Trik Jitu Mengatasi Writer’s Block Tanpa Basa Basi
Trik Jitu Mengatasi Writer's Block Tanpa Basa Basi

Trik Jitu Mengatasi Writer’s Block Tanpa Basa Basi

Mengatasi writer’s block kini bisa Anda atasi dengan sangat mudah. Writer’s block biasanya dialami oleh para penulis pada saat sedang membuat sebuah karya. Kondisi tersebut akan terjadi pada saat penulis mengalami kebuntuan atau tidak memiliki ide untuk bisa kembali melanjutkan tulisannya. Writer’s block sendiri bisa terjadi kapan saja baik di awal, ditengah ataupun di akhir pengerjaan menulis.

Pertanda Anda mengalami kondisi writer’s block maka Anda akan merasakan seakan-akan kehabisan ide atau pikiran seperti terblokir dan tiba-tiba berhenti tanpa bisa menuliskan kata-kata untuk novel Anda. Bahkan kondisi ini juga sering menyerang penulis professional. Seperti yang dialami penulis terkenal J. K Rowling saat menulis buku Harry Potter.

Oleh sebab itu, Anda tidak perlu merasa bingung ataupun khawatir jika mengalaminya. Karena kondisi ini merupakan suatu hal normal dan menjadi pertanda atau signal dari otak yang terlalu penat. Untuk mengatasi writer’s block Anda bisa beristirahat selama beberapa saat dan hindari untuk memaksakan diri karena justru akan membuat tulisan Anda tidak berkualitas.

Cara Atasi Writer’s Block Dengan Mudah

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami writer’s block saat menulis web novel, yaitu sebagai berikut:

  1. Segarkan pikirkan terlebih dahulu

Ketika Anda berada didepan komputer sepanjang hari dan terus menulis maka bukan hanya badan yang merasakan lelah, akan tetapi otak juga akan penat. Tidak jarang kondisi ini menyebabkan Anda kehilangan ide untuk menulis. Oleh sebab itu Anda perlu rehat sejenak dan segarkan pikiran Anda terlebih dahulu dengan berjalan-jalan mencari udara segar agar otak Anda lebih relax.

  • Berhenti menulis sejenak

Salah satu cara untuk mengatasi writer’s block ialah dengan berhenti menulis sejenak. Anda bisa meninggalkan ruang kerja Anda kemudian pergi keluar. Hilangkan berbagai macam hal yang mengganggu otak Anda. Akan tetapi Anda perlu menghindari berhenti terlalu lama dan jangan sampai tulisan Anda terbengkalai. Ingat Anda hanya perlu berhenti sejenak.

  • Merombak outline yang sudah dibuat

Untuk mempermudah Anda menulis karya fiksi maka Anda bisa membuat outline terlebih dahulu, kemudian baru dikembangkan. Namun ketika Anda dihampiri writer’s block maka cobalah untuk meninjau kembali outline yang sudah dibuat. Teliti kembali apakah terdapat permasalahan yang membuat fokus Anda terhenti.

  • Cari tempat menulis yang nyaman

Jika diri Anda sudah merasa semakin relax, maka Anda bisa berpindah tempat untuk menulis. Carilah tempat menulis yang nyaman dan bisa memunculkan inspirasi Anda kembali seperti di teras, di taman dengan udara sejuk atau ke cofee shop. Sehingga Anda bisa mengatasi writer’s block dan kembali bersemangat untuk melanjutkan tulisan.

Cari Golden Time Untuk Menghindari Writer’s Block

Setiap orang tentu memiliki karakter serta minat menulis masing-masing. Ada orang yang suka menulis dengan di selingi suara-suara lirih atau bahkan dalam keadaan ramai. Namun ada juga orang yang lebih nyaman menulis dengan keadaan sepi tanpa suara. Karena itu Anda perlu menganalis sendiri, tipikal seperti apa diri Anda untuk bisa menentukan kondisi nyaman untuk menulis.

Selain itu, Anda juga harus pandai-pandai untuk menggunakan media pendukung penulisan seperti aplikasi NovelMe dan menulis di waktu yang tepat. Gunakan waktu yang Anda anggap sebagai prime time untuk menulis sehingga Anda tidak akan mengalami writer’s block. Seperti waktu tengah malam atau pagi-pagi setelah tidur.

Upayakan menulis di waktu paling nyaman karena akan membuat Anda bisa memunculkan ide-ide baru dan mampu melanjutkan tulisan dengan sangat mudah. Di satu sisi lain Anda akan sukses untuk mengatasi writer’s block dengan sangat mudah.

Gambar: Freepik

Leave a Reply