Pertanyaan yang sering muncul

1. Novel tidak muncul di kolom pencarian setelah publish

Q: Kak kok novelku masih belum muncul di kolom pencarian aplikasi sih? Padahal aku sudah publish 2 bab 🙁
A: Hai! Novel saat ini jika pertama kali publish harus melalui review dalam 1×24 jam dulu ya.
Jika dalam waktu tersebut masih belum muncul di pencarian, pastikan sudah mencantumkan sumber cover pada sinopsis dan covernya sudah sesuai dengan ketentuan.
Contoh pencantuman credit sinopsis, “Credit cover image and edited by canva premium.

Contoh gambar :

 
Jika cover yang kamu buat adalah buatan sendiri, untuk bagian sumber covernya mohon diperjelas ya contohnya pict by… (misal foto pribadi) atau cover background by.. (sesuai kamu mengambil covernya dimana).
Kami informasikan juga untuk cover bisa menggunakan foto/ilustrasi tapi tidak mengambil dari pinterest dan google karena khawatirnya terkena hak cipta. Selain itu, jangan juga menggunakan gambar webtoon, anime sama komik/manga atau artis manapun. Kamu bisa menggunakan aplikasi canva atau aplikasi design lainnya untuk pembuatan cover.
Ketentuan cover secara lengkap juga bisa kamu lihat melalui https://www.novelme.com/sk/
 

2. Jumlah kata untuk sinopsis

Q : Kak, kok setelah di submit, sinopsisnya terpotong ya?
A : Ideal kata pada sinopsis yaitu 100-125 kata. Untuk itu pastikan disesuaikan dengan jumlah kata tersebut ya.Jangan lupa sertakan juga sumber cover di sinopsis kamu.
 

3. Sudah melakukan penarikan, kenapa belum ditransfer ya?

Q : Saya sudah narik tanggal 22 Maret 2022 tapi kok belum masuk juga?
A : Hai Sobat NovelMe! Proses penarikan membutuhkan waktu 10-14 hari kerja (tidak termasuk tanggal merah, hari libur nasional dsb) dan akan ditransfer berkala dalam beberapa batch. Mohon kesediaannya menunggu ya.
Apabila sudah ditransfer, maka akan kami informasikan melalui notifikasi di aplikasi ya kak, silahkan lakukan pengecekan secara berkala.
 

4. Paypal masih belum bisa digunakan

Q: Saya sudah mengatur metode pembayaran saya melalui Paypal di author.novelme.com
A: Hai Kak! Proses transfer melalui Paypal masih belum bisa digunakan untuk saat ini. Kami himbau untuk mengganti metode pembayaran ke akun bank. Pastikan akun bank yang dimasukkan juga sesuai dengan data rekening bank kamu ya! Agar tidak terjadi penolakan, kamu harus pastikan nama pemilik rekening dan nomor rekening sudah sesuai dengan data bank kamu.
 

5. Ubah status tamat

Q : gimana caranya ubah status tamat ya? Apa harus ke editor?
A : Saat ini untuk ubah status menjadi tamat, kamu bisa langsung ubah sendiri melalui aplikasi atau web author.novelme.com ya namun pastikan aplikasinya sudah versi terbaru.
Langkah-langkah ubah status tamat
(Melalui web) :
  • Klik atur novel
  • Pilih novel yang ingin ditamatkan
  • Pada bagian bawah “status novel”, kamu bisa ubah menjadi tamat jika ingin ditamatkan
  • Pastikan sudah baca informasi yang tertera
 
  • Jika sudah memahami informasi yang tertera, kamu bisa klik lanjutkan dan status akan berubah menjadi tamat.
 
(Melalui apps) :
  • Klik icon penulis
  • Pilih novel yang ingin kamu tamatkan
  • Klik icon bergambar pensil seperti contoh terlampir
  • Pada bagian pojok kanan atas, klik selesai
  • Pastikan sudah baca informasi yang tertera
  • Jika sudah memahami informasi yang tertera, kamu bisa klik lanjutkan dan status akan berubah menjadi tamat.
Catatan :
Perlu dipahami juga, jika bukunya sudah tamat, kamu tidak bisa tambah bab lagi ya namun masih bisa edit detail novelnya.
 

6. Cara jadi penulis

Hai Sobat! Terima kasih atas antusiasme kamu dengan NovelMe. Untuk menjadi penulis, kamu tinggal buat akun kemudian bisa mulai menulis ya. Informasi lengkap mengenai kompetisi dan lainnya kamu bisa baca juga di https://www.novelme.com atau bisa langsung tanya ke Ambassador NovelMe.
Kontak Ambassador NovelMe bisa kamu cek di https://www.novelme.com/na . Nanti akan dibimbing oleh ambassador ya jika kamu penulis baru. Perlu diingat bahwa pendaftaran bersifat GRATIS ya kak. Tidak dipungut biaya apapun 🙂
 
 
 
close

Halo, sobat NovelMe..
Mau mendapatkan informasi terbaru dari NovelMe? Yuk ikut newsletter. Yang ikutan akan ada undian koin NovelMe untuk kamu loh. Caranya mudah, isi data kamu dibawah ini, klik "Daftar". Setelah itu konfirmasi pendaftaran kamu di email yang kamu daftarkan tadi. Mudah kan? ayo ikutan...