Ketahui Cara Penulis Novel Menghindari Plot Hole

Ketahui Cara Penulis Novel Menghindari Plot Hole

Penulis novel memiliki banyak cara agar tulisan yang dibuat menjadi menarik. Dalam pembuatan sebuah cerita, alur atau plot menjadi hal penting dalam membuat jalannya cerita menarik. Namun ada kalanya saat membaca cerita pembaca akan seperti jika bagian dari cerita ada yang hilang. Itu berarti ada plot hole dalam cerita.

Pole hole bagi penulis merupakan suatu masalah sebab cerita yang disampaikan menjadi terasa berlubang. Hilangnya alur dalam cerita atau plot hole membuat cerita menjadi lebih sulit dipahami atau kehilangan kelogisan. Dari mulai cerita menjadi tidak logis hingga mungkin terjadinya kontradiksi. Karakter dalam cerita dapat menjadi lemah akibat plot hole.

Untuk mengembangkan cerita penulis dapat belajar dari penulis sebelumnya. Anda dapat menggunakan aplikasi menulis NovelMe untuk mengembangkan cerita dan menghindari plot hole. Aplikasi ini merupakan aplikasi menulis dengan payout dan kompetisi menulis yang beragam buatan anak bangsa. Sementara itu, beberapa cara penulis dalam menghindari plot hal perlu diketahui.

Cara Menghindari Plot Hole dalam Cerita

Ada banyak cara bagi penulis novel untuk menghindari keberadaan plot hole. Salah satu cara untuk menghindarinya yaitu dengan memperkecil segala bentuk kebetulan. Sebelum membuat cerita, ada baiknya penulis menjawab semua pertanyaan dalam cerita. Semua pertanyaan dari terkecil hingga besar harus terjawab dahulu agar tidak meninggalkan plot hole.

Menghindari lompatan waktu dalam pembuatan novel juga perlu dilakukan agar tidak terjadi plot hole. Caranya yaitu dengan memberi petunjuk mengenai hari, tahun dan segala sesuatu yang berhubungan tentang waktu. Urutan waktu yang logis perlu dipastikan dalam cerita sebab urutan waktu sering menjadi penyebab utama terjadinya plot hole.

Perilaku karakter juga dapat menjadi penyebabnya terjadinya plot hole. Jika tindakan tokoh tidak sesuai karakter dan kepribadian dapat menjadi sebuah plot hole. Untuk menghindari terjadinya plot hole pada penulisan tokoh, memeriksa detail dan konsistensi karakter perlu dilakukan. Perilaku tokoh harus disesuaikan dengan karakter yang sudah dijelaskan di awal cerita.

Bagi pembaca, utamanya pembaca web novel keberadaan plot hole ini tentunya dapat sangat mengganggu. Pembuatan cerita yang kuat dapat menjadi salah satu solusi untuk menghindari terjadinya plot hole. Cara membuat cerita yang kuat dapat dimulai dengan kerangka atau rancangan plot sebelum menulis agar alur konsisten.

Alasan Terjadinya Plot Hole

Selain mengetahui cara menghindari plot hole, penulis juga perlu tahu penyebab terjadinya masalah tersebut. Salah satu alasan paling besar yang menjadi penyebab adalah jalan cerita tidak masuk akal. Jalan cerita yang tidak masuk akal ini terjadi karena adanya pertentangan antara tema cerita dengan karakter tokoh.

Pertentangan tema cerita dan karakter tokoh dapat membuat sebuah plot hole yang cukup besar. Perubahan tiba-tiba pada tema dan karakter juga dapat menjadi penyebab terjadinya plot hole. Penulis novel perlu menghindari perubahan tiba-tiba dalam pembuatan cerita agar plot hole tidak perlu terjadi dan cerita tetap menarik.

Alur cerita yang rancu juga dapat disebabkan oleh kesalahan yang berulang. Hal ini sangat sering ditemui dalam sebuah cerita. Bentuknya juga dapat bermacam-macam dari mulai karakter tokoh, setting tempat dan waktu serta lain sebagainya. Plot hole tidak hanya dapat terjadi sekali saja, namun bisa berulang-ulang.

Plot merupakan suatu hal yang penting dalam pembuatan sebuah ceritanya. Terjadinya plot hole dapat menjadi sebuah masalah tidak hanya pada cerita namun juga pada penulis. Plot hole ini keberadaannya perlu dihindari dengan mengenali penyebab terjadinya. Penting bagi penulis novel menghindari plot agar tidak mengganggu cerita.

Gambar: Freepik

Leave a Reply