PANDUAN NEXT TOP WRITER SEASON 10 – Top Novel

CHANNEL: WOMEN
FEMALE BOOK

1. GENRE: ROMANCE
Alur cerita utama bertumpu pada hubungan cinta Female Lead dan Male Lead, sejak pertama kali bertemu hingga perkembangan hubungan mereka dalam pahit manis, suka duka. Kisah cinta ini lebih banyak melibatkan perasaan, menonjolkan semua konflik yang merintangi hubungan mereka, dengan berbagai latar belakang keluarga, profesi, usia.

Contoh: The Bodyguard Wife, karya Nona Lancaster

TAG:
#
Wanita Buruk Rupa
Berbeda dengan citra cantik dan seksi tokoh wanita cerita jaman dulu, tokoh wanita di alur ini biasanya berpenampilan cacat, tidak sempurna, jelek.  Mereka sering ditolak oleh tokoh pria. Tokoh wanita mungkin punya sifat baik hati atau memiliki kemampuan lain yang luar biasa lainnya, sehingga secara bertahap menarik pemeran utama pria.

#Topeng
Tokoh pria atau wanita memiliki banyak identitas tersembunyi. Identitas awalnya sering kali adalah orang kecil biasa, membuat pembaca mendaptkan substitusi rasa yang kuat. Namun, ketika menghadapi kesulitan, baik terpaksa atau sukarela, mereka akan mulai melepaskan topengnya untuk menyelesaikan masalah.

#Pesona
Gaya penulisan ini sebagian besar santai dan hangat. Tokoh wanita tidak menderita karena berbagai tekanan, dia disukai oleh semua orang selayaknya seorang putri kecil. Orang-orang akan menemukan karya luar biasa dari si tokoh utama yang kemudian akan menjadi daya tariknya. Meraka akan selalu membantunya, menjaganya.

PERHATIAN! SELAIN MENGIKUTI KOMPETISI NTW UMUM, KETIGA TAG TERBARU YANG DISEBUTKAN INI DIIKUTSERTAKAN JUGA DALAM KOMPETISI INNOVATION.

#Single Parent
Mengacu pada pengaturan identitas karakter

Karena sebuah kesalahpahaman, tokoh pria dan wanita berpisah. Salah satu dari mereka membesarkan anak mereka yang baru lahir. Beberapa tahun kemudian, tokoh pria dan wanita  bertemu lagi. Dengan bantuan anak mereka, mereka menyelesaikan kesalahpahaman mereka yang dulu hingga akhirnya rujuk kembali.

1. Tokoh wanita yang mengasuh anak. Situasi ini sering terjadi karena one-night stand. Tokoh wanita harus membesarkan anaknya. Tekanan hidup yang dihadapinya menjadi sangat besar.
2. Tokoh pria yang mengasuh sendiri. Tokoh pria bisa jadi tidak tahu siapa ibu dari anak tersebut, dia melahirkan seorang anak karena one-night stand. Setelah si tokoh wanita melahirkan, dia diam-diam memberikan anaknya kepada tokoh pria. Bisa juga karena tokoh wanita meninggal. Tokoh pria kaya, tampan, dingin kepada orang lain, tetapi sangat baik pada anak-anak

#Virgin
Mengacu pada identitas dan status tokoh wanita. Dia tidak pernah berhubungan seks dengan orang lain. Biasanya tokoh wanita akan menarik perhatian tokoh pria setelah terjadi one-night stand.

#Sweet
Mengacu pada gaya cerita. Tokoh utama pria tidak mengizinkan siapa pun menghina atau menyakiti si tokoh wanita. Tokoh pria setia kepada tokoh wanita, dan selalu memanjakan  tokoh wanita.

Secara lengkap, berikut pilihan tag untuk genre Romance:

  1. #Buruk Rupa
  2. #Topeng
  3. #Pesona
  4. #CEO
  5. #Pernikahan Kontrak
  6. #Ibu Pengganti
  7. #Perjodohan
  8. #Single Parent
  9. #Penganti Pengganti
  10. #Lari dari Perjodohan
  11. #Adopsi atau #Bayi Tabung
  12. #Office Romance
  13. #Guru
  14. #Cinta Segitiga
  15. #Istri Memikat
  16. #Virgin
  17. #Sweet

2. GENRE: ADULT ROMANCE
Perjalanan cinta yang lebih mendalam dan intim antara Female Lead dan Male Lead, konflik bergulir dengan permasalahan seputar orang dewasa, kisaran usia di atas 25 tahun, dengan segala macam intrik dan konflik pasangan yang dituangkan ke dalam adegan yang lebih menantang,  melibatkan pembangunan emosi yang membara.

Contoh: CINTA UNTUK NADA karya RI CHI RICH

TAG:
#
Bodyguard
Sebagian besar mengacu pada identitas pengaturan tokoh utama pria. Sebuah pekerjaan khusus. Tokoh wanita memiliki posisi yang tinggi, dan si tokoh pria selalu melindungi tokoh wanita. Tokoh pria ini umumnya dingin. Kemampuan bela dirinya tinggi, EQ rendah, setia.  Tokoh wanita yang lebih aktif mendekatinya.

#Older Man
Pengaturan identitas untuk tokoh laki-laki. Perbedaan usia antara tokoh utama pria dan wanita relatif besar. Bisa ada hubungan pengasuhan. Tokoh pria bersikap sangat dewasa, stabil dan kaya. Tokoh wanita ceria, terbuka dan lebih aktif mendekatinya.

#Sekretaris
Pengaturan identitas untuk tokoh wanita. Tokoh wanita adalah sekretaris tokoh pria. Hubungannya tidak jelas, sembunyi-sembunyi. Biasanya hubungan percintaan di tempat kerja.

#Mistress
Pengaturan identitas untuk tokoh wanita. Biasanya untuk cerita yang menganiaya tokoh utama.

Tokoh wanita merelakan badannya demi uang atau tujuan lain. Tokoh wanita membutuhkan pertolongan tokoh pria, tokoh pria menyukai tokoh wanita, memandang rendah perilaku tokoh wanita, setelah mempermalukan tokoh wanita,menyuruh tokoh wanita menjadi “kekasih”nya.

Wanita panggilan. Biasanya karena beberapa alasan khusus, tokoh wanita terpaksa masuk dalam profesi ini. Mereka kemudian “dipelihara” oleh tokoh pria, pelan-pelan muncul perasaan suka.

#Cinta Terlarang
Sebuah genre khusus di mana tokoh pria dan wanita memiliki hubungan darah dekat atau hubungan adopsi.

#Temptation
Sebagian besar adalah pengaturan identitas untuk tokoh wanita. Sosok yang tidak terkendali, antusias, menarik, menantang, menggairahkan. Ceritanya biasa tentang status yang tidak jelas. Banyak bagian cerita terdapat adegan “dewasa”.

Secara lengkap, berikut pilihan tag untuk genre Adult Romance:

  1. #Bodyguard
  2. #Older Man
  3. #One Night Stand
  4. #Sekretaris
  5. #Mistress
  6. #Cinta Terlarang
  7. #Temptation

3. GENRE: PERAWAT/NURSE
Demi menciptakan karya yang fresh, penulis perlu melakukan inovasi pada karyanya. Inovasi dapat dikembangkan dengan meluaskan imajinasi penulis untuk melahirkan sebuah terobosan baru yang membuat karyanya berbeda dari pada karya lain.

Novel bergenre roman masih menduduki genre terfavorit di NovelMe. Penulis dapat menggunakan kesempatan ini untuk melakukan inovasi dalam genre roman. Salah satunya adalah dengan meluaskan genre roman tidak hanya dengan highlight percintaan, namun bisa juga memberikan highlight pada tokoh utama yang memiliki karir yang spesifik.

Cerita dapat menunjukkan bawa tokoh utama wanita dan pria memiliki profesi tertentu. Contoh, tokoh utama wanita adalah seorang perawat atau profesi profesional lainnya, sementara itu tokoh utama pria memiliki profesi sebagai CEO, pengacara, pilot dan sebagainya. Karena suatu kejadian (seperti kecelakaan mobil, kecelakaan pesawat atau lain-lain) tokoh utama pria bertemu dengan tokoh utama wanita yang merupakan seorang perawat. Karena tokoh utama wanita juga membutuhkan uang dan karena tuntutan pekerjaan, dia lalu merawat tokoh utama pria. Dari sinilah konflik berawal.
Contoh: Pengasuh Tuan Muda karya Sugianti Bisri

4. GENRE: BABY NOVEL
Cerita ini memiliki plot yang cukup ringan, biasanya diawali dengan kedua tokoh utama yang melakukan one night stand karena suatu insiden, kemudian tokoh utama wanita mengandung bayi kembar (tiga, empat, atau lebih).

Kebanyakan cerita berjenis ‘Baby Novel’ menggunakan perpindahan waktu yang cukup cepat. Kedua tokoh utama bertemu lagi beberapa tahun kemudian, alur pun memasuki cerita utama, membuat hubungan antara tokoh utama pria dan wanita mengalami beberapa insiden yang mendekatkan keduanya.

Catatan: Biasanya, bayi/anak dalam jenis buku ini sangat unik. Mereka memiliki peran penting dalam perkembangan karakter dan perasaan antara tokoh utama pria dan wanita (kedua orangtua mereka). Namun, poin utama tetap kisah cinta dari kedua tokoh utama. Anak-anak hanya menjadi katalis.
Contoh: One Night Surprise karya Admira Arana

TAG:
#BabyNovel

5. GENRE: KAWIN KONTRAK
Persoalan yang dimulai dengan perkawinan tanpa cinta, tetapi hanya untuk suatu tujuan atau kepentingan. Dapat diawali dengan Female Lead dan Male Lead yang pada awalnya tidak saling menyukai. Kedua tokoh utama melakukan negosiasi dan menyepakati kontrak pernikahan. Namun seiring berjalannya waktu, banyak hal-hal yang secara perlahan menumbuhkan perasaan keduanya dan membangun ikatan hubungan cinta.
Contoh: Istri Jaminan

Secara lengkap untuk Female Books, berikut seluruh genre dengan tag yang tersedia.
Catatan: Untuk genre yang belum memiliki tag, dapat memilih dari tag yang ada.

Romance:
  1. #Buruk Rupa
  2. #Topeng
  3. #Pesona
  4. #CEO
  5. #Pernikahan Kontrak
  6. #Ibu Pengganti
  7. #Perjodohan
  8. #Single Parent
  9. #Pengantin Pengganti
  10. #Lari dari Perjodohan
  11. #Adopsi/Bayi Tabung
  12. #Office Romance
  13. #Guru
  14. #Cinta Segitiga
  15. #Istri Memikat
  16. #Virgin
  17. #Sweet
 
Adult Romance:
  1. #Bodyguard
  2. #Older Man
  3. #One Night Stand
  4. #Sekretaris
  5. #Mistress
  6. #Cinta Terlarang
  7. #Temptation
 
Perawat/Nurse:
 
Baby Novel:
#Baby Novel
 
Kawin Kontrak:
close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...