Pentingnya Penggunaan Kalimat Efektif Untuk Tingkatkan Mutu Tulisan
Kompetisi menulis Novelme

Pentingnya Penggunaan Kalimat Efektif Untuk Tingkatkan Mutu Tulisan

Pentingnya Penggunaan Kalimat Efektif Untuk Tingkatkan Mutu Tulisan

Dalam kaidah bahasa Indonesia, penggunaan kalimat efektif termasuk yang paling penting untuk diperhatikan. Secara terminologis kalimat efektif merupakan susunan kata berdasarkan kaidah yang berlaku. Kalimat efektif ini juga sebagai cara untuk memilih diksi yang tepat. Untuk membuat kalimat efektif maka wajib untuk memenuhi beberapa syarat.

Setidaknya ada empat syarat utama untuk menjadikan sebuah kalimat efektif. Diantaranya sesuai dengan aturan PUEBI, sistematis, tidak bertele-tele, dan non ambigu. Ketika suatu kalimat tidak mengandung keempat syarat tersebut maka bisa dipastikan jika susunan tersebut tak efektif. Sehingga ketika membuat kalimat maka perlu diperhatikan benar-benar.

Kalimat efektif seringkali diabaikan begitu saja pada tulisan terlebih novel. Padahal peran kalimat efektif ini sangatlah penting dan tidak bisa disepelekan. Secara sederhana ketika seseorang menggunakan kalimat efektif dalam bahasa maka apa yang dikatakan jauh lebih bisa dipahami oleh lawan bicaranya begitu juga sebaliknya.

Khususnya pada tulisan maka sebagai penulis wajib untuk mempelajari kalimat efektif. Pasalnya banyak sekali kasus dimana sebuah tulisan sulit dipahami oleh pembaca. Salah satu faktor penyebabnya ternyata kalimatnya yang digunakan non efektif sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Walhasil gagasan yang ingin disampaikan tidak bisa sepenuhnya diterima pembaca.

Unsur-Unsur dalam Penggunaan Kalimat Efektif

Dalam kalimat efektif juga mengandung beberapa unsur penting yaitu subjek, predikat, objek, pelengkap serta keterangan. Meski demikan, untuk bisa menjadi kalimat efektif sekurang-kurangnya memuat tiga unsur yakni subjek, predikat, dan objek. Sementara pelengkap dan keterangan ada tiadanya adalah sebuah pilihan atau tidak wajib .

Hal ini mengacu pada tujuan digunakannya kalimat efektif itu sendiri. Yakni kepahaman lawan bicara atau pembaca untuk bisa menerima gagasan atau ide yang disampaikan. Dapat disimpulkan ketika pembaca bisa memahami apa yang diutarakan berarti Anda berhasil dalam penggunaan kalimat efektif tersebut.

Yang menjadi permasalahan adalah seringnya penulis kurang memperhatikan kalimat efektif pada tulisan. Seolah-olah penulis tak begitu mementingkan kalimat efektif bahkan menganggap jika tulisannya sudah bisa dipahami. Padahal penting untuk memposisikan diri sebagai pembaca ketika menulis. Agar ide yang ingin disampaikan diterima secara maksimal.

Selain memposisikan sebagai pembaca Anda juga bisa mencari sebuah referensi bacaan terlebih dahulu sebelum menulis. Kini ada banyak sekali web novel dimana terdapat beberapa tulisan yang memang sudah terbukti dari segi kualitasnya. Sehingga bisa Anda jadikan rujukan agar tulisanmu lebih sistematis, mudah dipahami, dan logis.

Mutu Tulisan Ditentukan Oleh Seberapa Efektif Kalimat yang Digunakan

Banyak sekali tulisan yang sulit untuk naik terbit lantaran kurang berkualitas. Salah satu penyebabnya tentu sulitnya kalimat untuk dipahami pembaca. Dan ini tentu saja karena penulis tidak maksimal dalam menggunakan kalimat efektif. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari bagaimana penggunaan kalimat efektif yang baik dan benar.

Di banyak media tak terkecuali NovelMe juga menerapkan pentingnya struktur kebahasaan. Struktur kebahasaan ini bukanlah sekedar membuat kalimat dengan ejan benar namun, secara tidak langsung Anda membangun sebuah gagasan untuk bisa diterima oleh pembaca. Sehingga perannya pun tak bisa dianggap remeh. Bahkan cenderung sangat ditekankan keberadaannya bukan hanya sebagai syarat.

Untuk membuat sebuah tulisan memang tidak mudah. Butuh waktu serta belajar lebih giat agar tulisan bisa renyah atau enak dibaca. Anda bisa memulai dengan mengikuti kompetisi seperti Next Top Writer. Selain pengalaman Anda juga berpeluang memenangkan banyak hadiah menarik. Dan juga Anda bisa sekaligus mempelajari penggunaan kalimat efektif pada beberapa tulisan yang dimuat.

Gambar: Freepik

Leave a Reply