Panduan Kompetisi Kategori Inovatif
Pada kompetisi kategori inovatif ini, penulis diharapkan bisa menghasilkan sebuah karya yang kreatif dan inovatif guna menyuguhkan karya-karya baru yang fresh dengan memaksimalkan kreativitas dan imajinasi diri.

Berikut genre dari kategori Inovatif:
1. Terlahir Kembali (Reinkarnasi)
Poin inti dalam cerita ini adalah perubahan eksistensi (hidup) pemeran utama wanita. Pemeran utama wanita memiliki hidup yang buruk sebelumnya, bisa karena sebuah kecelakaan atau petualangan, lalu si karakter kembali ke kejadian beberapa tahun lalu dan memutuskan untuk memperbaiki kehidupannya di masa mendatang, termasuk ke kehidupan percintaannya bersama karakter pria.
Catatan: Cerita ini berporos hanya pada sudut pandang si tokoh perempuan. Penulis bisa lebih memperhatikan alur percintaan tokoh.
Contoh: Bittersweet Revenge

2. Time Travel (Novel Penjelajah Waktu)
Jenis novel ini memiliki ciri yang jelas, di mana tokoh utama wanita hidup di zaman modern dan berpindah ke zaman kuno karena suatu hal (misal karena kecelakaan, petualangan, dan sebagainya). Secara garis besar, genre ini berkisah mengenai perjalanan cinta antara tokoh utama pria yang merupakan seorang Pangeran atau Raja dengan tokoh utama wanita yang memiliki jiwa modern di dalam dirinya.
Contoh: Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, About Time (Drama Korea)

3. Horor
Genre Horor yang dimaksud di sini bukan sekadar plot yang mengacu pada cerita mengerikan, berdarah, hantu, dan hal yang menakutkan lainnya. Inti cerita tetap pada kisah cinta tokoh utama pria dan wanita yang diberi bumbu horor.
Misalnya, tokoh utama wanita memiliki kemampuan melihat hantu dan sebenarnya ia membenci kemampuannya itu. Suatu hari, dia melakukan wawancara kerja di sebuah kantor. Di sana, dia bertemu tokoh utama pria yang merupakan CEO. Dia menemukan fakta bahwa jika dia berdekatan dengan tokoh utama pria, dia tidak bisa melihat hantu lagi. Oleh karena itu, tokoh utama wanita mencoba segala cara agar tetap berada di samping tokoh utama pria. Perlahan, mereka saling jatuh cinta.
Contoh: Oh My Ghost, The Master’s Sun (Drama Korea)

4. Virtual Games (Inovatif untuk male book)
Cerita ini biasanya di awali saat tokoh utama (pria) memainkan game elektronik tertentu–bisa tentang olah raga, petualangan, pertarungan, atau yang lainnya–dan menghubungkan aktivitasnya di dunia game ini dengan kehidupan nyata yang dia alami. Adegan-adegan di dalam game dimunculkan untuk menunjukkan perkembangan si tokoh utama, dari semula lemah menjadi kuat, dari semula payah menjadi hebat. Namun, harus diingat, hal-hal terkait dunia game yang dimunculkan di cerita hanyalah sebagai latar bagi berjalannya cerita.
Contoh: Sword Art Online, Summer Wars (Anime)

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Kami rekomendasikan menggunakan PC / Laptop untuk website penulis.

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...