Cara Menciptakan Tokoh dalam Novel yang Anda Tulis

Cara Menciptakan Tokoh dalam Novel yang Anda Tulis

Cara Menciptakan Tokoh dalam Novel yang Anda Tulis

Cara menciptakan tokoh dalam sebuah novel tentunya harus Anda pelajari sebelum Anda menulis novel, pasalnya ini memang merupakan satu hal yang krusial dalam proses kepenulisan. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa tokoh adalah fokus utama dalam sebuah cerita di dalam novel.

Karena itu Anda harus bisa membuat karakter yang bagus dan bisa melekat di hati pembaca. Saat menulis novel maka tokoh akan menjadi pihak yang menjalankan masalah-masalah yang ada dalam cerita, kemudian dari sini nantinya akan terbentuk pula alur cerita.

Dengan ini berarti tokoh memang benar memiliki peranan amat penting karena berkaitan dengan konflik, penyelesaian masalah, serta alur. Pembentukan sosok tokoh tidak bisa dilakukan dengan asal karena hal ini nantinya akan memengaruhi ini novel.

Membuat Karakter dari Tokoh Nyata

Cara menciptakan tokoh yang pertama adalah, Anda bisa mengambil karakter ini dari tokoh nyata, misalnya publik figur seperti pahlawan, pebisnis sukses, atau siapa saja. Misalnya saat Anda menemui seseorang yang sisi hidupnya amat menginspirasi maka Anda bisa menjadikannya sebagai tokoh dalam cerita.

Namun tentunya nanti dalam alur perlu dibumbui sedikit. Sebenarnya jika mengambil karakter dari tokoh nyata, bisa dibilang penulis akan lebih mudah dalam menulis. Pasalnya dengan mengambil tokoh nyata hanya perlu melakukan penyesuaian sedikit, tidak perlu membuat karakter benar-benar dari nol.

Jika sudah demikian Anda bisa percaya diri membagikannya pada para pembaca. Salah satu tempat Anda bisa mendapatkan pembaca adalah dengan mengupload karya novel Anda pada platform web novel. Saat ini pun sudah ada aplikasi karya anak bangsa untuk menulis novel.

Membuat Tokoh yang Berkarakter Kuat

Syarat membuat sebuah tokoh yang kuat dalam novel adalah, ia harus memiliki karakter yang lengkap, rounded, dan harus sesuai dengan manusia di dunia nyata.  Dia harus memiliki sifat-sifat umum yang dimiliki manusia.

Misalnya memiliki ambisi, bisa marah, bisa bersedih, riang, ramah, galak, dan alin sebagainya sesuai karakter nyata. Jadi cara menciptakan tokoh yang kuat adalah, Anda harus terlebih dahulu membuat biografi untuk tokoh-tokoh tersebut.

Misalnya, siapa namanya, berapa usianya, apa jenis kelaminnya, apa pendidikannya, siapa saja keluarganya, dan masalah apa saja yang ia hadapi dalam cerita nanti. Buat jalan hidup tokoh tersebut.

Penting Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Kami sarankan Anda melakukan riset mengenai ilmu psikologi umum yang membahas tentang ilmu kepribadian setiap tokoh. Hal ini agar nantinya para tokoh dapat menghadapi tahu menyelesaikan konflik yang ada sesuai dengan karakter.

Dengan demikian maka Anda bisa membuat refleksi yang kuat pada tokoh-tokoh di novel Anda. Penting diingat bahwa Anda harus memahami cara menciptakan tokoh yang masuk akal. Pasalnya meskipun novel adalah karya fiksi tapi para pembaca yang membaca novel akan selalu merefleksikan cerita tersebut dalam dunia nyata.

Anda tahu bahwa dalam novel perlu lebih dari satu tokoh, karena itu Anda bisa melakukan observasi pada teman-teman Anda atau tokoh-tokoh yang ada di drama favorit. Dari sana akan ada beragam tokoh yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

Cara menciptakan tokoh berikutnya, Anda harus bisa menyesuaikan karakter tersebut dengan alur cerita yang dibuat. Karena ada banyak sekali karakter di dunia ini, maka tidak mungkin satu tokoh memiliki semua karakter tersebut, bukan?

Membuat karakter memang sangat memengaruhi bagaimana nanti hasil akhir dari novel Anda, karena itu penting untuk memahami cara membangun sebuah karakter. Jika sudah bisa membuat sebuah karakter, Anda akan siap jika mengikuti kompetisi Next Top Writer di Novelme yang memiliki banyak hadiah.

Selama penulis rajin update, pasti ada jalan karena di sini bahkan pernah payout sampai 40 juta hanya dalam satu bulan. Terutama bagi Anda yang kini sedang merintis untuk menulis novel. Jadi, jika Anda hendak menulis novel, pastikan untuk memahami cara menciptakan tokoh dengan baik.