Panduan Female Novel (NTW General)
Selalu ada yang baru di setiap season. Perkembangan jenis cerita yang mengikuti kompetisi ini semakin menggembirakan. Terlihat dari novel-novel yang menggunakan sudut pandang Female Lead dengan tema cerita yang lebih beragam, kaya, kreatif, dengan pengembangan plot cerita yang lebih luas, yang berhasil menduduki peringkat teratas.
Dengan menyuguhkan berbagai jenis cerita berbeda, pembaca akan semakin banyak mendapatkan pilihan, dan menentukan cerita yang paling menarik bagi mereka. Untuk memberikan inspirasi dalam menulis cerita yang berbeda, unik dan inovatif, melengkapi panduan terdahulu berikut penambahan tag dan genre terbaru yang kita harapkan dapat memperkaya jenis novel di season ini:

Kategori NTW Umum
1. Romance

Alur cerita utama bertumpu pada hubungan cinta Female Lead dan Male Lead, sejak pertama kali bertemu hingga perkembangan hubungan mereka dalam pahit manis, suka duka. Kisah cinta ini lebih banyak melibatkan perasaan, menonjolkan semua konflik yang merintangi hubungan mereka, dengan berbagai latar belakang keluarga, profesi, usia.
Contoh : Jangan Membenci Cinta

2. Adult Romance
Perjalanan cinta yang lebih mendalam dan intim antara Female Lead dan Male Lead, konflik bergulir dengan permasalahan seputar orang dewasa, kisaran usia di atas 25 tahun, dengan segala macam intrik dan konflik pasangan yang dituangkan ke dalam adegan yang lebih menantang, melibatkan pembangunan emosi yang membara.
Contoh : My Introvert Presdir

3. Teen Fiction
Cerita bergulir sesama pelajar dan terjadi di seputar sekolah, yang dialami oleh kalangan remaja, kisaran usia di bawah 17 tahun. Indahnya masa sekolah dengan cinta monyet, pergaulan, persahabatan, juga hubungan antara orang tua dan anak remaja.
Contoh : Dilan 1990

4. Fanfiction
Kisah fiksi yang ditulis oleh seorang penggemar terhadap tokoh terkenal yang dikaguminya, seperti penyanyi, bintang film, selebritis, dan menggunakannya sebagai karakter dalam cerita tersebut.Pengembangan cerita berdasarkan khayalan penulis.
Contoh : Brittle

5. Kawin Kontrak
Persoalan yang dimulai dengan perkawinan tanpa cinta, tetapi hanya untuk suatu tujuan atau kepentingan. Dapat diawali dengan Female Lead dan Male Lead yang pada awalnya tidak saling menyukai. Kedua tokoh utama melakukan negosiasi dan menyepakati kontrak pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak hal-hal yang secara perlahan menumbuhkan perasaan keduanya dan membangun ikatan hubungan cinta.
Contoh : Istri Jaminan

6. Perawat
Demi menciptakan karya yang fresh, penulis perlu melakukan inovasi pada karyanya. Inovasi dapat dikembangkan dengan meluaskan imajinasi penulis untuk melahirkan sebuah terobosan baru yang membuat karyanya berbeda dari pada karya lain.
Novel bergenre roman masih menduduki genre terfavorit di NovelMe. Penulis dapat menggunakan kesempatan ini untuk melakukan inovasi dalam genre roman. Salah satunya adalah dengan meluaskan genre roman tidak hanya dengan highlight percintaan, namun bisa juga memberikan highlight pada tokoh utama yang memiliki karir yang spesifik.
Cerita dapat menunjukkan bawa tokoh utama wanita dan pria memiliki profesi tertentu. Contoh, tokoh utama wanita adalah seorang perawat atau profesi profesional lainnya, sementara itu tokoh utama pria memiliki profesi sebagai CEO, pengacara, pilot dan sebagainya. Karena suatu kejadian (seperti kecelakaan mobil, kecelakaan pesawat atau lain-lain) tokoh utama pria bertemu dengan tokoh utama wanita yang merupakan seorang perawat. Karena tokoh utama wanita juga membutuhkan uang dan karena tuntutan pekerjaan, dia lalu merawat tokoh utama pria. Dari sinilah konflik berawal.
Contoh: Pengasuh Tuan Muda

7. Baby Novel
Cerita ini memiliki plot yang cukup ringan, biasanya diawali dengan kedua tokoh utama yang melakukan one night stand karena suatu insiden, kemudian tokoh utama wanita mengandung bayi kembar (tiga, empat, atau lebih). Kebanyakan cerita berjenis ‘Baby Novel’ menggunakan perpindahan waktu yang cukup cepat. Kedua tokoh utama bertemu lagi beberapa tahun kemudian, alur pun memasuki cerita utama, membuat hubungan antara tokoh utama pria dan wanita mengalami beberapa insiden yang mendekatkan keduanya.
Catatan: Biasanya, bayi/anak dalam jenis buku ini sangat unik. Mereka memiliki peran penting dalam perkembangan karakter dan perasaan antara tokoh utama pria dan wanita (kedua orangtua mereka). Namun, poin utama tetap kisah cinta dari kedua tokoh utama. Anak-anak hanya menjadi katalis.
Contoh: One Night Surprise

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Kami rekomendasikan menggunakan PC / Laptop untuk website penulis.

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...