5 Perempuan Penulis Novel Terbaik dan Legendaris di Indonesia
5 Perempuan Penulis Novel Terbaik dan Legendaris di Indonesia

5 Perempuan Penulis Novel Terbaik dan Legendaris di Indonesia

Menjadi penulis novel terbaik mungkin menjadi impian sebagian besar orang. Menulis tidak hanya menjadi sebuah hobi namun, juga bisa menjadi sebuah pekerjaan yang dapat menghasilkan banyak uang. Bagi Anda yang memiliki kemampuan menulis teruslah belajar dan mengembangkan kemampuan Anda.

Banyak orang yang menjadi sukses melalui karya tulis yang dibuatnya. Tidak ada batasan usia atau jenis kelamin untuk menjadi seorang penulis novel yang sukses. Semua orang bisa menjadi penulis terbaik yang memiliki karya-karya berkualitas. Kunci untuk menjadi penulis novel yang sukses adalah terus berusaha dan pantang menyerah.

Di Indonesia banyak penulis novel yang sangat menginspirasi yang bisa dilihat pada web novel. Dari zaman dahulu, novel sudah menjadi karya tulis yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Banyaknya peminat novel, semakin meningkatkan semangat penulis untuk terus menghasilkan lebih banyak karya. Berikut ini adalah penulis perempuan di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi Anda.

5 Perempuan Penulis Novel Terbaik di Indonesia

Bagi orang-orang kelahiran tahun 1990-an nama Nh. Dini mungkin terdengar asing. Penulis bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin merupakan orang Indonesia yang meraih penghargaan atas hasil karyanya di kancah internasional. Perempuan berdarah bugis ini awalnya memiliki cita-cita sebagai seorang masinis namun, tidak disangka kemampuan yang dimilikinya membuat dirinya berhasil menjadi penulis sukses.

Beliau berhasil mendapatkan penghargaan SEA Write Award dalam bidang sastra. Penghargaan tersebut diperoleh di tahun 2003 dan diberikan oleh pemerintah Thailand. Nh. Dini merupakan seorang penulis yang memiliki jiwa feminism tinggi sehingga hasil karyanya banyak membahas mengenai perempuan dan kesetaraan gender. Salah satu karya terbaik milik Nh. Dini berjudul “Pada Sebuah Kapal”.

Mira W menjadi penulis Indonesia berikutnya yang sangat menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya. Sebelum menjadi seorang penulis, ia berprofesi sebagai dokter. Cerita-cerita yang diangkat bertema roman, criminal, hingga cerita mengenai kehidupan di rumah sakit. Novel milik Mira W yang memiliki penjualan tertinggi berjudul “Disini Cinta Pertama Kali Bersemi”.

Berikutnya adalah Asma Nadia, seorang penulis perempuan yang kerap menulis cerita dengan tema religi. Cerpennya miliknya dengan judul “Imut dan Koran Gondrong” menjadi karya yang mengawali karirnya sebagai penulis. Cerita pendek tersebut berhasil mendapat juara dalam lomba menulis cerita pendek islami di tingkat nasional.

Ayu Utami seorang penulis perempuan hebat asal Indonesia merupakan lulusan Universitas Indonesia. Perempuan bernama lengkap Justina Ayu Utami mengawali karirnya sebagai penulis melalui novel berjudul “Saman”. Novel tersebut berhasil memenangkan sayembara penulisan roman Dewa Kesenian Jakarta.

Dewi Lestari Simangunsong atau yang lebih dikenal sebagai Dee merupakan seorang penulis dan juga seorang penyanyi. Dee sudah memulai kegiatan menulis saat menjadi seorang penyanyi. Sebagai penulis novel terbaik, Namanya mulai dikenal melalui karyanya yang berjudul “Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh”.

Memulai Menjadi Penulis Melalui Kompetisi

Dari 5 penulis perempuan di atas, 2 di antaranya mengawali karir sebagai penulis novel melalui sebuah kompetisi. Kompetisi menjadi salah satu jalan bagi Anda untuk mulai mencoba fokus dipenulisan novel. Anda mendapatkan keuntungan lebih dengan mengikuti sebuah kompetisi menulis. Beberapa kompetisi juga menawarkan hadiah yang cukup fantastis.

NovelMe adalah salah satu aplikasi untuk penulisan novel yang mengadakan kompetisi menulis. Semakin berkembangnya zaman, juga membuat adanya perbedaan dalam beberapa karya tulis. Seperti contoh, saat ini jumlah website novel sudah semakin banyak. Perkembangan ini bertujuan untuk memudahkan akses novel.

Penulis-penulis dengan karya terbaiknya dapat Anda jadikan inspirasi untuk mencapai impian sebagai seorang penulis. Kuncinya selama penulis rajin update, pasti ada jalan untuk berhasil. Informasi selalu berkembang, Anda hanya perlu mencari dan mempelajarinya untuk menjadi penulis novel terbaik.

Gambar: Freepik

Leave a Reply