Trik Karya Tulis Layak Terbit, Penulis Wajib Tahu
Cek kembali sebelum mengirim merupakan langkah penting untuk memastikan karya tulis layak terbit atau tidak.

Trik Karya Tulis Layak Terbit, Penulis Wajib Tahu

Trik Karya Tulis Layak Terbit, Penulis Wajib Tahu

Akhir-akhir ini dunia kepenulisan tengah bangkit dengan ditandai banyaknya penulis yang berjuang agar karya tulis layak terbit di media. Meskipun kenyataannya banyak pula karya yang terpaksa harus ditolak oleh redaktur. Layak terbitnya sebuah karya memang menjadi hak prerogatif redaktur, namun Anda tetap memiliki peluang besar untuk menarik minat mereka untuk mau menerbitkan.  

Menembus sebuah media memang terbilang sulit. Seorang penulis bisa saja ditolak karyanya hingga puluhan kali sebelum akhirnya diterima. Ketika karyamu belum diterima maka seharusnya Anda mencari tahu apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut. Hal ini lantaran banyak sekali faktor penyebab mulai dari diri penulis hingga karyanya.

Novel menjadi karya tulis yang memiliki peminat cukup banyak. Berbagai genre pun tengah beredar luas dan bisa dinikmati oleh siapapun. Meski demikian, tak sedikit pula novelis yang berjuang mati-matian agar karyanya terpampang di salah satu media. Memang membuat karya sastra ini cukup sulit namun, bukan berarti tak bisa.

Ketika Anda sudah melampaui tahap kepenulisan maka langkah selanjutnya mengecek kembali karya tersebut. Ini sebagai langkah untuk mengetahui sejauh mana karya tulis layak terbit Anda. Apalagi di meja redaktur memang sangat banyak aspek penilaian sebelum akhirnya karya tersebut diterbitkan. Maka dari itu, cek kembali sebelum mengirim.

Unsur-Unsur Karya Sastra Yang Mencuri Perhatian Untuk Diterbitkan

Untuk bisa diterbitkan di sebuah media memang membutuhkan waktu yang relatif lama. Sembari menunggu tersebut, Anda bisa memanfaatkan dengan terus berkarya. Tak ada salahnya untuk memperhatikan unsur karya tulis yang sudah terbukti mampu membuat penerbit tertarik menerbitkan. Diantaranya adalah karya yang menawarkan sesuatu baru.

Sesuatu yang baru ini bisa dikatakan unik dan belum ditemukan pada karya tulis lainnya. Sesuatu yang baru khususnya sastra ini bisa mengandung unsur kontroversi, membuat penasaran pembaca, sedikit tidak masuk akal, memicu orang untuk berpikir mendalam dan masih banyak lainnya.

Selain itu, upayakan untuk membuat karya tulis layak terbit yang alurnya berurutan, jelas, dan mudah dipahami bahasanya oleh pembaca. Meski tergolong fiksi jika tidak membuat bingung pembaca tentu akan enak dibaca. Dan yang tak kalah pentingnya pembahasannya sejalur atau tidak melebar kemana-mana agar pembaca juga tak bingung.

Tidak hanya itu, cerita yang dari paragraf pertama menarik juga bisa menandakan jika karya tersebut layak terbit. Namun, jika Anda masih bingung tak ada salahnya untuk mencari referensi di beberapa web novel. Biasanya di web tersebut termuat beberapa karya yang memang berkualitas dari berbagai aspek.

Penulis Sastra Best Seller yang Menginspirasi

Untuk menjadi penulis kenamaan tersebut bukanlah hal mudah. Butuh waktu lama dan semangat pantang menyerah untuk mencapai hasil maksimal. Tak pelak karya mereka pun diminati banyak orang bahkan dinanti untuk segera diterbitkan. Ini pun bisa Anda mulai dengan mengirim tulisan di aplikasi NovelMe sebagai wahana menulis novel favorit.

Di Indonesia sendiri ternyata banyak penulis dengan karya sastra yang best seller dari berbagai genre. Ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk terus produktif menghasilkan karya yang tak kalah luar biasa. Diantaranya adalah Eka Kurniawan, Almira Bastari, Sapardi Djoko Damono, Bernard Batubara dan masih banyak lainnya.

Salah satu langkah yang bisa Anda tempuh untuk pertama kalinya adalah dengan mengikuti kompetisi seperti Next Top Writer yang diadakan oleh NovelMe. Selain berpeluang mendapatkan hadiah menarik, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman luar biasa. Tak hanya itu, bisa jadi di kemudian hari Anda dipanggil dengan karya tulis layak terbit dan tentunya ini menjadi hal yang membanggakan.

Gambar: freepik

Leave a Reply