Tuangkan Ide Brilianmu dalam Novel Fiksi Ilmiah, Penelitian Dibalut Sastra
Tuangkan Ide Brilianmu dalam Novel Fiksi Ilmiah, Penelitian Dibalut Sastra

Tuangkan Ide Brilianmu dalam Novel Fiksi Ilmiah, Penelitian Dibalut Sastra

Dunia literasi bisa digabungkan dengan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk menciptakan karya yang luar biasa, salah satunya novel fiksi ilmiah. Novel tidak hanya dikemas dengan ide dan imajinasi saja. Namun, bisa mengedepankan unsur ilmu pengetahuan dan teori terapan dari hasil penelitian.

Novel adalah karya sastra yang tidak pernah padam dan banyak diminati oleh semua kalangan, terutama remaja. Hal ini berbanding terbalik dengan penelitian yang kurang akan peminat. Oleh karena itu, novel sains dapat menjadi alternatif paling tepat untuk mengemas pengetahuan dengan penyajian yang menarik dan dapat diterima oleh kalangan remaja.

Novel fiksi ilmiah atau sains merupakan novel yang mengedepankan ilmu terapan, pengetahuan, serta hasil penelitian dalam balutan sastra. Sehingga memberikan daya tarik sendiri bagi pembaca untuk memahami teori secara lebih fantasi. Di Indonesia sendiri masih sedikit novel dengan genre ini padahal banyak yang minat dan menyukai tema sains.

Lakukan Riset Tentang Ilmu Pengetahuan

Novel sains mempunyai penyajian yang berbeda dari genre lainnya. Karena memang cerita yang disajikan hasil penelitian menurut ilmu pengetahuan. Sehingga harus memperhatikan beberapa unsur penting, terutama dapat dibuktikan secara realita. Salah satu penulis terkenal yang tertarik akan pengetahuan dan sastra adalah Andrea Hirata.

Untuk membuat novel fiksi ilmiah, hal utama yang harus dilakukan adalah melakukan riset. Anda bisa membaca berbagai buku dan jurnal mengenai penelitian dan pengetahuan sebagai referensi. Novel harus mengangkat unsur fantasi yang didasari pada teknologi dan wawasan yang kuat.

Jangan takut untuk bereksplorasi dengan pengetahuan dan teknologi. Karena saat ini teknologi semakin canggih dan berkembang yang tidak sedikit terinspirasi dari novel di masa lalu. Salah satunya adanya aplikasi NovelMe untuk menulis cerita dan  menuangkan ide dan kreatifitas dalam tulisan.

Ciptakan Dunia dengan Sistem yang Detail

Imajinasi bisa dilandaskan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan. Untuk memulai cerita, Anda bisa mengambil setting waktu dan tempat sesuai keinginan. Anda bisa mengambil setting dimana Anda tinggal atau setting dunia yang berbeda. Jika mengambil setting dunia lain, gambarkan dengan jelas dan detail.

Selain setting tempat, Anda juga harus menciptakan penokohan yang unik dan kuat dalam novel fiksi ilmiah. Tokoh merupakan unsur yang berperan penting dalam cerita termasuk sains. Dalam genre ini, tokoh antagonis biasanya tidak tunggal melainkan suatu koloni atau perkumpulan orang dalam kuantitas tertentu.

Novel sains juga bisa mengambil tokoh utama seorang ilmuwan dengan skill yang jelas dan spesifik. Tokoh tersebut harus menguasai bidang dan peran yang diberikan. Untuk memberikan cerita yang lebih menarik, tokoh utama bisa didampingi oleh tokoh pendukung. Sehingga konflik yang dibuat dapat diselesaikan dengan jelas dan logis.

Bangun Ide Cerita dengan Dasar Keilmuan

Sebagai novel sains, ide yang dibangun harus berdasarkan pada pengetahuan dan keilmuan. Meski sederhana, ide bisa dikembangkan dengan cerita yang beragam dan tetap terstruktur. Dalam membuat ide cerita tersebut, Anda bisa memanfaatkan web novel dengan  unsur pendukung melalui penelitian.

Hal yang menarik dalam novel sains adalah mempunyai amanat dan kebaikan bagi manusia. Amanat tersebut berhubungan dengan konflik cerita yang dikembangkan. Untuk memberikan pelajaran bagi pembaca serta menambah wawasan seiring teknologi yang semakin canggih.

Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat dalam hitungan detik. Dimana dalam kehidupan ada ritme yang berjalan perlahan dengan peristiwa yang terjadi. Tinggal bagaimana Anda harus menulis cerita yang seru dalam pengetahuan sains untuk membuat novel fiksi ilmiah.

Gambar: Freepik

Leave a Reply