Inilah Sederet Tips Menulis Novel untuk Pemula
Inilah Sederet Tips Menulis Novel untuk Pemula

Inilah Sederet Tips Menulis Novel untuk Pemula

Tips menulis novel untuk pemula tentunya menjadi satu hal yang ingin diketahui oleh banyak orang awam yang ingin mulai belajar menulis novel. Dalam menulis novel sebenarnya memang bukan hal yang memiliki patokan khusus, namun jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, novel Anda akan lebih enak dibaca.

Menjadi seorang penulis terkadang memang merupakan impian banyak orang, dan mungkin salah satunya adalah Anda. Menulis novel selain untuk melengkapi hoby juga menjanjikan penghasilan untuk para penulisnya apabila karya-karya yang ditulis dapat terbit.

Kini tidak perlu menunggu penerbit mayor agar novel Anda bisa dinikmati banyak orang, karena kini ada platform web novel yang bisa dimanfaatkan. Ada pula aplikasi karya anak bangsa untuk menulis novel.

Proses Awal Menulis Sebuah Novel

Proses awal menulis sebuah novel merupakan satu hal yang sangat penting dan krusial, entah itu untuk seorang penulis pemula maupun seorang penulis master. Pasalnya pada tahap ini Anda akan menentukan seluruh fondasi dasar dari tulisan Anda.

Jadi jika Anda tidak bisa membuat fondasi yang kuat dan baik, maka novel Anda  juga tidak akan bagus. Penting bagi Anda untuk memerhatikan tips menulis novel yang satu ini, pasalnya tujuan dari menentukan fondasi yang baik untuk tulisan adalah agar tulisan Anda nantinya dapat dinikmati secara enak oleh para pembaca.  

Ingat bahwa seorang penulis memiliki tugas untuk berbagi perasaan dengan para pembaca. Jadi, usahakan Anda buat kalimat-kalimat sebaik mungkin sehingga perasaan yang Anda tulis dapat tersampaikan dan menyentuh para pembaca.

Tahap Pra Menulis Novel

Jika Anda ada di tahap ini maka penting bagi Anda untuk mencari ide dan menentukan tema apa yang akan Anda pakai untuk tulisan Anda. Jadi ide merupakan suatu gambaran yang sangat umum untuk novel yang akan ditulis. Sedangkan tema adalah sesuatu yang lebih spesifik dari tema.

Harus penulis ingat bahwa sebenarnya ide tidaklah harus orisinil. Anda bisa menggunakan ide-ide mainstream dari buku yang pernah Anda baca, dari film yang pernah Anda tonton, atau dari lagu yang pernah Anda dengarkan. Ide itu luas tinggal bagaimana Anda mau mengolahnya. Ingat ya Anda boleh terinspirasi tapi tidak boleh menjiplak.

Tahapan yang Perlu Dilalui Penulis Novel

Menulis novel memerlukan langkah dan tahapan yang terstruktur agar mampu menghasilkan karya yang baik. Anda bisa menerapkan beberapa tahapan di bawah ini ketika akan mulai menulis novel.

  1. Penyusunan Kerangka Novel

Tips menulis novel yang satu ini juga penting untuk Anda perhatikan. Karakter adalah sesuatu yang identik dengan novel anda, karena itu baiknya Anda membuat karakter yang unik, dan pastikan membuat para pembaca merasa penasaran. Dari karakter ini pula nantinya alur cerita akan dapat dibangun dengan baik.

Saat Anda membuat karakter pastikan Anda menulis dengan detail mengenai karakter tersebut, misalnya apa jenis kelamin karakter tersebut, bagaimana kepribadiannya, bagaimana ciri fisiknya, kebiasaannya, atau kepribadiannya. Sehingga para pembaca dapat mengimajinasikan tokoh tersebut.

  • Tentukan Sudut Pandang yang Ingin Digunakan

Ada beberapa sudut pandang novel, misalnya orang pertama pelaku utama, atau orang ke tiga pelaku utama, dan lain-lain. Dalam tips menulis novel kali ini kami sarankan Anda memilih sudut pandang yang paling membuat Anda nyaman ketika bercerita. Karena dari pemilihan sudut pandang ini akan menentukan keluwesan Anda dalam bercerita di novel.

  • Menentukan Alur atau Plot

Alur adalah sesuatu yang akan menentukan ke mana arah cerita Anda akan dibawa. Anda bisa memilih alur maju, alur mundur, atau menggabungkan keduanya. Dalam membuat alur Anda harus juga harus jeli agar pembaca tidak kebingungan, baiknya buat gambaran kalimat-kalimat yang jelas.

Setelah seluruh langkah-langkah di atas Anda pahami, maka Anda siap untuk menulis novel. Dengan kemampuan menulis novel ini, tentu akan mudah memenangkan kompetisi Next Top Writer dengan banyak hadiah-hadiah lainnya. Novelme yang mengadakan kompetisi tersebut bahkan pernah payout sampai 40 juta hanya dalam satu bulan.

Menulis novel membutuhkan persiapan dan langkah tepat dalam memulainya. Anda harus memiliki ide sekreatif mungkin dan memiliki pemahama tentang cara menulis yang baik. Anda bisa memahami dengan baik langkah apa yang harus diambil dengan menggunakan tips menulis novel ini.

Gambar: Freepik

Leave a Reply