PANDUAN TERBARU MALE BOOK ARENA DI NEXT TOP WRITER SEASON 11

Seperti diketahui, male book adalah novel digital dengan tokoh utama pria yang ditulis dengan menggunakan sudut pandang si pria ini. Umumnya, yang menjadi fokus di male book adalah perjuangan si tokoh utama dalam memperbaiki hidupnya, atau membantu dan melindungi orang-orang di sekitarnya. Di male book yang lebih ditonjolkan adalah adegan dan aktivitas, sehingga temponya akan terasa cepat. Nuansa yang dihadirkan di dalam sebuah male book cenderung ke maskulin ketimbang feminin, dan si tokoh utama maupun penutur di male book tidak boleh kemayu atau keperempuan-perempuanan.

Adapun terkait plot, diharapkan plot yang ditawarkan sebuah male book di 3-5 bab awalnya adalah plot maju, dan fokus ke si tokoh utama pria. Untuk menghindari missleading, sebaiknya si tokoh utama pria sudah hadir sebagai sesosok pria dewasa di awal cerita, bukan lagi anak-anak atau remaja–kecuali untuk Teen Fiction. Apabila memang latar belakang si tokoh utama pria harus dimunculkan di awal cerita untuk mengatasi plot hole, latar belakang tersebut dimunculkan lewat satu-dua paragraf pendek saja. Upayakan alur utama tetap maju.

Nah, untuk semakin memotivasi kalian menulis male book, sebagai bagian dari Next Top Writer Season 11 (NTW S11), kompetisi Male Book Arena (MBA) yang telah melahirkan bannyak penulis male book top kembali hadir. Total hadiah puluhan juta rupiah menanti para pemenang! Beberapa genre male book, dengan tag-nya masing-masing, bisa dipilih untuk mengikuti kompetisi ini.

PENAMBAHAN GENRE & TAG

Dan ada terobosan baru di MBA kali ini, yakni ditambahkannya dua genre baru yang juga mewakili kebutuhan pembaca pria, khususnya mereka yang ingin tahu lebih jauh tentang kehidupan pria.
Berikut genre yang dimaksud:

1. MALE ADULT
Male book dengan genre ini mengangkat persoalan-persoalan yang dihadapi si tokoh utama pria yang berkaitan dengan hasratnya, obsesinya, gairah terpendamnya, entah itu terhadap istrinya, kekasihnya, atau bahkan wanita yang bukan pasangannya. Ada latar belakang khusus yang membuat obsesi atau hasratnya ini muncul, dan itu dijabarkan dengan baik. Adapun sudut pandang yang dipakai sendiri adalah sudut pandang si tokoh utama pria ini, di mana yang ditonjolkan adalah bagaimana ia menjalani kehidupannya itu sebagai sesosok pria maskulin, jantan, gagah. Pembaca akan mengharapkan perkembangan karakter pada diri si tokoh utama pria seiring bergulirnya cerita.
Contoh: My Beautiful Teacher karya Ostrich San

TAG:
#Hasrat
Bagaimana tokoh utama pria memiliki hasrat kepada wanita, dan selalu berkhayal tentang wanita tersebut.
#Gairah
Tokoh utama pria selalu bergairah setiap kali melihat atau membayangkan tokoh wanita yang begitu memesona dan menarik. Ia merasakan jantungnya berdesir, dan ingin memiliki wanita tersebut.
#Godaan
Godaan yang melanda tokoh utama pria, baik secara fisik maupun psikis, yang membuat tokoh utama pria harus berjuang mengatasi keinginan dan kebutuhannya sebagai laki-laki.
#Obsesi
Tokoh utama pria menemukan tokoh wanita idamannya, sehingga terobsesi untuk mengejar dan menaklukkannya. Liku-liku perjuangannya untuk mendapatkan tokoh wanita yang diinginkannya.
#Flirting
Pergulatan tokoh utama pria yang tidak dapat menolak pesona dan rayuan wanita kepada dirinya. Segala upaya dilakukan oleh si tokoh utama pria untuk menepisnya, tetapi rayuan itu terasa kuat menjeratnya.
#Kehangatan
Tokoh utama pria mengalami sensasi yang memberikan kehangatan bersama tokoh wanita.
#Gagah
Sebagai pria maskulin, tokoh utama digambarkan sebagai sosok yang kuat dan gagah, tetapi seringkali tidak mampu melawan daya tarik wanita.

2. SISTEM CANGGIH
Tokoh utama pria, yang berasal dari kalangan biasa, tiba-tiba diberkahi sebuah sistem. Sistem ini menjelaskan dirinya kepada si tokoh utama, dan si tokoh utama seketika memiliki sebuah fasilitas yang sangat mewah–kekayaan, jabatan, kemampuan istimewa, dll. Lalu sistem tersebut akan memberinya misi demi misi yang harus dituntaskan si tokoh utama. Setelah misi dituntaskan, tokoh utama akan mendapatkan hadiah atau imbalan, dan akan muncul fasilitas-fasilitas baru yang bisa digunakannya. Adapun jika ia gagal, ia akan menerima hukuman. Semakin tinggi tingkat kesulitan sebuah misi semakin tinggi pula hadiahnya, dan semakin berat juga hukumannya. Dalam perkembangannya, si tokoh utama bisa saja berhadapan dengan sebuah komplotan atau kelompok rahasia seiring menjalankan misi-misinya itu.
Genre ini bisa dipadukan dengan genre miliarder atau menantu. Tetapi, yang harus ditekankan adalah keberadaan sistem yang mengubah kehidupan si tokoh utama pria.

TAG:
#Misi
Tokoh utama pria terlibat dalam suatu misi untuk membawa perubahan, dengan imbalan hadiah yang sangat besar, namun jika gagal bisa juga nyawa menjadi taruhannya.
#Teknologi
Menggunakan teknologi yang sangat canggih dan pesat, memiliki instrumen dan metode yang melampaui jamannya, bahkan dapat dibilang belum dikenal di peradaban sekarang.

GENRE-GENRE MALE BOOK LAINNYA DI MALE BOOK ARENA
Untuk semakin memperluas jenis cerita di male book, telah ditambahkan juga tag-tag terbaru pada genre-genre lama, sehingga dapat menjadi panduan sekaligus ide bagi para penulis.

1. MILIARDER
Di awal cerita, digambarkan si tokoh utama sebagai sosok yang miskin dan memiliki status sosial yang rendah. Ia diejek dan dihina-hina oleh orang-orang di sekitarnya. Namun, tak lama terkuak bahwa si tokoh utama ini sebenarnya adalah pewaris harta sebuah keluarga superkaya; ia menjalani hidup miskin karena sesuatu hal. Di satu titik, ia bisa kembali mengakses kekayaan keluarganya dan hidupnya pun berubah. Dengan status barunya sebagai orang yang sangat kaya, ia mulai membalas orang-orang yang sebelumnya memandangnya rendah dan memperlakukannya dengan buruk. Saat menulis male book dengan genre ini, perhatikan formula male book yang dijabarkan tadi.

Fokus dari male book genre ini adalah pada menggambarkan bagaimana perubahan si tokoh utama dari semula sangat miskin menjadi sangat kaya, dari semula status sosialnya begitu rendah jadi begitu tinggi. Tetapi, harus diingat, si tokoh utama tidak boleh sampai tersesat dan menjadi orang jahat. Semua kekayaan dan kekuatannya itu ia gunakan untuk menolong, melindungi, dan membantu sesosok wanita yang ia cintai.
Contoh: Super Rich Man, The Richest Punk, Invisible Rich Man, Richest Man Looking For Love 

TAG:
#Mendadak Kaya
Di satu titik di dalam hidupnya, biasanya di awal-awal cerita, si tokoh utama pria akan menjadi kaya dalam watu singkat. Masa tranisi di mana ia beradaptasi dengan kehidupan barunya sebagai orang superkaya ini penting untuk digambarkan secara masuk akal dan meyakinan.

2. MENANTU
Di awal cerita si tokoh utama pria digambarkan begitu miskin dan hidup menumpang di rumah mertua. Padahal, sebenarnya, ia adalah orang yang kaya-raya; ia menjalani hidup miskin karena sesuatu hal. Di satu titik identitasnya terungkap, dan perlahan ia pun berkembang menjadi seseorang yang sangat dihormati dan disegani. Saat menulis male book dengan genre ini, perhatikan formula male book yang dijabarkan tadi.

Dan satu hal lainnya yang juga perlu diperhatikan, yang menjadi fokus dari male book genre ini adalah bagaimana si tokoh utama yang telah berubah dari miskin menjadi kaya itu, dari lemah menjadi kuat itu, diam-diam membantu istrinya dan mertuanya dalam mengatasi masalah-masalah mereka  dan meningkatkan value mereka di mata anggota keluarga yang lainnya.
Contoh: Hello, Mr. Presdir!, Menantu Impian

TAG:
#Membalas Balik
Pengaturan cerita dengan ending “memuaskan”. Ketika sebagian besar tokoh pendukung menggertak, menghina, atau meremehkan identitas, kemampuan, dan penampilan tokoh utama pria dan wanita, tokoh utama kemudian melakukan pembalasan. Semakin banyak tokoh pendukung, semakin baik efeknya.

3. KESATRIA
Di awal cerita, si tokoh utama pria umumnya berada di dalam sebuah kekacauan yang besar di mana orang-orang terdekatnya, orang-orang tersayangnya, menjadi korban. Dia sendiri pun teraniaya, tetapi dia berhasil selamat atau diselamatkan. Dia lalu berlatih, meningkatkan kemampuannya sehingga dia menjadi seseorang yang sangat kuat dan melegenda. Dia bertualang dari satu tempat ke tempat lain, bertemu dan bertarung dengan tokoh-tokoh lain. Di sepanjang cerita, sisi kepahlawanan si tokoh utama pria ini ditonjolkan.

Satu hal yang harus digarisbawahi di male book genre ini, di awal cerita si tokoh utama harus digambarkan lemah atau biasa-biasa saja. Ini supaya dia mudah dibuat menderita dan kelak memancing pembaca untuk bersimpati kepadanya. Di akhir bab pertama, sebisa mungkin, munculkan kejutan yang menunjukkan bahwa si tokoh utama ini sebenarnya adalah orang hebat atau akan menjadi orang hebat. Dan tetapkan satu tujuan yang ambisius yang akan menggerakkan cerita, yang akan mendorong cerita untuk terus bergulir hingga beratus-ratus bab. Contohnya: menghancurkan kerajaan musuh.

Sejauh ini, male book Kesatria yang sukses hampir selalu mengambil latar di zaman dulu, di era kerajaan. Tetapi ada juga yang
Contoh: Saka Sang Pembantai, LEGENDA PEDANG API, Yoga Kelana, PENDEKAR SLENGEAN, Sang Pemburu Iblis, SANG KUSIR, Bayu Dewandaru (Utusan Dewata).

TAG:
#Special Power 
Tokoh utama memiliki kemampuan khusus, seperti skill pengobatan misterius, penglihatan menembus ruang dan waktu, bakat kultivasi, dll.

4. DEWA PERANG
Di awal cerita, digambarkan bahwa si tokoh utama pria adalah sosok yang sangat disegani dan ditakuti karena ia sangat kaya dan sangat kuat. Ia adalah seorang dewa perang yang tak tertandingi. Karena satu dan lain hal, dia memutuskan untuk kembali ke kota asalnya. Dia senantiasa menyembunyikan identitasnya, sambil membalas dendam kepada orang-orang di kota itu yang dulu memperlakukannya dengan begitu buruk.

Faktor yang perlu diperhatikan dari male book genre ini adalah adanya tujuan kuat yang mendorong si tokoh utama pria untuk kembali ke kota asalnya itu. Tujuan ini sendiri bisa sesuatu yang sifatnya profesional seperti menjalankan misi yang sangat penting, atau sesuatu yang sifatnya personal seperti menggagalkan pernikahan wanita yang dicintainya. Faktor lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah keahliannya yang berkaitan dengan kemiliteran, yang terhubung erat dengan julukannya sebagai sang Dewa Perang.
Contoh: Dewa Perang Terbaik, Menantu Penguasa

TAG:
#Dewa Perang
Status si tokoh utama pria sebagai Sang Dewa Perang adalah hal penting yang harus ditonjolkan sejak awal cerita. Sebagai Sang Dewa Perang, ia sudah sangat kuat di awal, tetapi karena satu dan lain hal ia tidak bisa menunjukkan seluruh kekuatannya.

5. TENTARA
Di male book tipe ini, si tokoh utama pria adalah sesosok tentara atau mantan tentara yang tengah mengalami pergulatan hidup. Ia mungkin menderita trauma pasca-perang, atau membelot ke pihak lawan, atau menjadi desersi. Fokus cerita adalah pada bagaimana si tokoh utama pria ini mengalami perubahan dalam upaya membuat kehidupan yang dijalaninya menjadi lebih baik. Tentu, akan ada banyak halangan dan hambatan, termasuk dari instansi kemiliteran tempat ia dulunya tumbuh. Akan ada tokoh-tokoh istimewa dalam perubahan-perubahan yang dialami si tokoh utama pria ini.
Contoh: The Strongest Soldier, HIDDEN SOLDIER

TAG BARU:
#Pasukan
Tokoh utama memiliki latar belakang sebagai anggota atau pemimpin pasukan, yang memiliki keahlian dan keterampilan khusus dalam melawan, menyerang, dan berperang.

TAG LAMA:
#Tentara
Identitas si tokoh utama sebagai tentara atau mantan tentara penting untuk ditonjolkan. Unsur-unsur militer pun bisa dimunculkan untuk menguatkan identitas tersebut, tetapi porsinya harus diatur. Fokus cerita tetap pada diri si tokoh utama dan perubahan-perubahan yang dialaminya.

6. MAFIA
Si tokoh utama adalah seseorang yang pernah menempati posisi penting di sebuah organisasi mafia tetapi karena satu dan lain hal dia menjalani hidup sebagai orang biasa, menyembunyikan identitasnya dari orang-orang di sekitarnya. Di awal cerita dia berada dalam kondisi kritis lalu seseorang dari keluarganya atau dari organisasi yang pernah dipimpinnya itu muncul memintanya untuk kembali, sambil menawarinya kekayaan atau kekuasaan. Dia menggunakannya untuk membalas perlakuan buruk tokoh-tokoh antagonis, juga untuk melindungi dan membantu sesosok wanita yang dicintainya.

Satu hal yang harus digarisbawahi di sini, si tokoh utama harus digambarkan tampan, kuat, dan kharismatik. Hal-hal ini membuat tokoh-tokoh antagonis begitu cemburu padanya dan berusaha menyakitinya. Di sepanjang cerita, ditunjukkan bahwa dia adalah sang mafia terhebat yang pernah ada.

TAG BARU:
#Komplotan
Biasanya bisnis mafia dijalankan oleh komplotan tertentu yang memiliki kekuasaan bawah tanah/terselubung, dan ditakuti oleh masyarakat.

TAG LAMA:
#Balas Dendam
Tema khusus.  Karena sebuah kebencian yang mendalam, tokoh utama punya tujuan balas dendam. Kuasai lebih banyak cheat–tokoh utama punya banyak trik untuk mencapai tujuannya. Plot perlu diatur dengan poin yang lebih menyegarkan, “memuaskan”, dan ritme harus cepat.

7. DAILY LIFE
Si tokoh utama adalah sesosok pria dengan profesi tertentu, di mana di awal cerita ia digambarkan berada di dalam situasi yang sangat buruk dan membuatnya menderita, seperti perceraian, kebangkrutan, pemecatan, kekalahan, atau yang lainnya. Cerita kemudian berkisar soal bagaimana si pria ini bangkit dan memperoleh kembali hal-hal penting yang telah terenggut atau direnggut darinya. Biasanya, ada juga konflik keluarga dan hubungan personal yang dimunculkan di male book genre ini. Tapi hati-hati, jangan sampai fokusnya malah beralih ke kisah cinta. Di male book genre ini, fokusnya adalah perjuangan si tokoh utama dan proses kebangkitannya.
Contoh: SINGLE DADDY karya ALLINA.

TAG BARU:
#Profesi
Dengan menggunakan tag ini, kamu dapat menuliskan tokoh utama pria dari berbagai profesi yang digelutinya dengan segala tantangan dan problematikanya, seperti pilot, pengacara, dokter, dan lain-lain.

TAG LAMA:
#Daily Life
Kehidupan sehari-hari si tokoh utama ditonjolkan secara wajar, seperti bagaimana ia berinteraksi dengan anggota keluarganya di rumah, tenu saja dengan nuansa yang maskulin.

Secara lengkap, berikut genre-genre male book di Male Book Arena di NTW Season 11 beserta tagnya:

GENRE BARU:

  1. Male Adult, dengan tag: Hasrat, Gairah, Godaan, Obsesi, Flirting, Kehangatan, Gagah.
  2. Sistem Canggih, dengan tag: Misi, Teknologi

GENRE LAMA:

  1. Tentara, dengan tag: Pasukan, Tentara
  2. Dewa Perang, dengan tag: Dewa Perang
  3. Kesatria, dengan tag: Special Power
  4. Mafia, dengan tag: Komplotan, Balas Dendam
  5. Miliarder, dengan tag: Mendadak Kaya
  6. Menantu, dengan tag: Membalas Balik
  7. Daily Life, dengan tag: Profesi, Daily Life

Ayo tulis male book kalian dan menangkan kompetisi ini!

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...