Tanggal Penting & Panduan Penulisan Novel

Tanggal Penting
1 Januari – 31 Maret 2021: Pendaftaran dan unggah karya
31 Januari 2021: Penutupan penilaian bulan Januari
15 Februari 2021: Pengumuman pemenang bulan Januari
28 Februari 2021: Penutupan penilaian bulan Februari
15 Maret 2021: Pengumuman pemenang bulan Maret
31 Maret 2021: Penutupan penilaian bulan Maret & Season 8
15 April 2021: Pengumuman pemenang bulan Maret dan pemenang Next Top Writer Season 8

Panduan Male Book Arena
Akhirnya, kita memasuki Male Book Arena di season 8. Setelah melalui perkembangan selama dua season, banyak muncul male book yang kami nilai bagus. Dan kami berharap, di season ketiganya kali ini, male book atau novel dengan target pembaca pria bisa semakin berkembang, populer, dan berjaya.

Sebelumnya, sebagaimana kita ketahui, male book di NovelMe, yang diikutsertakan di NTW, lebih berfokus pada kisah cinta si tokoh utama pria. Ini bukan masalah, sebenarnya, hanya saja tentu tidak melulu sebuah male book menawarkan kisah cinta apalagi yang itu-itu saja. Sebuah male book bisa juga menawarkan kisah petualangan seorang pendekar, atau perjuangan seorang pria dalam mengubah nasib, atau pergulatan hidup seorang mantan penjahat yang mencoba menjadi orang baik. Intinya, ada banyak hal yang bisa ditawarkan oleh sebuah male book. Dan Male Book Arena, sebagai kompetisi khusus untuk male book, berusaha untuk membuat hal itu lebih terlihat.

Dengan kata lain: variasi. Di Male Book Arena di season 8 ini kami mencoba mendorong para penulis untuk menawarkan cerita-cerita yang lebih variatif, yang lebih beragam, sehingga pembaca jadi memiliki lebih banyak pilihan. Di season sebelumnya, secara cukup mengejutkan, cerita-cerita silat bermunculan dan bertengger di top rank. Ini menambah variasi male book kami dan kami berharap di season 8 ini akan ada tipe-tipe cerita lain yang juga muncul dan bertengger di top rank.

Adapun contoh-contoh male book di NovelMe yang telah berhasil merebut perhatian pembaca, termasuk yang baru muncul di dua season terakhir, di antaranya adalah berikut ini:
1. Super Rich Man
2. Hidden Rich Man
3. Hello, Mr. Presdir!
4. Menantu Palsu
5. Menantu Impian
6. Menantu Terkuat Sejagat
7. Pendekar Naga Iblis
8. Saka Sang Pembantai
9. Yoga Kelana
10. Richest Man Looking for Love
11. The Billionaire
12. Dewa Perang Terbaik
13. Rembulan di Pelukan
14. The Richest Heir
15. I Am Your Man

Bisa dilihat bahwa, sejauh ini, tipe-tipe male book yang digandrungi oleh para pembaca NovelMe sudah cukup variatif. Dan dengan adanya genre baru di Male Book Arena di season 8 ini, kami harap, variasi itu semakin kentara.

Penjelasan Rinci Genre-genre Male Book di Male Book Arena
Dan berikut ini penjelasan mengenai genre-genre male book yang tersedia di subkompetisi Male Book Arena di season 8 ini:

1. Kesatria
Genre ini menampung buku-buku yang bercerita tentang tokoh utama pria yang ahli dalam banyak hal dan siap siaga melindungi orang-orang yang dia sayangi. Contoh: Pendekar Naga Iblis, Saka Sang Pembantai, Yoga Kelana.
2. Miliarder
Genre ini menampung buku-buku yang bercerita tentang tokoh utama pria kaya-raya yang karena satu dan lain hal harus menjalani hidup sebagai “orang biasa” tetapi pada akhirnya dia kembali menjadi dirinya yang kaya-raya. Contoh: Super Rich Man, Richest Man Looking for Love.
3. Mengubah Nasib
Genre ini menampung buku-buku yang bercerita tentang tokoh utama pria yang berjuang untuk mengubah nasibnya, meningkatkan status ekonomi dan status sosialnya. Contoh: I Am Your Man, Dewa Perang Terbaik.
4. Menantu
Genre ini menampung buku-buku yang bercerita tentang tokoh utama pria yang hidup menumpang di keluarga istrinya dan diperlakukan dengan buruk oleh mertuanya, dan dia berusaha memperbaiki keadaannya ini. Contoh: Menantu Palsu, Menantu Impian, Menantu Terkuat Sejagat.
5. Mafia
Genre ini menampung buku-buku yang bercerita tentang tokoh utama pria yang menjalani hidup sebagai seorang mafia tetapi pada satu titik dia akhirnya memutuskan untuk menjadi “orang baik”, penuh dengan adegan aksi yang menegangkan.
6. Daily Life
Genre ini menampung buku-buku yang bercerita tentang tokoh utama pria yang menjalani kehidupan pada umumnya, bisa dibumbui dengan kisah cinta, konflik keluarga, atau konflik-konflik lainnya yang kita temukan di kehidupan sehari-hari. Contoh: The Richest Heir, Under Your Knees.

Panduan Innovation
Panduan Kompetisi Kategori Inovatif NTW Season 8
Sebentar lagi Next Top Writer Season akan segera dimulai! Salah satu sub-kompetisi yang paling banyak diminati adalah Kompetisi Kategori Inovatif.
Pada kompetisi kategori inovatif ini, penulis diharapkan bisa menghasilkan sebuah karya yang kreatif dan inovatif guna menyuguhkan karya-karya baru yang fresh dengan memaksimalkan kreativitas dan imajinasi diri.
Sama seperti season sebelumnya, pada Next Top Writer Season 8 kali ini ada lima genre cerita yang masuk ke dalam kategori inovatif, genre tersebut yaitu:
1. Horror
Memiliki cerita yang menyeramkan dan menegangkan. Bercerita tentang dunia mistis atau gaib.
2. Petualangan
Genre ini menceritakan sebuah perjuangan yang dilakukan seseorang ataupun sekelompok orang.
3. Fantasi
Genre yang bercerita mengenai unsur-unsur magis atau supranatural. Buku yang memiliki genre fantasi biasanya menceritakan mengenai hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata.
4. Fiksi Ilmiah
Cerita yang latar belakangnya adalah fiksi ilmiah yang bercerita tentang kisah cinta.
5. Action
Sebagian besar mengisahkan adegan-adegan perkelahian dan pertempuran.

Demi memiliki pemahaman yang lebih baik tentang genre yang masuk ke dalam kategori ini, berikut akan dijelaskan secara spesifik apa saja jenis cerita yang diharapkan bisa dikembangkan ke dalam ke-5 genre tersebut.

Kategori Innovatif untuk Female Book
Kategori Inovatif untuk female book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh wanita.
2. Cerita berpusat pada si tokoh wanita.
3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran tokoh wanita.
Kategori inovatif untuk female book harus berpusat pada si tokoh wanita. Perkembangan cerita perlu disesuaikan dengan main line cerita yang dikembangkan.

Contoh: Jika main line cerita mengambil tema percintaan, seri proses di dalam cerita utamanya perlu menojolkan love line-nya.

Berikut ini, akan dijelaskan secara lebih detail bagaimana mengembangkan main line cerita sesuai dengan genre atau latar belakang cerita. Pembahasan di bawah ini akan mengambil tema percintaan sebagai garis utama cerita.
1. Petualangan
Genre petualangan menekankan kisah perjalanan seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam kategori inovatif ini, penulis bisa mengembangkan genre petualangan dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita.
Contoh: Kisah cinta bisa terjadi setelah tokoh utama wanita diselamatkan oleh tokoh utama pria saat tokoh utama wanita berada di situasi berbahaya, atau bisa juga ketika mereka di tengah perjalanan dalam mengemban misi tertentu.
Film dan serial TV yang bisa menjadi acuan yaitu: Crash Landing on You dan The Divergent Series.
2. Fantasi
Genre ini menekankan kisah cerita yang mustahil terjadi di dunia nyata. Dalam kategori inovatif, penulis bisa mengembangkan garis utama cerita seperti berikut:
• Pemeran utama wanita memintas waktu dan kembali ke masa lalu untuk meyelamatkan pernikahannya, contoh: About Time.
• Pemeran utama wanita memintas waktu ke zaman dahulu dan bertemu dengan pangeran tampan. Contoh kisah dari serial TV: The Great Jang-Geum dan Splash Splash Love.
3. Fiksi Ilmiah
Dalam kategori inovatif, pengetahuan sains bisa dikombinasikan dengan tema cerita lain; dalam hal ini kisah romansa. Pengetahuan sains tidak hanya digunakan sebagai bentuk pengetahuan, namun juga bisa digunakan untuk memperkuat tema cerita.
Misalnya, tokoh utama pria adalah alien dan tokoh utama wanita adalah manusia, mereka saling mencintai namun terhalang akan perbedaan ini.
Contoh dalam serial TV: My Love from the Star dan My Girlfriend is an Alien.
4. Horor
Horor dalam kategori inovatif bisa dikombinasikan antara thriler dengan bumbu romansa sebagai garis utama cerita. Misalnya, menceritakan seorang pria yang mencintai seorang wanita yang bisa melihat hantu. Selain ada ketegangannya, cerita juga memiliki sisi manis dari kisah cinta kedua tokoh.
Contoh kisah dari serial TV yang bisa menjadi acuan: Goblin: The Lonely and Great God dan Hotel Del Luna.
5. Action
Genre action memiliki adegan-adegan aksi di dalamnya. Dalam kategori inovatif, action bisa digunakan sebagai elemen yang mendukung karakter di dalam cerita.
Misalnya dalam serial TV Korea Weightlifting Fairy, Kim Bok-joo. Tokoh wanita berperan sebagai atlet angkat besi yang memiliki kekuatan fisik yang jarang dimiliki oleh perempuan pada umumnya.

Kategori Inovatif untuk Male Book
Kategori Inovatif untuk male book secara garis besar memiliki kriteria sebagai berikut:
1. Sudut pandang utama di dalam cerita adalah tokoh pria.
2. Cerita berpusat pada si tokoh pria.
3. Perkembangan alur cerita berpusat pada cara pandang dan pemikiran si tokoh pria.
Oleh karena perkembangan utama cerita berpusat pada perkembangan karakter tokoh utama pria, maka yang menjadi highlight cerita adalah si tokoh utama yang bertransformasi dari orang yang lemah menjadi kuat dan orang yang direndahkan menjadi orang yang dihormati.

Dalam penjelasan selanjutnya, akan dijelaskan secara lebih detil bagaimana mengembangkan main line cerita tersebut dengan genre-genre berikut. Pembahasan di bawah ini mengambil center dari tokoh utama pria sebagai garis utama cerita pada genre-genre inovatif.
1. Petualangan
Pada kategori inovatif untuk male book, tokoh utama pria bisa dikisahkan tengah melakukan perjalanan atau sedang dalam menjalankan sebuah misi.
Cerita dapat dikisahkan dari sisi bagaimana lika-liku yang dialami tokoh utama dalam perjalanan tersebut, misalnya di tengah perjalanan tokoh utama pria menemukan harta karun atau bertemu dengan seseorang yang powerful hingga membuatnya menjadi pria yang kuat dan disegani, atau tokoh utama berhasil melewati pertarungan sengit dan membuatnya menjadi pahlawan yang dihormati.
Contoh kisah yang bisa dijadikan acuan: The Hobbit dan The Pirates of the Caribbean.
2. Fantasi
Latar cerita bukan lah di dunia nyata, melainkan di dunia fiksi atau imajinasi. Garis utama cerita menyoroti tokoh utama pria yang memiliki kekuatan tak biasa. Kekuatan yang dimilikinya digunakan untuk menyelamatkan orang-orang yang lemah, memberantas kejahatan, serta melindungi orang-orang terkasih. Dengan upayanya ini, tokoh utama pria menjadi pahlawan untuk banyak orang.
Bumbu fantasi bisa diterapkan pada identitas tokoh utama pria, yaitu tokoh utama pria memiliki identitas sebagai seorang vampire, werewolf, mahluk dari luar angkasa, dan lain-lain.
Referensi cerita yang bisa menjadi acuan: Final Fantasy dan Attack on Titan.
3. Fiksi Ilmiah
Latar cerita memiliki unsur ilmu pengetahuan, namun bukan mendeskripsikan ilmu pengetahuan tersebut. Cerita berfokus pada tokoh utama pria yang memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya.
Referensi cerita yang bisa menjadi acuan: Star Wars dan Superman.
4. Horor
Cerita menonjolkan sesuatu yang mampu membuat ‘tegang’, dengan menampilkan unsur horor, misteri, dan kegelapan. Garis utama cerita menunjukan kepiawaian tokoh utama pria di tengah situasi tersebut. Tokoh utama pria memiliki tekad untuk menyelamatkan keluarga, teman dan orang terkasih. Cerita melibatkan unsur gaib seperti: pemujaan setan, hantu, dan unsur mistis lainnya.
Referensi cerita yang bisa menjadi acuan: The Conjuring dan Final Destination.
5. Action
Latar waktu pada cerita tidak terbatas pada zaman. Cerita bisa menyoroti keterampilan tokoh utama pria dalam bela diri; tokoh utama pria memiliki keahlian seperti kungfu, silat, tembak-menembak dan lain-lain, yang membuat dirinya mampu membela orang yang lemah dan memberantas kejahatan, hingga kemudian dirinya dipuja dan dihormati.
Kisah yang bisa dijadikan acuan: Baby Driver dan Mission Impossible.

NEXT TOP WRITER SEASON 8
Menangkan Total Hadiah Lebih dari 1 Milyar!

HADIAH NEXT TOP WRITER BEST BOOK

Hadiah Bulanan
Juara 1: Rp10.000.000
Juara 2: Rp5.000.000
Juara 3: Rp2.000.000

Hadiah Seasonal
Juara 1: Rp15.000.000
Juara 2: Rp7.000.000
Juara 3: Rp5.000.000
Juara 4: Rp3.000.000
Juara 5: Rp2.000.000

Persyaratan Pemenang:

  1. Novel dibuat dalam periode 1 Januari 2021 – 31 Maret 2021
  2. Penilaian terhadap novel dilakukan tiap bulan, setiap tanggal 1 data dimulai dari awal kembali (bukan akumulasi dari bulan sebelumnya)
  3. Novel gratis bisa menang dengan syarat dikunci paling lambat tanggal 15 di bulan berikutnya
  4. Update cerita 90.000 kata/bulan
  5. Update cerita 270.000 kata/tiga bulan

Ketentuan Pemenang:

  1. Ada 3 pemenang setiap bulannya (Januari, Februari, Maret).
  2. Ada 5 pemenang tambahan per season (3 bulan)
  3. Calon pemenang adalah karya yang telah menerapkan bab berbayar atau novel gratis yang akan dikunci sebelum tanggal 15 di bulan berikutnya
  4. Pemenang dinilai dari penjualan bab berbayar, jumlah komentar pada karyamu, rajin update novel, dan jumlah hadiah dari pembaca.*
  5. Pemenang dapat dilihat di daftar rank Best Next Top Writer.
  6. Jika novel menang namun tidak memenuhi syarat, dianggap tidak sah & hadiah akan jatuh pada novel yang berada di ranking setelahnya

*Porsi penilaian terbesar adalah jumlah penjualan bab berbayar, komentar yang dihitung adalah unique comments

** Keputusan pemenang tidak dapat diganggu gugat & pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

 

HADIAH SUB-KOMPETISI NTW MALE BOOK ARENA

Bulanan:
Juara 1: Rp5.000.000
Juara 2: Rp3.000.000
Juara 3: Rp2.000.000

Seasonal:
Juara 1: Rp8.000.000
Juara 2: Rp5.000.000
Juara 3: Rp3.000.000
Juara 4: Rp2.000.000
Juara 5: Rp1.000.000

Ketentuan:

  1. Selain mengikuti kompetisi Next Top Writer Best kamu bisa mengikuti sub-kompetisi Male Book Arena, Upgrade versi terbaru aplikasi NovelMe di HP andoidmu atau daftar melalui website tulis.novelme.com
  2. Novel ditulis dengan POV laki-laki
  3. Penulis bisa laki-laki atau perempuan
  4. Penulis memilih genre Miliarder, Menantu, Mengubah Nasib, Daily Life, Mafia,
  5. Mengikuti panduan penulisan karya di https://www.novelme.com/dukungan/pov-laki/
  6. Editor dapat menentukan, jika novel yang ditulis tidak memenuhi syarat, maka tidak akan diikutsertakan.
  7. Ketentuan perhitungan rank dan ketentuan pemenang sama dengan ketentuan Next top Writer Best

HADIAH SUB-KOMPETISI NTW INNOVATION

NTW Innovation:
Bulanan:
Juara 1: Rp2.000.000
Juara 2: Rp1.000.000
Juara 3: Rp500.000

Seasonal:
Juara 1: Rp4.000.000
Juara 2: Rp2.000.000
Juara 3: Rp1.000.000
Juara 4: Rp800.000
Juara 5: Rp500.000

  1. Selain mengikuti kompetisi Next Top Writer Best kamu bisa mengikuti sub-kompetisi Innovation, upgrade versi terbaru aplikasi NovelMe di HP andoidmu atau daftar melalui website tulis.novelme.com
  2. Novel bergenre Horror (jika menulis novel Misteri bisa pilih genre ini), Petualangan, Fantasi, Fiksi Ilmiah, Horor, Action, Non Fiksi.
  3. Mengikuti panduan penulisan karya di https://www.novelme.com/dukungan/panduan-inno/
  4. Editor dapat menentukan, jika novel yang ditulis tidak memenuhi syarat, maka tidak akan diikutsertakan.
  5. Ketentuan kemenangan berdasarkan penilaian editor NovelMe

HADIAH KATEGORI PENULIS TERAKTIF

Hadiah:
Level Gold

  • Update minimal 60.000 kata/bulan mendapatkan bonus 600 ribu rupiah
  • Update minimal 100.000 kata/bulan mendapatkan bonus 900 ribu rupiah
  • Update minimal 180.000 kata/bulan mendapatkan bonus 1.500.000 rupiah

Level Silver

  • Update minimal 60.000 kata/bulan mendapatkan bonus 500 ribu rupiah
  • Update minimal 100.000 kata/bulan mendapatkan bonus 750 ribu rupiah
  • Update minimal 180.000 kata/bulan mendapatkan bonus 1.250.000 rupiah

Level Bronze

  • Update minimal 60.000 kata/bulan mendapatkan bonus 400 ribu rupiah
  • Update minimal 100.000 kata/bulan mendapatkan bonus 600 ribu rupiah
  • Update minimal 180.000 kata/bulan mendapatkan bonus 1.000.000 rupiah

Bonus lain di luar hadiah & bonus Next Top Writer Season 8

Extra Incentive TOP 20 Rank Best Seller Berlanjut

  1. Novel termasuk dalam TOP 1-5 dan update 100-180ribu kata di bulan berjalan, mendapatkan Rp4.000.000, jika update lebih dari 180 ribu di bulan berjalan, penulis bisa mendapatkan Rp8.000.000.
  2. Novel termasuk dalam TOP 6-10 dan update 100-180ribu kata di bulan berjalan, mendapatkan Rp3.000.000, jika update lebih dari 180 ribu di bulan berjalan, penulis bisa mendapatkan Rp7.000.000.
  3. Novel termasuk dalam TOP 11-20 dan update 100-180ribu kata di bulan berjalan, mendapatkan Rp2.000.000, jika update lebih dari 180 ribu di bulan berjalan, penulis bisa mendapatkan Rp4.000.000.

BONUS SUPER BOOK*
SUPER BOOK BONUS FOR SUPER WRITER!
Kamu dapat satu lagi apresiasi dari NovelMe! Jika tulisan kamu sudah mencapai 500 ribu – 1 juta kata & memiliki pencapaian performa tertentu, kamu berhak mendapatkan Bonus Super Book.

Berikut detailnya:

Level A:
500k kata=20juta;
800k kata=25juta;
1juta kata=30juta

Level B:
500k kata=12juta;
800k kata=15juta;
1juta kata=20juta

Level C:
500k kata=10juta;
800k kata=13juta;
1juta kata=15juta

Level D:
500k kata=7juta;
800k kata=10juta;
1juta kata=12juta

Level E:
500k kata=6juta;
800k kata=9juta;
1juta kata=11juta

Level F:
500k kata=5juta;
800k kata=8juta;
1juta kata=10juta

  *Kamu hanya berkesempatan mengambil bonus super book sebanyak 2x (Dua Kali).

* Buku boleh yang sudah ditulis sebelum periode season 8, novel harus sudah lolos ketentuan umum Next Top Writer di NovelMe. Editor akan melakukan penilaian, & kamu akan dihubungi langsung oleh editormu.

KETENTUAN UMUM

  1. Pendaftaran GRATIS
  2. Kompetisi untuk seluruh WNI
  3. Satu orang dapat mengunggah lebih dari 1 karya novel
  4. Periode Kompetisi 1 Januari- 31 Maret 2021
  5. Melakukan verifikasi akun, mengisi data diri sesuai KTP/Tanda pengenal
  6. Peserta harus mendownload aplikasi NovelMe
  7. Peserta harus mendaftar sebagai perorangan di website tulis.novelme.com atau melalui aplikasi NovelMe
  8. Peserta harus follow minimal satu akun media sosial NovelMe (FB: NovelMe, IG: @noveme.id, Youtube: Novelme Official).
  9. Peserta harus repost pengumuman Next Top Writer Season di akun media sosial
  10. Karya novel yang diikutsertakan hanya novel yang bab pertamanya dipublikasikan pada periode lomba
  11. Rank yang dimunculkan tiap bulannya adalah murni perolehan dalam 1 bulan (bukan akumulasi).

KETENTUAN PENULISAN KARYA

  1. Karya novel yang ditulis berkelanjutan
  1. Tema Bebas
  2. Menggunakan Bahasa Indonesia.
  3. Karya diunggah melalui website tulis.novelme.com atau melalui aplikasi NovelMe
  4. Karya novel yang diikutsertakan hanya novel yang bab pertamanya dipublikasikan pada periode lomba, novel dari season sebelumnya tidak dapat ikut serta.
  1. Genre novel kompetisi NTW Best adalah semua genre kecuali genre non fiksi panduan lengkapnya dapat dilihat di https://www.novelme.com/dukungan/panduan/
  2. Novel gratis bisa menang dengan syarat dikunci paling lambat tanggal 15 di bulan berikutnya
  3. Update cerita 90.000 kata/bulan
  4. Update cerita 270.000 kata/tiga bulan
  5. Penulis sudah tanda tangan kontrak
  6. Setiap bab diberikan judul, bukan hanya nomor/angka.
  7. TIDAK menyinggung SARA, memuat pornografi,dan politik.
  8. Karya harus buatan penulissendiri dan bukan
  9. Karya belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun dan tidak sedang dikirimkan ke media/kompetisi manapun
  10. Tidak melakukan kecurangan seperti repetisi kata secara tidak wajar
  11. Karya yang tidak memenuhi ketentuan pada semua poin di atas akan didiskualifikasi.
  12. NovelMe memegang hak komersial dan melakukan tugas sebagai agensi dalam upaya pengalihan karya ke bentuk lain. Perjanjian mengenai hak dan kewajiban NovelMe sebagai agensi akan dibahasdi luar perjanjian kompetisi ini.
  13. Semua Hak cipta global dari karya novel secara eksklusif diberikan oleh penulis kepada NovelMe. Penulis memiliki hak sipil. Peserta tidak diperkenankan menyebarluaskan karya yang sudah dikirimkan ke Next Top Writer untuk diterbitkan oleh pihak manapun selain NovelMe.

KETENTUAN TANDA TANGAN KONTRAK DAN BAB BERBAYAR

Setiap penulis berhak mendaftar untuk tanda tangan kontrak dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Total kata yang ditulis pada suatu karya sudah mencapai minimal 5 ribu kata (5 bab).
  2. Minimal memiliki 30 subscriber
  3. Penulis harus mengisi data untuk keperluan kontrak di http://penulis.novelme.xyz

Setiap penulis berhak mendaftarkan Bab berbayar dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Permohonan pembukaan bab berbayar diajukan lewat website novelme.com atau aplikasi NovelMe
  2. Syarat penguncian bab: novel harus memiliki minimal 20 ribu kata (20 bab) dan 200 subscriber.
  3. Berhenti update maksimal 10% dari jumlah total hari novel kamu dipublikasikan di NovelMe, tidak bisa berhenti update lebih dari itu. Contoh: novel kamu telah dipublikasikan selama 30 hari. 10% dari 30 hari adalah 3 hari. Berarti maksimal berhenti update adalah 3 hari, kamu tidak bisa berhenti update selama 4 hari.
  4. Keputusan permulaan pembukaan bab berdasarkan penilaian editor NovelMe
  5. Persentase pembagian bab berbayar adalah 60% untuk pihak penulis dan 40% untuk pihak NovelMe kecuali jika diatur lain melalui perjanjian terpisah. Pembagian bab berbayar setelah dipotong oleh operator pemrosesan pembayaran dan biaya lainnya.
  6. Pajak bab berbayar ditanggung oleh pemenang.

KETENTUAN HADIAH DARI PEMBACA

  1. Karya penulis dapat menerima hadiah yang diberikan oleh pengguna melalui aplikasi NovelMe.
  2. Penulis mengunggah karya di website go.novelme.xyz/nmgp
  3. Fitur hadiah ini akan muncul jika penulis sudah menandatangani kontrak perjanjian penulisan dengan NovelMe (Untuk pengisian kontrak mohon klik link ini http://penulis.novelme.xyz).
  4. Persentase pembagian hadiah adalah 60% untuk pihak penulis dan 40% untuk pihak NovelMe setelah dipotong biaya operasional.
  5. Pajak hadiah ditanggung oleh penulis.

KETENTUAN BONUS TERAKTIF BULANAN

Persyaratan:

  1. Tidak berhenti update novel lebih dari 2 hari dalam satu minggu dan karya tidak boleh berhenti update lebih dari 4 hari dalam satu bulan
  2. Karya novel sudah memiliki bab berbayar & sudah memiliki minimal 100 subscriber
  3. Karya novel update minimal 60.000 kata/bulan
  4. Berlaku pada buku lama dan baru
  5. Penulis dengan pendapatan penjualan bab berbayar 0-10 juta dalam 12 bulan terakhir akan otomatis termasuk ke dalam level Bronze. Tidak perlu mengisi form.
  6. Penulis dengan pendapatan penjualan bab berbayar 10-100 Juta dalam 12 bulan terakhir dapat mengajukan level Silver, 100-400 Juta dalam 12 bulan terakhir dapat mengajukan level Gold
  7. Penulis wajib mengisi form pengajuan keikutsertaan untuk mereka yang termasuk Level Silver & Gold dalam periode 1-10 Januari 2021 di https://bit.ly/levelS8
  8. Hasil seleksi level penulis akan diumumkan di novelme.com & berlaku selama 1 Season (3 bulan)
  9. Form hanya dapat diisi pada satu kesempatan per Season. Jika terlewat, penulis hanya bisa mengajukan diri pada Season berikutnya
  10. Setelah tim NovelMe memverifikasi, level penulis tidak akan berubah dalam 3 bulan ke depan (satu Season). Pada season selanjutnya penulis bisa merubah level dengan cara mengisi Form ulang, NovelMe akan melakukan verifikasi Kembali. Level dapat menjadi lebih tinggi atau menurun.
  1. Novel tidak mengandung unsur plagiarisme dan spam.**
  2. Pajak pendapatan ditanggung oleh penulis.

**spam adalah repetisi kata atau karakter (huruf, angka, symbol) yang tidak wajar

Kategori Rank Season 8:

Best seller: Berdasarkan penjualan bab berbayar. Hanya untuk buku yang publish di Season 8

Best of The Best: Semua buku bisa masuk rank ini. Urutan berdasarkan penjualan bab bebayar, gift, rajin update, & komentar buku di dalam aplikasi

Ntw Best: Urutan berdasarkan penjualan bab bebayar, gift, rajin update, & komentar buku di dalam aplikasi

Ntw male: Peringkat male book. Hanya untuk buku yang publish di Season 8

Ntw innovation: Peringkat buku terinovatif. Hanya untuk buku yang publish di Season 8

New writer ranking: Hanya novel pertama yang sudah lock chapter, akan ada di rank hanya dalam 30 hari pertama

Gifts ranking: Peringkat berdasarkan jumlah hadiah dari pembaca

Free books ranking: Peringkat buku gratis

RANK BARU DI SEASON 8!
NEXT TOP WRITER “BEST OF THE BEST”

Ketentuan Rank Best of The Best:
-Periode: Januari-Desember 2021
-Semua novel di NovelMe secara otomatis ikut serta dalam rank ini (termasuk yang publish pada season sebelumnya)
-Hanya novel yang dipublish dalam 30 hari terakhir yang dapat muncul di rank
-Pemenang ditentukan tiap bulan

-Hadiah bulanan:
Peringkat 1: Rp12.000.000
Peringkat 2 : Rp5.000.000
Peringkat 3 : Rp2.000.000

Pemenang dinilai dari penjualan bab berbayar, jumlah hadiah dari pembaca, jumlah komentar pada karyamu, rajin update novel

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Ayo wujudkan karya Novel impian mu, jadilah penulis terkenal dan menangkan hadiahnya!

Kami rekomendasikan menggunakan PC / Laptop untuk website penulis.

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...