Cara Membuat Judul Novel yang Menarik Perhatian Pembaca
Cara Membuat Judul Novel yang Menarik Perhatian Pembaca

Cara Membuat Judul Novel yang Menarik Perhatian Pembaca

Membuat judul novel adalah tahap yang sangat penting dari langkah pembuatan suatu novel. Sama saja seperti nama yang dimiliki oleh manusia, judul ini merupakan identitas dari novel tersebut karena pembaca akan mengingat judul sehingga sebagai saat penulis membuat judul harus dipikirkan dengan baik dan matang.

Ada banyak sekali jenis judul yang telah dibuat oleh penulis terkenal untuk buku – bukunya. Ada judul yang sesuai dengan tema cerita bahkan ada judul yang sengaja dibuat tidak nyambung dan pemilihan katanya terkesan nyeleneh sehingga hal itulah yang menjadi poin menarik bagi para pembaca.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pembaca memilih bacaan mereka melalui judul bukunya karena saat pertama kali melihat di toko atau web novel, hal yang pertama kali dilihat adalah judul tersebut sehingga memang harus menarik. Dengan judul tersebut, akan membuat pembaca menilai bahwa buku tersebut memang menarik.

Judul Unik dan Berbeda

Saat membuat judul novel Anda harus membuatnya unik. Unik maksudnya pasti berbeda dengan judul lain dan tak mengikuti orang sehingga judul yang Anda buat memang benar – benar milik Anda. Belakangan ada saja orang yang membuat judul dengan mengikuti buku lain sehingga tidak unik lagi.

Jangan pernah meniru judul atau karya orang lain karena akan membuat diri Anda merugi. Anda bisa lihat di aplikasi novelMe buatan Indonesia, dimana banyak sekali novel terbaik yang memiliki judul unik. Para penulis di aplikasi tersebut memang sangat kreatif dan handal saat menulis seperti Anda.

Anda juga bisa berlatih menulis di aplikasi tersebut karena dapat menghasilkan banyak keuntungan melalui kompetisi Next Top Writer yang akan memberikan Anda banyak hadiah. Anda dapat memperolehnya bila Anda rajin update. Aplikasi ini adalah aplikasi terbaik bahkan pernah payout hingga 40 juta hanya dalam sebulan.

Memiliki Ciri Khas

Suatu novel akan unik bila memiliki ciri khas tersendiri. Anda bisa melihatnya pada novel best seller yang telah terbit, seperti novel karya Raditya Dika. Judul yang dipilih selalu memiliki ciri khas nama binatang pada tiap judulnya seperti Cinta Brontosaurus, Marmut Merah Jambu, dan sebagainya.

Misalkan karya Anda berkisah mengenai seseorang yang kuliah di Jerman dan mendambakan jodoh di sana, maka judulnya bisa Mencari Cinta di Jerman. Contoh tersebut paling sederhana dan dapat dikemas lebih unik sesuai kreativitas Anda asalkan dapat dipastikan original serta belum ada judul yang sama.

Bisa juga membuat judul novel seperti pada Dua Garis Biru. Judul tersebut membuat para penikmatnya bertanya – tanya dan baru terungkap di akhir cerita. Dimana tokoh pemeran mengira tanda dua garis biru di test pack menunjukkan bahwa bayi yang dikandung adalah laki – laki.

Judul yang Heboh

Sebenarnya judul memang sesuai selera penulis dan tujuan dari karya tersebut. Namun memang tidak bisa dipungkiri jika judul yang heboh memang akan lebih menarik perhatian para pembacanya. Judul heboh bukan berarti Anda harus menggunakan huruf besar atau menggunakan banyak tanda seru agar terkesan bombastis.

Namun terdapat dalam pemilihan kata sehingga membuat pembaca tertarik dan bertanya – tanya mengenai isinya. Misalnya judul pada karya best seller Surga yang Tak Dirindukan, Jangan Panggil Aku Monyet, Seni Untuk Bersikap Bodo Amat, dan lain sebagainya. Mereka menggunakan pemilihan kata yang heboh dan kaya makna

Hal tersebut membuat banyak pembaca tertarik hanya dengan melihat judulnya saja. Walaupun judulnya heboh namun Anda harus pastikan bahwa judul tersebut memang berkaitan dengan novel yang Anda buat. Jangan hanya memikirkan membuat judul novel namun juga kualitas isi cerita karena hal itulah yang menjadi daya tarik utamanya.

Gambar: Freepik

Leave a Reply