Strategi Terbitkan Novel Unik Berkualitas, Wujudkan Impian Menjadi Novelis
Strategi Terbitkan Novel Unik Berkualitas, Wujudkan Impian Menjadi Novelis

Strategi Terbitkan Novel Unik Berkualitas, Wujudkan Impian Menjadi Novelis

Strategi Terbitkan Novel Unik Berkualitas, Wujudkan Impian Menjadi Novelis

Membuat novel unik berkualitas membutuhkan strategi yang tepat untuk mengembangkan ide menjadi cerita yang menarik. Setiap orang mempunyai ide yang bisa dikembangkan menjadi cerita dengan berbagai alur yang berbeda. Hal utama yang harus dipegang dalam menulis novel adalah yakin bahwa Anda bisa melakukannya.

Penulis hebat pasti memulai langkahnya dengan keyakinan yang kuat bahwa ia bisa membuat novel. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat tulisan yang menarik. Tidak hanya panjang tulisan dan ketebalan halaman, namun alur yang diciptakan harus bagus dan terstruktur.

Dalam novel terdapat drama yang terjadi berkali-kali dengan tokoh yang lebih banyak. Novel unik berkualitas harus menciptakan tokoh dengan karakter yang kuat dan khas. Sehingga dapat menggiring pembaca untuk menikmati cerita tersebut pada titik akhir. Setiap karakter dibangun dengan beberapa unsur diantaranya nama dan peran dalam cerita.

Membangun Ide yang Menarik

Hal utama dalam menulis novel adalah ide yang unik, menarik, dan bisa dikembangkan secara luas. Novel sendiri mempunyai berbagai jenis dan genre, diantaranya novel romantis, petualangan atau thriller, action, persahabatan, misteri, horor, dan masih banyak lagi. Ide utama harus memerhatikan sasaran novel yang akan ditujukan.

Ide harus dikembangkan lebih luas dengan alur, karakter, dan konflik yang terjadi. Semua unsur utama tersebut harus saling berkaitan untuk menciptakan novel unik berkualitas. Setelah semua unsur intrinsik terpenuhi, tidak lupa untuk membangun ending yang mengesankan. Karena dari ending tersebut, pembaca bisa terhipnotis dan terkesan.

Biasanya novelis pemula menuangkan ide dalam kepala saja yang membuat ide tidak beraturan. Oleh karena itu, Anda bisa menulis ide tersebut pada aplikasi NovelMe agar lebih efektif. Aplikasi besutan anak Indonesia ini memberikan fasilitas bagi para pecinta dunia literasi untuk mencurahkan semua ide dan inspirasi.

Tentukan Alur Cerita dan Tokoh

Ide harus diuraikan dalam ikatan cerita yang saling terhubung untuk menuju puncak konflik. Alur tersebut dibagi dalam beberapa bab sesuai panjang cerita yang akan disampaikan. Novel yang baik biasanya terdiri dari 7 bab dengan tebal 100 halaman. Namun, Anda bisa membuat lebih dari itu dengan plot yang tidak monoton agar pembaca tidak merasa bosan.

Bab bisa disusun secara linear dan flash back sesuai peristiwa yang terjadi. Karena sudah mempunyai ide atau angle, Anda tinggal menuangkan semua cerita sesuai dengan tempatnya. Jangan lupa untuk menentukan tokoh dalam cerita dengan karakternya. Novel unik berkualitas pasti mempunyai alur dan tokoh yang baik dan berhubungan.

Tokoh dalam novel lebih banyak daripada cerpen dengan nama dan karakter yang berbeda. Anda bisa menuliskanya pada web novel agar tersimpan dengan aman. Fasilitas ini bisa dinikmati dalam aplikasi menulis novel karya anak Indonesia. Sehingga lebih efektif tanpa menggunakan kertas dan alat tulis lain.

Bangun Drama dan Ending Novel

Drama merupakan momen atau peristiwa yang terjadi dalam novel secara dramatik. Momen tersebut bisa muncul di bab tertentu dengan beberapa percakapan sesuai dengan alur cerita. Drama akan membuat cerita lebih menarik dan menegangkan untuk menggambarkan kejadian tertentu.

Dalam menyusun bagian ending novel membutuhkan susunan alinea yang cermat dan baik. Sehingga pembaca bisa terkesan dan mengingat akhir cerita novel yang Anda buat. Pastikan penggunaan kata dan bahasa mudah dipahami oleh pembaca serta tidak berlebihan. 

Strategi menulis novel sangat menentukan hasil akhir dari karya Anda. Untuk menunjang hasil yang maksimal, lakukan riset mengenai nama atau karakter yang unik. Dengan memerhatikan poin penting tersebut, Anda bisa berkontribusi dalam kompetisi Next Top Writer dengan membawa novel unik berkualitas.

Gambar: Freepik

Leave a Reply