Merancang Plot Twist Novel yang Menarik Meningkatkan Kualitas
Merancang Plot Twist Novel yang Menarik Meningkatkan Kualitas

Merancang Plot Twist Novel yang Menarik Meningkatkan Kualitas

Plot twist novel adalah perubahan suatu plot atau cerita dalam sebuah novel secara mendadak dan tajam. Plot twist juga dapat ditemukan di film, komik, sinetron, bahkan cerita dalam suatu game yang Anda mainkan sehingga para pembaca atau penikmat karyanya menjadi lebih tertarik.

Plot twist biasanya dibuat oleh penulis untuk meningkatkan rasa tertarik pembaca dengan mengungkapkan hal yang tidak disangka sebelumnya. Bahkan plot twist sering kali membuat nilai suatu karya menjadi lebih berkelas karena alur cerita yang tidak itu – itu saja dan menaikkan kualitas dari cerita tersebut.

Sebuah plot twist dapat diungkapkan secara jelas atau bahkan disamarkan pada isi cerita. Semua hal tersebut tergantung pada tujuan penulis namun tentunya harus dirancang dengan baik. Anda dapat melihat beberapa contoh plot twist pada karya yang ada di web novel berkualitas baik.

Jenis Plot Twist

Sebelum membahas mengenai merancang plot twist novel yang menarik, Anda harus tahu bahwa ada berbagai macam plot twist. Jenis plot twist pertama adalah Anagnorisis yaitu pengungkapan karakter yang tidak terduga sehingga menimbulkan pertanyaan dan membuat pembaca terkejut seperti pada novel Gone Girl karya Gillian Flynn.

Unreliable Narrator yaitu narator manipulasi cerita yang membuat plotnya berubah tajam dan menyesatkan. Hal ini membuat pembaca terus menebak dan tidak henti membaca. Lalu ada jenis Deus ex Machina yaitu kemunculan yang tidak disangka seperti tokoh, event, kemampuan, atau alat yang dapat menyelesaikan masalah.

Kemudian ada Chekhov’s Gun, yang membuat suatu karakter atau objek terlihat tidak berguna namun ternyata sangat penting di waktu tertentu. Lalu yang terakhir adalah Non Linear Narrative, dimana plot diungkapkan tidak urut sesuai kronologi sehingga para pembaca harus mengurutkan plot twistnya sendiri.

Merancang Plot Twist Unik

Anda harus bisa membuat plot twist seunik mungkin sehingga novel Anda memiliki kualitas yang baik. Anda harus banyak baca buku best seller yang memiliki plot twist terbaik dan mulai menulis menggunakan novelMe, aplikasi terbaik karya anak bangsa untuk menulis novel yang dapat memberikan keuntungan.

Saat ini aplikasi tersebut sedang mengadakan kompetisi Next Top Writer yang akan memberikan Anda banyak hadiah. Selama Anda rajin update, pasti ada jalan untuk kemenangan Anda. Aplikasi ini adalah yang terbaik bahkan pernah payout hingga 40 juta hanya dalam waktu sebulan hingga sangat terpercaya.

Anda harus berlatih dan mencari referensi melalui aplikasi tersebut dengan mengeksekusinya dengan sangat cerdas. Pastikan plot twist novel yang Anda buat menjadi unik dan bergerak maju serta tentunya tidak mengabaikan cerita sehingga pembaca tidak merasa bosan dan merasa terkejut saat membacanya.

Perhatikan Waktu Plot Twist

Keberadaan plot twist harus membuat situasi dalam cerita  menjadi menarik bukan hanya dari bobot ceritanya, namun juga waktu yang pas untuk mengeluarkan plot twist tersebut. Hal yang sangat baik dilakukan ketika membuat plot twist adalah Anda harus menyamarkannya sehingga ketika terungkap akan masuk akal.

Plot twist akan sangat berhasil bila masih sesuai dengan jalannya cerita, menegangkan, tidak terduga, dan membuat pembaca semakin tertarik untuk meneruskannya. Namun bila pembaca sudah dapat menebak plot twist yang akan Anda beri,  Anda harus bisa mengalihkan situasi sehingga menjadi menarik.

Anda bisa mengeluarkan plot twist untuk mengubah nasib sang tokoh, mengungkapkan sisi lain dari tokoh, mendorong tokoh beraksi dan sebagainya. Namun yang harus Anda ingat adalah berhati – hatilah pada plot twist antiklimaks karena bisa menurunkan ekspektasi pembaca saat membaca plot twist novel Anda.

Gambar: Freepik

Leave a Reply