Panduan Innovation
Panduan Kompetisi Kategori Inovatif
Sebentar lagi Next Top Writer Season akan segera dimulai! Salah satu sub-kompetisi yang paling banyak diminati adalah Kompetisi Kategori Inovatif.
Pada kompetisi kategori inovatif ini, penulis diharapkan bisa menghasilkan sebuah karya yang kreatif dan inovatif guna menyuguhkan karya-karya baru yang fresh dengan memaksimalkan kreativitas dan imajinasi diri.
Sama seperti season sebelumnya, pada Next Top Writer Season 8 kali ini ada lima genre cerita yang masuk ke dalam kategori inovatif, genre tersebut yaitu: 
1. Horror
Memiliki cerita yang menyeramkan dan menegangkan. Bercerita tentang dunia mistis atau gaib.
2. Petualangan
Genre ini menceritakan sebuah perjuangan yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang.
3. Fantasi
Genre yang bercerita mengenai unsur-unsur magis atau supranatural. Buku yang memiliki genre fantasi biasanya menceritakan mengenai hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata.
4. Fiksi Ilmiah
Cerita yang latar belakangnya adalah fiksi ilmiah yang bercerita tentang kisah cinta.
5. Action
Sebagian besar mengisahkan adegan-adegan perkelahian dan pertempuran.

Demi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang genre yang masuk ke dalam kategori ini, berikut akan dijelaskan secara spesifik apa saja jenis cerita yang diharapkan bisa dikembangkan ke dalam ke-5 genre tersebut.

Kategori Innovatif untuk Female Book
Kategori Inovatif untuk female book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh wanita.
2. Cerita berpusat pada si tokoh wanita.
3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran tokoh wanita.
Kategori inovatif untuk female book harus berpusat pada si tokoh wanita. Perkembangan cerita perlu disesuaikan dengan main line cerita yang dikembangkan.

Contoh: Jika main line cerita mengambil tema percintaan, seri proses di dalam cerita utamanya perlu menojolkan love line-nya.

Berikut ini, akan dijelaskan secara lebih detail bagaimana mengembangkan main line cerita sesuai dengan genre atau latar belakang cerita. Pembahasan di bawah ini akan mengambil tema percintaan sebagai garis utama cerita. 
1. Petualangan
Genre petualangan menekankan kisah perjalanan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam kategori inovatif ini, penulis bisa mengembangkan genre petualangan dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita.
Contoh: Kisah cinta bisa terjadi setelah tokoh utama wanita diselamatkan oleh tokoh utama pria saat tokoh utama wanita berada di situasi berbahaya, atau bisa juga ketika mereka di tengah perjalanan dalam mengemban misi tertentu. 
Film dan serial TV yang bisa menjadi acuan yaitu: Crash Landing on You dan The Divergent Series.
2. Fantasi
Genre ini menekankan kisah cerita yang mustahil terjadi di dunia nyata. Dalam kategori inovatif, penulis bisa mengembangkan garis utama cerita seperti berikut:
• Pemeran utama wanita memintas waktu dan kembali ke masa lalu untuk meyelamatkan pernikahannya, contoh: About Time.
• Pemeran utama wanita memintas waktu ke zaman dahulu dan bertemu dengan pangeran tampan. Contoh kisah dari serial TV: The Great Jang-Geum dan Splash Splash Love.
3. Fiksi Ilmiah
Dalam kategori inovatif, pengetahuan sains bisa dikombinasikan dengan tema cerita lain; dalam hal ini kisah romansa. Pengetahuan sains tidak hanya digunakan sebagai bentuk pengetahuan, namun juga bisa digunakan untuk memperkuat tema cerita. 
Misalnya, tokoh utama pria adalah alien dan tokoh utama wanita adalah manusia, mereka saling mencintai namun terhalang akan perbedaan ini. 
Contoh dalam serial TV: My Love from the Star dan My Girlfriend is an Alien.
4. Horor 
Horor dalam kategori inovatif bisa dikombinasikan antara thriler dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita. Misalnya, menceritakan seorang pria yang mencintai seorang wanita yang bisa melihat hantu. Selain ada ketegangannya, cerita juga memiliki sisi manis dari kisah cinta kedua tokoh.
Contoh kisah dari serial TV yang bisa menjadi acuan: Goblin: The Lonely and Great God dan Hotel Del Luna.
5. Action
Genre action memiliki adegan-adegan aksi di dalamnya. Dalam kategori inovatif, action bisa digunakan sebagai elemen yang mendukung karakter di dalam cerita. 
Misalnya dalam serial TV Korea Weightlifting Fairy, Kim Bok-joo. Tokoh wanita berperan sebagai atlet angkat besi yang memiliki kekuatan fisik yang jarang dimiliki oleh perempuan pada umumnya.

Kategori Inovatif untuk Male Book
Kategori Inovatif untuk male book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh pria.
2. Cerita berpusat pada si tokoh pria.
3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran si tokoh pria.
Oleh karena perkembangan utama cerita berpusat pada perkembangan karakter tokoh utama pria, maka yang menjadi highlight cerita adalah si tokoh utama yang bertransformasi dari orang yang lemah menjadi kuat dan orang yang direndahkan menjadi orang yang dihormati.

Dalam penjelasan selanjutnya, akan dijelaskan secara lebih detil bagaimana mengembangkan main line cerita tersebut dengan genre-genre berikut. Pembahasan di bawah ini mengambil center dari tokoh utama pria sebagai garis utama cerita pada genre-genre inovatif.
1. Petualangan
Pada kategori inovatif untuk male book, tokoh utama pria bisa dikisahkan tengah melakukan perjalanan atau sedang dalam menjalankan sebuah misi. 
Cerita dapat dikisahkan dari sisi bagaimana lika-liku yang dialami tokoh utama dalam perjalanan tersebut, misalnya di tengah perjalanan tokoh utama pria menemukan harta karun atau bertemu dengan seseorang yang powerful hingga membuatnya menjadi pria yang kuat dan disegani, atau tokoh utama berhasil melewati pertarungan sengit dan membuatnya menjadi pahlawan yang dihormati.
Contoh kisah yang bisa dijadikan acuan: The Hobbit dan The Pirates of the Caribbean.
2. Fantasi
Latar cerita bukan lah di dunia nyata, melainkan di dunia fiksi atau imajinasi. Garis utama cerita menyoroti tokoh utama pria yang memiliki kekuatan tak biasa. Kekuatan yang dimilikinya digunakan untuk menyelamatkan orang-orang yang lemah, memberantas kejahatan, serta melindungi orang-orang terkasih. Dengan upayanya ini, tokoh utama pria menjadi pahlawan untuk banyak orang.
Bumbu fantasi bisa diterapkan pada identitas tokoh utama pria, yaitu tokoh utama pria memiliki identitas sebagai seorang vampire, werewolf, mahluk dari luar angkasa, dan lain-lain.
Referensi cerita yang bisa menjadi acuan: Final Fantasy dan Attack on Titan.
3. Fiksi Ilmiah
Latar cerita memiliki unsur ilmu pengetahuan, namun bukan mendeskripsikan ilmu pengetahuan tersebut. Cerita berfokus pada tokoh utama pria yang memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya.
Referensi cerita yang bisa menjadi acuan: Star Wars dan Superman.
4. Horor
Cerita menonjolkan sesuatu yang mampu membuat ‘tegang’, dengan menampilkan unsur horor, misteri, dan kegelapan. Garis utama cerita menunjukan kepiawaian tokoh utama pria di tengah situasi tersebut. Tokoh utama pria memiliki tekad untuk menyelamatkan keluarga, teman dan orang terkasih. Cerita melibatkan unsur gaib seperti: pemujaan setan, hantu, dan unsur mistis lainnya.
Referensi cerita yang bisa menjadi acuan: The Conjuring dan Final Destination.
5. Action
Latar waktu pada cerita tidak terbatas pada zaman. Cerita bisa menyoroti keterampilan tokoh utama pria dalam bela diri; tokoh utama pria memiliki keahlian seperti kungfu, silat, tembak-menembak dan lain-lain, yang membuat dirinya mampu membela orang yang lemah dan memberantas kejahatan, hingga kemudian dirinya dipuja dan dihormati. 
Kisah yang bisa dijadikan acuan: Baby Driver dan Mission Impossible.

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Kami rekomendasikan menggunakan PC / Laptop untuk website penulis.

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...