Ketahui Karakteristik dan Unsur Novel, Ciptakan Karya yang Menakjubkan
Karakteristik dan Unsur Novel

Ketahui Karakteristik dan Unsur Novel, Ciptakan Karya yang Menakjubkan

Sebagai Novelis pemula, karakteristik dan unsur novel wajib dikuasai untuk menciptakan karya yang memuaskan. Novel sangat berbeda dengan karya sastra lainnya, baik itu cerpen, puisi, maupun flash fiction. Karena novel merupakan karya sastra yang ceritanya lebih panjang.

Novel mempunyai berbagai jenis yang dikelompokan berdasarkan dalam beberapa hal. Salah satunya berdasarkan kejadiannya, yaitu novel fiksi dan non fiksi. Sedangkan berdasarkan genrenya, ada novel romantis, horor, komedi, misteri, thriller, hingga novel inspiratif yang bisa menjadi inspirasi bagi para pembaca.

Karakteristik dan unsur novel sangat penting untuk menciptakan cerita yang menarik dan diterima oleh pembaca. Poin penting dalam menulis novel adalah bagaimana tulisan Anda bisa diterima dan dibaca oleh orang lain. Oleh karena itu, pahami dan kuasai terlebih dahulu unsur yang terkandung dalam novel.

Karakteristik dari Novel

Novel mempunyai karakteristik khusus yang harus diketahui sebelum merangkai cerita. Cerita dalam novel ditulis dengan penjelasan atau narasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Narasi tersebut didukung dengan gambaran suasana kejadian dalam cerita yang membentuk alur cerita yang kompleks yang jelas.

Untuk jumlah kata dalam novel, biasanya sekitar 10.000 kata dengan jumlah halaman minimal 100. Jumlah kata tersebut membuat novel yang standar dan nyaman dibaca selama 2 jam. Karakteristik dan unsur novel lain adalah skala dan cakupan yang lebih luas daripada cerpen. Novel lebih bersifat realistis karena yang mengetahui situasi lebih dalam adalah penulisnya.

Setiap orang bisa menulis novel sesuai jenis dan genre yang diinginkan. Apalagi dengan adanya aplikasi NovelMe yang dapat dijadikan sarana terbaik untuk menulis novel. Aplikasi ini sangat cocok untuk para penulis pemula yang ingin meningkatkan skill di dunia literasi. Karena bisa mengikuti kompetisi Next Top Writer dengan hadiah yang menarik.

Unsur Intrinsik Novel

Unsur intrinsik merupakan unsur yang ada didalam cerita. Diantaranya ada tema atau ide pokok yang mendasari jalan cerita dalam novel. Dari ide tersebut akan dikembangkan menjadi beberapa bab dengan kejadian atau peristiwa didalamnya. Selanjutnya ada setting yaitu latar belakang yang menjelaskan jalan cerita.

Karakteristik dan unsur novel dalam setting diantaranya tempat, waktu, dan sosial budaya. Ada sudut pandang orang pertama, tokoh bawahan, dan juga sudut pandang impersonal. Untuk menentukan sudut pandang tersebut didasarkan pada cerita yang akan disampaikan dalam novel.

Alur atau plot adalah rangkaian kejadian atau peristiwa dalam cerita. Alur ada dua jenis yaitu alur progresif yang bergerak bertahap dan alur flash back yang sedang berlangsung. Unsur intrinsik tidak pernah lepas dari penokohan yang menggambarkan karakter tokoh dalam novel.

Unsur Ekstrinsik Novel

Unsur ekstrinsik berbeda diluar novel yang tidak berhubungan dengan unsur intrinsik. Unsur ini bertujuan untuk membantu memberikan penafsiran yang lebih akurat dan jelas pada karya sastra, termasuk novel. Sehingga pembaca dapat mengetahui alasan dan latar belakang mengapa novel tersebut dibuat.

Dalam unsur ekstrinsik, terdapat sejarah dan latar belakang pembuatan novel. Tidak lupa mencantumkan biografi penulis novel sebagai bentuk apresiasi terhadap karya yang sudah diciptakan. Semua unsur tersebut tidak berkaitan dengan kejadian yang ada dalam novel atau karya sastra.

Saat ini menulis novel dapat dilakukan melalui aplikasi canggih karya anak bangsa yaitu web novel. Semua ide yang ada dalam pikiran Anda bisa dituangkan dalam aplikasi tersebut untuk membuat karya yang menakjubkan. Namun, jangan lupa mempelajari karakteristik dan unsur novel agar karya yang diciptakan lebih berkualitas.

Gambar: Freepik

Leave a Reply