PANDUAN MALE BOOK ARENA

Syarat Khusus:
1. Buku adalah POV Pria
2. Saran Genre: Miliarder, Male Adult, Menantu, Dewa Perang, Ksatria, Tentara, Mafia, Sistem Canggih, Daily Life
3. Penulis harus memilih genre (dan tag) dengan benar untuk masuk ke Rank ini.
4. Penulis harus memilih kompetisi ini saat mendaftar, tidak bisa menambahkan kompetisi di tengah. Jika penulis tidak memilih kompetisi di awal, tetapi ceritanya layak untuk masuk peringkat, maka buku tersebut tidak memenuhi syarat untuk masuk rank.
5. Syarat absen update < 3 hari per bulan

PANDUAN MALE BOOK ARENA DI NTW SEASON 13
Sejak mulai diselenggarakan di Next Top Writer Season 13 (NTW S13) pada Juli-Agustus 2020 lalu, hingga kini, Male Book Arena telah melahirkan sejumlah male book berkualitas tinggi yang mampu mengisap perhatian pembaca NovelMe. Ini menjadi bukti bahwa kompetisi ini telah berhasil menjadi ruang bagi para penulis untuk belajar menulis male book yang sesuai dengan yang diharapkan oleh platform, di mana pada awalnya itu adalah sebuah tantangan yang menuntut keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru. Beberapa male book berkualitas tinggi yang bisa disebut di antaranya: The Richest Heir, Richest Man Looking for Love, Menantu Impian, Saka Sang Pembantai, The Richest Punk, Invisible Rich Man, Hasrat Menantu Terkuat, Sang Anak Angkat, Menantu Tak Ternilai.

Di musim ini, Male Book Arena kembali hadir, tentu saja dengan harapan akan terlahir lagi sejumlah male book berkualitas lainnya--misalnya, bisa nangkring di rank best seller harian selama periode tertentu. Dan untuk memudahkan itu tercapai, ada baiknya, male book yang ditulis oleh para penulis di musim ini adalah male book dengan genre-genre yang memang sudah terbukti sukses seperti Male Adult, Menantu, Dewa Perang, Miliarder dan Kesatria. Namun, yang lebih penting dari itu, male book yang ditulis haruslah sedekat mungkin dengan formula male book sukses yang dikembangkan NovelMe. Semakin sesuai dengan formula, semakin besar peluang sebuah male book untuk mencapai kesuksesan!

Adapun selengkapnya tentang genre-genre yang tersedia di Male Book Arena di NTW S13 ini adalah sebagai berikut:

GENRE & TAG

  1. MALE ADULT

 Male book dengan genre ini mengangkat persoalan-persoalan yang dihadapi si tokoh utama pria yang berkaitan dengan hasratnya, obsesinya, gairah terpendamnya, entah itu terhadap istrinya, kekasihnya, atau bahkan wanita yang bukan pasangannya. Ada latar belakang khusus yang membuat obsesi atau hasratnya ini muncul, dan itu dijabarkan dengan baik. Adapun sudut pandang yang dipakai sendiri adalah sudut pandang si tokoh utama pria ini, di mana yang ditonjolkan adalah bagaimana ia merasakan dorongan-dorongan untuk berfantasi melakukan hal-hal nakal bersama si wanita itu.

Agar lebih mudah diterima oleh pembaca dan pasar, plot male book genre ini bisa dipadukan dengan plot male book dari genre-genre mainstream seperti Miliarder, Menantu, atau Dewa Perang. Hanya saja, harus diingat bahwa salah satu hal utama yang dijual adalah ambiguitas, yakni adegan-adegan di mana si tokoh utama pria seperti sedang akan melakukan adegan dewasa dengan si tokoh wanita, tetapi kemudian tidak jadi. Male book genre ini wajib dibuka dengan adegan ambigu tersebut. Kemudian, sewaktu-waktu, adegan ambigu tersebut akan muncul lagi dan semakin lama semakin mendorong pembaca untuk berfantasi liar.

Contoh: Hasrat Menantu Terkuat, My Beautiful Teacher, PRIA DI ATAS KERTAS

Tag: hasrat, gairah, godaan, obsesi, flirting

  1. MENANTU

 Di awal cerita si tokoh utama pria digambarkan begitu miskin dan hidup menumpang di rumah mertua. Padahal, sebenarnya, ia adalah orang yang kaya-raya; ia menjalani hidup miskin karena sesuatu hal. Di satu titik identitasnya terungkap, dan perlahan ia pun berkembang menjadi seseorang yang sangat dihormati dan disegani. Saat menulis male book dengan genre ini, perhatikan formula male book yang dijabarkan tadi.

Dan satu hal lainnya yang juga perlu diperhatikan, yang menjadi fokus dari male book genre ini adalah bagaimana si tokoh utama yang telah berubah dari miskin menjadi kaya itu, dari lemah menjadi kuat itu, diam-diam membantu istrinya dan mertuanya dalam mengatasi masalah-masalah mereka dan meningkatkan value mereka di mata anggota keluarga yang lainnya.

Contoh: Hello, Mr. Presdir!, Menantu Impian, Menantu Tak Ternilai

Tag: membalas balik

  1. DEWA PERANG

 Di awal cerita, digambarkan bahwa si tokoh utama pria adalah sosok yang sangat disegani dan ditakuti karena ia sangat kaya dan sangat kuat. Ia adalah seorang dewa perang yang tak tertandingi. Karena satu dan lain hal, dia memutuskan untuk kembali ke kota asalnya. Dia senantiasa menyembunyikan identitasnya, sambil membalas dendam kepada orang-orang di kota itu yang dulu memperlakukannya dengan begitu buruk.

Faktor yang perlu diperhatikan dari male book genre ini adalah adanya tujuan kuat yang mendorong si tokoh utama pria untuk kembali ke kota asalnya itu. Tujuan ini sendiri bisa sesuatu yang sifatnya profesional seperti menjalankan misi yang sangat penting, atau sesuatu yang sifatnya personal seperti menggagalkan pernikahan wanita yang dicintainya. Faktor lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah keahliannya yang berkaitan dengan kemiliteran, yang terhubung erat dengan julukannya sebagai sang Dewa Perang.

Contoh: Dewa Perang Terbaik, Menantu Penguasa, Sang Anak Angkat

TAG: dewa perang

  1. MILIARDER

 Di awal cerita, digambarkan si tokoh utama sebagai sosok yang miskin dan memiliki status sosial yang rendah. Ia diejek dan dihina-hina oleh orang-orang di sekitarnya. Namun, tak lama terkuak bahwa si tokoh utama ini sebenarnya adalah pewaris harta sebuah keluarga superkaya; ia menjalani hidup miskin karena sesuatu hal. Di satu titik, ia bisa kembali mengakses kekayaan keluarganya dan hidupnya pun berubah. Dengan status barunya sebagai orang yang sangat kaya, ia mulai membalas orang-orang yang sebelumnya memandangnya rendah dan memperlakukannya dengan buruk. Saat menulis male book dengan genre ini, perhatikan formula male book yang dijabarkan tadi.

Fokus dari male book genre ini adalah pada menggambarkan bagaimana perubahan si tokoh utama dari semula sangat miskin menjadi sangat kaya, dari semula status sosialnya begitu rendah jadi begitu tinggi. Tetapi, harus diingat, si tokoh utama tidak boleh sampai tersesat dan menjadi orang jahat. Semua kekayaan dan kekuatannya itu ia gunakan untuk menolong, melindungi, dan membantu sesosok wanita yang ia cintai.

Contoh: Super Rich Man, The Richest Punk, Invisible Rich Man, Richest Man Looking For Love, Rahasia Seorang Pengasuh

Tag: mendadak kaya

  1. KESATRIA

Di awal cerita, si tokoh utama pria umumnya berada di dalam sebuah kekacauan yang besar di mana orang-orang terdekatnya, orang-orang tersayangnya, menjadi korban. Dia sendiri pun teraniaya, tetapi dia berhasil selamat atau diselamatkan. Dia lalu berlatih, meningkatkan kemampuannya sehingga dia menjadi seseorang yang sangat kuat dan melegenda. Dia bertualang dari satu tempat ke tempat lain, bertemu dan bertarung dengan tokoh-tokoh lain. Di sepanjang cerita, sisi kepahlawanan si tokoh utama pria ini ditonjolkan.

Satu hal yang harus digarisbawahi di male book genre ini, di awal cerita si tokoh utama harus digambarkan lemah atau biasa-biasa saja. Ini supaya dia mudah dibuat menderita dan kelak memancing pembaca untuk bersimpati kepadanya. Di akhir bab pertama, sebisa mungkin, munculkan kejutan yang menunjukkan bahwa si tokoh utama ini sebenarnya adalah orang hebat atau akan menjadi orang hebat. Dan tetapkan satu tujuan yang ambisius yang akan menggerakkan cerita, yang akan mendorong cerita untuk terus bergulir hingga beratus-ratus bab. Contohnya: menghancurkan kerajaan musuh.

Sejauh ini, male book Kesatria yang sukses hampir selalu mengambil latar di zaman dulu, di era kerajaan. Tetapi ada juga yang

Contoh: Saka Sang Pembantai, LEGENDA PEDANG API, SANG KUSIR.

Tag: special power

  1. SISTEM CANGGIH

Tokoh utama pria, yang berasal dari kalangan biasa, tiba-tiba diberkahi sebuah sistem atau terjebak di dalam sistem tersebut. Sistem ini dijelaskan dengan mendetail, dan si tokoh utama seketika memiliki sebuah fasilitas yang sangat mewah–kekayaan, jabatan, kemampuan istimewa, dll.--dengan adanya sistem tersebut. Lalu sistem tersebut akan memberinya misi demi misi yang harus dituntaskan si tokoh utama. Setelah misi dituntaskan, si tokoh utama akan mendapatkan hadiah atau imbalan, dan akan muncul fasilitas-fasilitas baru yang bisa digunakannya.

Adapun jika ia gagal, ia akan menerima hukuman. Semakin tinggi tingkat kesulitan sebuah misi semakin tinggi pula hadiahnya, dan semakin berat juga hukumannya. Dalam perkembangannya, si tokoh utama bisa saja berhadapan dengan sebuah komplotan atau kelompok rahasia seiring menjalankan misi-misinya itu. Dan bisa juga cerita berkembang ke arah fantasi, jika itu diperlukan. Inti dari male book genre ini adalah keberadaan sebuah sistem yang mengubah kehidupan si tokoh utama pria secara drastis.

Tag: misi, teknologi

  1. TENTARA

Di male book tipe ini, si tokoh utama pria adalah sesosok tentara atau mantan tentara yang tengah mengalami pergulatan hidup. Ia mungkin menderita trauma pasca-perang, atau membelot ke pihak lawan, atau menjadi desersi, atau hilang ingatan dan menjalani kehidupan sebagai orang biasa. Fokus ceritanya adalah pada bagaimana si tokoh utama pria ini memperoleh sesuatu yang mengejutkan dan istimewa, kemudian setelah itu hidupnya berubah secara drastis, meski bertahap.

Untuk memudahkan pembaca menikmati male book genre ini, pastikan hal-hal terkait militer hanya diposisikan sebagai gimmick profesi. Hal utama yang ditawarkan kepada pembaca pada akhirnya bukanlah hal-hal tersebut, melainkan konflik yang umum ditemukan di male book mainstream seperti perebutan kekuasaan di perusahaan. Tapi harus juga diingat: gimmick militer ini harus sering ditonjolkan saat si tokoh utama pria membalas perlakuan buruk tokoh-tokoh antagonis.

Contoh: The Strongest Soldier, HIDDEN SOLDIER

Tag: tentara, pasukan

  1. MAFIA

Si tokoh utama adalah seseorang yang pernah menempati posisi penting di sebuah organisasi mafia tetapi karena satu dan lain hal dia menjalani hidup sebagai orang biasa, menyembunyikan identitasnya dari orang-orang di sekitarnya. Di awal cerita dia berada dalam kondisi kritis lalu seseorang dari keluarganya atau dari organisasi yang pernah dipimpinnya itu muncul memintanya untuk kembali, sambil menawarinya kekayaan atau kekuasaan. Dia menggunakannya untuk membalas perlakuan buruk tokoh-tokoh antagonis, juga untuk melindungi dan membantu sesosok wanita yang dicintainya.

Satu hal yang harus digarisbawahi di sini, si tokoh utama harus digambarkan tampan, kuat, dan kharismatik. Hal-hal ini membuat tokoh-tokoh antagonis begitu cemburu padanya dan berusaha menyakitinya. Di sepanjang cerita, ditunjukkan bahwa dia adalah sang mafia terhebat yang pernah ada. Pastikan unsur mafianya terasa.

Tag: komplotan, balas dendam

  1. DAILY LIFE

Si tokoh utama adalah sesosok pria dengan profesi tertentu, di mana di awal cerita ia digambarkan berada di dalam situasi yang sangat buruk dan membuatnya menderita, seperti perceraian, kebangkrutan, pemecatan, kekalahan, atau yang lainnya. Cerita kemudian berkisar soal bagaimana si pria ini bangkit dan memperoleh kembali hal-hal penting yang telah terenggut atau direnggut darinya. Biasanya ada juga konflik keluarga dan hubungan personal yang dimunculkan di dalamnya.

Tapi hati-hati, jangan sampai fokusnya malah beralih ke kisah cinta. Di male book genre ini, fokusnya adalah perjuangan si tokoh utama dan proses kebangkitannya. Kisah cinta boleh ada tapi hanya sebagai bumbu, sebagai gimmick. Dan hati-hati juga untuk tidak memunculkan adegan dewasa kelewat sering sebab ini adalah male book, bukan female book.

Contoh: SINGLE DADDY karya ALLINA.

Tag: profesi, daily life

Itulah kesembilan genre male book yang tersedia di Male Book Arena di NTW S13. Ayo tulis male book-mu dan berpartisipasilah! Jadilah pemberani, ambil tantangan, buka jalan untuk kesuksesanmu sebagai penulis male book NovelMe!

Tutup Lebih lanjut

Ketentuan Penulisan Karya
1. Karya novel yang ditulis berkelanjutan
2. Tema bebas atau untuk genre tertentu sesuai genre yang tersedia
3. Menggunakan Bahasa Indonesia.
4. Karya diunggah melalui website author.novelme.com atau melalui aplikasi NovelMe
5. Karya novel yang diikutsertakan hanya novel yang bab pertamanya dipublikasikan pada periode lomba, novel dari season sebelumnya tidak dapat ikut serta.
6. Novel gratis bisa menang dengan syarat dikunci paling lambat tanggal 15 di bulan berikutnya
7. Update cerita minimal 60.000 kata/bulan untuk kompetisi bulanan
8. Update cerita minimal 60.000 kata/bulan dan 180.000 kata/tiga bulan untuk kompetisi seasonal
9. Penulis sudah tanda tangan kontrak
10. Setiap bab diberikan judul, bukan hanya nomor/angka.
11. TIDAK menyinggung SARA, memuat pornografi, dan politik.
12. Karya harus buatan penulis sendiri dan bukan plagiat.
13. Karya belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun dan tidak sedang dikirimkan ke media/kompetisi manapun
14. Tidak melakukan kecurangan seperti repetisi kata secara tidak wajar
15. Karya yang tidak memenuhi ketentuan pada semua poin di atas akan didiskualifikasi.
16. NovelMe memegang hak komersial dan melakukan tugas sebagai agensi dalam upaya pengalihan karya ke bentuk lain. Perjanjian mengenai hak dan kewajiban NovelMe sebagai agensi akan dibahas di luar perjanjian kompetisi ini.
17. Semua Hak cipta global dari karya novel secara eksklusif diberikan oleh penulis kepada NovelMe. Penulis memiliki hak sipil. Peserta tidak diperkenankan menyebarluaskan karya yang sudah dikirimkan ke Next Top Writer untuk diterbitkan oleh pihak manapun selain NovelMe.
18. Jika terbukti melakukan kecurangan, maka bonus yang didapatkan akan hangus

close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...