Ciptakan Novel Fiksi Unik dan Menarik dengan Snowflake Method
Ciptakan Novel Fiksi Unik dan Menarik dengan Snowflake Method

Ciptakan Novel Fiksi Unik dan Menarik dengan Snowflake Method

Menulis novel fiksi unik dan menarik tidak lagi sulit dengan menggunakan metode Snowflake. Setiap penulis mempunyai ide yang berbeda dalam tulisannya, termasuk saat membuat plot cerita.  Cerita fiksi yang bagus harus dirancang dengan baik dan terorganisir. Agar cerita yang dikembangkan sesuai dengan ide dan imajinasi penulis.

 

Snowflake Method merupakan cara menulis novel dengan menggambarkan kepingan salju. Dimana struktur didalamnya diawali dari skala kecil yaitu ide sentral dan dikembangkan menjadi lebih luas dengan banyak ide lain. Semua ide dituangkan dalam cerita dengan analisis struktur dengan cara yang sama.

 

Dalam membuat novel fiksi unik dan menarik sangat ditentukan dari prosesnya. Karena merancang cerita fiksi tidak hanya bagus, tapi harus kreatif. Sebelum menulis, Anda harus menuangkan semua ide dalam sarana yang bisa digunakan. Baik itu media tulis kertas maupun dokumen, karena ingatan manusia bisa lupa dan salah.

 

Luangkan Waktu untuk Membaca dan Merancang

Untuk membuat cerita yang menarik membutuhkan ide dan inspirasi dari banyak hal, termasuk novel lain. Sehingga luangkan waktu Anda untuk membaca novel fiksi lain sebelum merancang ide atau gagasan. Setelah mendapatkan kesan dan inspirasi, mulai membuat rancangan ide yang berbeda dan lebih unik.

 

Rancangan cerita merupakan gambaran besar novel yang dituang dalam beberapa kalimat padat dan jelas. Dari rancangan tersebut, akan diuraikan menjadi paragraf penuh yang lebih besar. Idealnya, novel fiksi unik dan menarik mempunyai sekitar lima kalimat dalam satu paragraf. Dalam satu kalimat tersebut mengandung alur cerita dan latar belakang yang jelas.

 

Novel terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya perkenalan, konflik, dan ending. Masing-masing bagian mempunyai porsi yang berbeda sesuai alur cerita yang diberikan. Membuat rancangan ini memang sulit, Anda bisa menggunakan bantuan web novel untuk menulis dan mengembangkan ide.

 

Aplikasi karya anak bangsa ini menyediakan berbagai layanan menulis novel secara digital. Anda tidak perlu menyiapkan alat tulis untuk menuangkan ide. Terutama saat  membuat rancangan plot fiksi menjadi beberapa tahap dengan poin masing-masing. Karena menggunakan metode Snowflake, maka diawali dengan poin utama atau sentral.

 

Siapkan Plot Cerita dan Karakter

 

Setelah rancangan ide cerita sudah siap, tentukan alur cerita dari masing-masing bagian. Alur pasti berkaitan dengan tokoh dan karakternya. Karena karakter merupakan bagian paling penting dalam novel. Karakter yang akan menghidupkan alur dan ide cerita sesuai rancangan yang sudah dibuat.

 

Membuat novel fiksi unik dan menarik diawali dengan menentukan karakter utama dan pendukung. Setiap karakter harus mempunyai beberapa unsur diantaranya nama, peran dalam plot cerita, motivasi atau apa yang diinginkan, tujuan secara konkret, konflik yang dialami, dan pencerahan akan apa yang harus dilakukan dalam cerita.

 

Semua unsur karakter tersebut harus kembali pada rancangan awal cerita. Karena rancangan awal merupakan pedoman untuk membuat cerita yang nyambung dan menarik. Setiap langkah dalam metode Snowflake harus memajukan alur yang sudah dibuat ke peristiwa selanjutnya.

 

Meski berpegang pada naskah awal, Anda bisa membuat cerita yang lebih natural dan mengalir. Jika terjadi miss antara plot satu dengan plot lainnya, bisa kembali ke plot awal untuk melakukan revisi. Oleh karena itu, metode ini dibangun dari poin kecil dan dikembangkan menjadi beberapa plot yang lebih besar dan menyatu.

 

Menulis novel fiksi bukan sesuatu yang sulit apalagi dengan adanya aplikasi NovelMe. Aplikasi tersebut dapat membantu Anda untuk menciptakan tulisan yang menarik dengan ide cemerlang. Anda juga bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi menulis novel fiksi unik dan menarik dengan writer lain untuk meningkatkan skill dan pengalaman.

Gambar: Freepik

Leave a Reply