasangan.) Si tokoh utama berusaha untuk bangkit dari keterpurukannya ini, sambil menghadapi masalah-masalah lain yang satu per satu mendatanginya. Pada akhirnya dia tentu akan bangkit, bahkan menjadi jauh lebih kuat dan lebih tangguh dari dirinya sebelumnya. Yang menjadi fokus di dalam male book genre ini adalah penggambaran sisi emosional si tokoh utama pria.

Contoh male book Daily Life yang sukses: SINGLE DADDY karya ALLINA.

 TAG:
#Daily Life
Kehidupan sehari-hari si tokoh utama ditonjolkan secara wajar, seperti bagaimana ia berinteraksi dengan anggota keluarganya di rumah, tenu saja dengan nuansa yang maskulin.

8. URBAN LIFE
Male book jenis ini bercerita tentang kehidupan kaum pria urban dengan profesi tertentu yang spesifik, beserta polemiknya. Yang dikupas dan dieksplorasi adalah konflik dalam perjalanan karier si pria urban tersebut, seperti apa kendala-kendala yang dia hadapi, bagaimana ia menghadapinya. Di male book jenis ini, biasanya memiliki satu tokoh utama pria dan beberapa tokoh utama wanita. Tokoh-tokoh wanita ini diceritakan menyukai si tokoh utama pria dan hal ini turut meningkatkan daya pikat cerita.

TAG:
#Dokter jenius
Umumnya, tokoh utama pria di male book tipe ini memiliki keterampilan medis yang luar biasa, di mana kebanyakan dari mereka adalah dokter dengan keterampilan medis oriental yang misterius. Male book tipe ini sering dikombinasikan dengan tipe menantu, di mana si tokoh utama pria diremehkan di awal dan ia menghadapi situasi besar seperti situasi kematian atau yang semacamnya. Di satu titik, pada saat kritis, si dokter jenius ini menunjukkan kekuatannya, membuat semua orang terkejut dan tercengang.

#Ayah
Umumnya, si tokoh utama pria memiliki satu atau lebih anak yang menggemaskan. Si tokoh utama pria ini biasanya kaya, punya keterampilan tertentu, dan suka memanjakan anak-anak. Ia akan membawa anaknya untuk mengupgrade diri atau melawan monster, dengan fokus pada poin yang menyegarkan dan menarik; bisa juga ia membawa anaknya itu untuk mengejar istrinya, di mana fokus cerita adalah pada kelucuan dan ambiguitas. Kehadiran sosok anak di male book tipe ini terutama adalah untuk menciptakan kepribadian yang kontras dari si tokoh utama pria; bisa juga untuk mendorong perkembangan emosinya.

9. WEREWOLF/VAMPIRE
Tokoh utama pria adalah sesosok manusia serigala atau vampire yang dikenal di legenda-legenda Barat, yang identik dengan malam dan bulan purnama. Male book tipe ini biasanya berfokus pada permainan emosional. Si tokoh utama pria mencintai tokoh wanita yang adalah sesosok manusia, dan ia atau si wanita menginginkan kisah cinta yang abadi. Bisa juga digabungkan keduanya, di mana ada pertemuan dan interaksi antara sosok werewolf dan sosok vampir, seperti yang terjadi di Twilight Saga dan The Vampire Diaries.

TAG:
#Fullmoon
#Eternal Love

10. VIRTUAL GAME
Si tokoh utama pria memainkan game elektronik tertentu–bisa tentang olah raga, bisa tentang petualangan, bisa tentang pertarungan–dan menghubungkan aktivitasnya di dunia game ini dengan kehidupan nyata yang dia alami. Adegan-adegan di dalam game dimunculkan untuk menunjukkan perkembangan si tokoh utama, dari semula lemah menjadi kuat, dari semula payah menjadi hebat. Si tokoh utama berelasi dengan tokoh-tokoh lain secara online lewat game tersebut, dan ini turut membangun plot cerita secara keseluruhan. Akan ada persahabatan, juga cinta, yang dengan sendirinya terjalin.

Satu hal yang harus diingat: hal-hal terkait dunia game yang dimunculkan di cerita hanyalah latar bagi berjalannya cerita. Cerita di male book genre ini sendiri haruslah di seputar bagaimana si tokoh utama pria ini mengalami perkembangan di dunia nyatanya. Boleh ada peleburan antara dunia game dan dunia nyata, tetapi fokusnya tetap harus pada perkembangan si tokoh utama.

Untuk saat ini, belum ada male book tipe Virtual Game yang bisa dibilang sukses. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti formula dasar male book yang telah dijelaskan jauh di awal tadi.

 TAG:
#Virtual Game
Tokoh utama masuk ke dalam video game virtual, menjalani peran tertentu di dalam game tersebut seperti membunuh monster-monster untuk naik level. Fokuskan cerita adalah pada bagian yang “memuaskan” di mana pembaca diajak merasakan euforia kemenangan. Male book tipe ini bisa murni fiktif, bisa juga berdasarkan game ponsel atau game online yang sudah ada. Referensi:  Battle Ground, Glory of Kings.

11. HOROR
Si tokoh utama pria adalah seseorang yang mengalami sebuah insiden horor di mana ia merasakan pengalaman mistis, ketakutan, juga ancaman. Seiring berjalannya waktu bermunculan juga insiden-insiden horor lainnya, misteri-misteri, dan secara psikologis memberikan pengaruh negatif yang signifikan terhadap si tokoh utama. Namun, justru dengan adanya pengaruh negatif ini, jalan cerita berkembang dan begitu pula si tokoh utama. Si tokoh utama akan menjadi semakin kuat dan kelak ia akan memecahkan misteri-misteri yang ada dan menjadi sang pemenang.

Layaknya cerita horor pada umumnya, ada beberapa elemen yang umumnya muncul: hantu, mayat, kematian, permakaman, teror, kutukan. Ketegangan adalah hal yang penting dan mesti dijaga intensitasnya, dari waktu ke waktu, dari bab ke bab. Adanya unsur ketegangan ini dapat menjadi pemicu bagi pembaca untuk terus mengikuti cerita sampai akhir.

Saat ini, belum ada male book Horor yang terbilang sukses di NovelMe. Bagi yang ingin menulis male book genre ini, bisa coba ikuti formula dasar male book yang sudah dijelaskan di atas tadi.

TAG:
#Scary
#Screaming

Male book tipe horor berfokus pada efek ketakutan psikologis yang dirasakan si tokoh utama pria, yang disampaikan kepada pembaca. Male book ini sebagian besar dikombinasikan dengan misteri, tetapi juga bisa dikombinasikan dengan jenis alur yang lain. Misalnya, si tokoh utama dihadirkan sebagai sesosok hantu yang usil dan dia berinteraksi dengan tokoh-tokoh lain di “dunia nyata”, dan kelucuan pun terasa.

12. FIKSI ILMIAH
Menggunakan bentuk fantasi untuk meramalkan atau membayangkan dunia di masa depan. Bisa dikombinasikan dengan teknologi termutakhir untuk melakukan petualangan antar wilayah yang berbeda.  Dapat disajikan dalam bentuk time travel, luar angkasa, perang dunia, dll.

TAG:
#Dunia Masa Depan

 

13. FANTASI
Kisah yang terjadi di luar nalar, dan mengandalkan imajinasi, tidak terbatas ruang dan waktu, menceritakan suatu masa yang berupa khayalan tetapi seolah pernah terjadi, sehingga pembaca percaya ada dunia dan kisah tersebut.

TAG:
#Apocalyptic crisis
Male book tipe ini  sering berhubungan dengan cerita-cerita kultivasi, tentang kekuatan atau kemampuan luar biasa yang dieksplorasi semenarik mungkin. Si tokoh utama pria akan terlahir kembali di suatu masa, kemudian dia menghadapi bahaya demi bahaya dan terus mengembangkan berbagai kemampuan. Dengan alur maju, si tokoh utama pria perlahan-lahan mencapai puncak kehidupan. Di bagian ending ia akan mengatasi sebuah bahaya akhir zaman dan kemudian membuka era baru bagi kehidupan setelahnya.

#Anekdot
Umumnya terdiri dari beberapa cerita pendek, berfokus pada cerita seperti legenda dan mitos, biasa disebut gaya thriller yang menegangkan; berisi suatu misteri tertentu.

14. PETUALANGAN
Di male book tipe ini, si tokoh utama pria melakukan sebuah petualangan yang panjang dan jauh, di mana dia bertemu dan tokoh-tokoh unik dan menghadapi peristiwa-peristiwa menarik. Fokusnya adalah pada bagaimana si tokoh utama pria ini tumbuh seiring waktu berlalu, sampai akhirnya ia menjadi sosok yang sangat kuat dan sangat tangguh, bahkan menjadi legenda di kalangan tertentu. Biasanya ada sesuatu hal istimewa yang ia cari, entah itu benda pusaka, seseorang, atau sebuah peristiwa. Dinamika konflik dan kejutan adahal unsur penting di male book tipe ini.

Contoh male book Petualangan: PENDEKAR SLENGEAN

TAG:
#Petualangan

15. ACTION
Si tokoh utama pria di male book tipe ini digambarkan memiliki keterampilan bela diri atau penguasaan senjata tertentu. Ia akan terlibat dalam sejumlah pertarungan atau peperangan, tetapi fokusnya adalah pada bagaimana ia berkembang secara fisik maupun psikis dari waktu ke waktu, dari titik terendah di dalam hidupnya ke titik puncak di mana ia berjaya dan melegenda. Akan ada bumbu kisah cinta untuk mempermanis cerita, tapi tak akan menjadi inti cerita. Nuansa cerita harus sangat maskulin. Di sejumlah banyak adegan penting adrenalin pembaca dipompa dan dipompa.

TAG:
#Adrenalin
Seperti halnya di film-film laga yang penuh dengan adegan mendebarkan, di male book tipe ini pun pembaca diajak untuk larut dalam sensasi seperti itu. Ada kaitan yang kuat antara sensasi ini dengan perkembangan yang terjadi pada si tokoh utama pria.

16. RELIGI
Di male book tipe ini, ditonjolkan bagaimana perubahan yang dialami si tokoh utama pria yang berkaitan dengan ajaran atau prinsip tertentu, umumnya dalam wujud agama. Perubahannya itu sendiri adalah dari gelap menuju terang, dari negatif menjadi positif. Pergolakan batin akan menjadi sangat intens dan dipengaruhi oleh konflik-konflik yang menjerat si tokoh utama, yang berkaitan dengan ajaran atau prinsip tadi itu. Penting untuk menggambarkan si tokoh utama pria secara manusiawi, di mana ia punya celah dan kelemahan. Ajaran atau prinsip itu sendiri jangan sampai disajikan sebagai petuah yang mendesak dan memaksa, melainkan harus seiring dengan berjalannya cerita, menyatu dengan cerita.

TAG:
#Hikmah
Pada akhirnya, dengan berbekal ajaran atau prinsip itu, si tokoh utama pria akan menjadi dirinya yang jauh lebih baik, dan pembaca diajak untuk memetik hikmah dari perjalanan hidupnya ini. Adapun hikmah ini sendiri cenderung bersifat universal, tidak eksklusif untuk kalangan tertentu saja, dan tidak berpotensi memancing kontroversi yang tidak perlu.

Bagaimana? Seru, kan? Ayo, segera tulis male book kalian dan ikuti kompetisi ini!

 

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...