Sering Ditolak, Begini Cara Memikat Redaktur Untuk Menerima Tulisanmu

Sering Ditolak, Begini Cara Memikat Redaktur Untuk Menerima Tulisanmu

Sering Ditolak, Begini Cara Memikat Redaktur Untuk Menerima Tulisanmu

Dibalik terbitnya sebuah tulisan di media ternyata ada cara memikat redaktur dan terbukti efektif. Untuk menembus sebuah media agar mau menerbitkan tulisan memang sangatlah sulit. Bagaimana tidak, banyak penulis yang akhirnya menyerah lantaran tulisannya sering ditolak redaktur. Bahkan ada yang mengirim hingga puluhan kali namun, tetap ditolak.

Tulisan yang ditolak redaktur memang merupakan hal lumrah. Bisa jadi ini merupakan ujian bagi penulis untuk bisa tahan banting dan tetap produktif di kemudian hari. Namun, dibalik penolak tersebut tentu karena di dalam tulisanmu masih mengandung kesalahan dan perlu diperbaiki.

Meski demikan, Anda tak perlu khawatir lantaran ada beberapa cara memikat redaktur yang bisa Anda coba. Cara ini bersumber dari beberapa pengalaman penulis yang dulunya juga sering ditolak tulisannya. Akan tetapi, yang paling penting tetaplah produktif menulis dan perbaiki beberapa kesalahan saat penulisan.

Dan yang tak kalah penting, posisikan diri Anda sebagai pembaca. Ini penting mengingat selera antar pembaca sangatlah berbeda khususnya novel. Tapi bukan berarti posisi penulis dikesampingkan. Anda tetap bisa menularkan ide hanya saja dikemas sesuai dengan selera pembaca. Caranya sebelum dikirim usahakan untuk mengecek kembali tulisanmu.

 

Alasan Seringnya Tulisan Ditolak Redaktur

Selain yang dipaparkan sebelumnya ada beberapa alasan yang perlu Anda ketahui agar tulisan tak ditolak redaktur. Diantaranya adalah tulisanmu tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Pada hakekatnya masing-masing media tak terkecuali NovelMe memiliki standar tersendiri. Maka dari itu, sebelum mengirim tentukan terlebih dahulu media yang akan dituju.

Alasan selanjutnya adalah terbatasnya ruang untuk memuat tulisan. Di media manapun ruang masing-masing rubrik memang sangatlah terbatas. Berbanding terbalik dengan banyaknya tulisan yang masuk. Walhasil banyak redaktur yang terpaksa memilih tulisan paling berkualitas untuk diterbitkan di medianya. Biasanya dari penulis yang memang sudah teruji kualitas tulisannya.

Ketidaksesuaian dengan tema atau model penulisan ternyata menjadi salah satu alasan mengapa redaktur menolak tulisanmu. Ketika Anda ingin mengetahui bagaimana cara memikat redaktur paling ampuh maka tulislah dengan tema yang sesuai adalah jawabannya. Juga melihat bagaimana model atau ciri khas penulisan di media yang dituju.

Dan yang terakhir adalah bobot tulisan yang kurang. Hampir mirip dengan yang pertama namun ini lebih signifikan. Ketika tulisanmu sangat berbobot dan sesuai dengan apa yang diinginkan redaktur, maka peluang diterima sangatlah besar. Oleh karena itu, untuk menjadi penulis terkenal perbanyaklah membaca agar perbendaharaan kosakata juga semakin meningkat.

 

Tips Agar Tulisan Anda Dilirik Oleh Redaktur

Untuk menulis sebuah karya saja sangatlah sulit. Apalagi sudah menulis namun, tetap ditolak tentu ini sangatlah pahit. Meski pahit namun, Anda tak boleh patah semangat dan harus terus mencoba. Peluang akan tetap terbuka lebar meski untuk menembusnya membutuhkan usaha ekstra keras.

NovelMe sebagai web novel kenamaan akan berbagi sedikit mengenai bagaimana tips agar tulisan Anda bisa diterima redaktur. Diantaranya adalah pilih topik pembahasan yang sedang berkembang. Ketika Anda menulis topik tersebut maka pembaca pun akan mudah tertarik mengingat situasinya sama dengan sekarang. Coba saja untuk terus update terhadap isu terbaru.

Ketika sudah menulis topik populer namun tetap saja ditolak maka coba untuk introspeksi diri. Bisa jadi tulisanmu ditolak karena teknik penulisanmu yang masih salah. Coba pelajari kembali bagaimana teknik menulis yang baik dan benar tanpa mengesampingkan gaya khas kepenulisanmu sendiri.

Dan yang paling penting cobalah untuk mengikuti berbagai ajang lomba seperti Next Top Writer yang diselenggarakan oleh NovelMe. Selain kemampuanmu terasah, Anda juga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik. Ini bisa jadi menjadi latihan atau awal cara memikat redaktur ketika Anda bisa memenangkan kompetisi tersebut.

 

Ganbar: Freepik

Leave a Reply