Penulis Novel Fiksi Indonesia Terbaik Harus Perhatikan Tips Ini
Penulis Novel Fiksi Indonesia Terbaik Harus Perhatikan Tips Ini

Penulis Novel Fiksi Indonesia Terbaik Harus Perhatikan Tips Ini

Sebagai penulis novel fiksi Indonesia, ini adalah pekerjaan menarik yang memungkinkan imajinasi Anda menjadi tinggi. Meskipun tidak ada daftar aturan pasti yang harus Anda ikuti untuk penulisan novel fiksi, ada sejumlah teknik yang dapat membantu Anda menulis lebih baik dan membuat cerita yang hebat.

Menulis fiksi yang hebat membutuhkan dedikasi dan kerja keras, tetapi ada banyak metode yang tersebar di web novel untuk mempermudah prosesnya. Ada beberapa hal yang harus dan tidak boleh Anda lakukan jika ingin menjadi seorang penulis terkenal. Setiap penulis besar tentunya memiliki cara suksesnya masing-masing.

Tips Terbaik yang Akan Membantu Anda Menghasilkan Karya Hebat

Hal pertama yang Anda harus lakukan sebagai penulis ialah cintai ceritamu. Anda mungkin memiliki daftar ide cerita yang menunggu untuk disempurnakan, tetapi kemungkinan ada satu yang paling Anda sukai. Banyak penulis novel fiksi Indonesia menghasilkan karya terbaik ketika sangat berinvestasi dalam karakter dan plot cerita.

Kemudian hal penting lainnya adalah tahan informasi dan berikan secara perlahan kepada pembaca. Saat menulis fiksi, cukup berikan pembaca informasi yang perlu mereka ketahui saat ini. Trik ini akan membuat para pembaca penasaran dengan cerita Anda.

Ernest Hemingway, dalam teori menulis gunung es, mengatakan bahwa penulis cukup menunjukkan kepada pembaca puncak gunung es saja. Detail pendukung, seperti latar belakang, yang diibaratkan dengan massa es yang lebih besar yang berada di bawah permukaan air, harus tetap tak terlihat.

Hal ini bertujuan untuk mencegah pembaca dari kewalahan dengan informasi yang mereka serap dalam waktu yang singkat. Berikan kemungkinan bagi pembaca untuk menggunakan imajinasi mereka sendiri dalam mengisi kekosongan cerita yang Anda sembunyikan. Begitulah sebenarnya cara kerja sebuah novel.

Berikutnya adalah menulis dengan kalimat sederhana. Ada waktu dan tempat yang tepat untuk kata-kata yang rumit dan teks yang padat, tetapi dalam novel fiksi Indonesia Anda hanya membutuhkan kalimat sederhana. Menulislah menggunakan bahasa yang ringkas, sehingga setiap kata dan kalimat memiliki tujuan yang jelas.

Latihan Rutin dan Terus Berusaha Adalah Kunci dari Awal Semua Kesuksesan

Menulislah setiap hari, karena penulis hebat memiliki kebiasaan menulis yang teratur. Itu berarti mendedikasikan waktu setiap hari untuk meningkatkan keterampilan menulis. Beberapa penulis menetapkan sendiri jumlah kata harian. Contohnya Stephen King menulis 2.000 kata sehari. Anda juga dapat bergabung dengan grup menulis, jika ini bisa membantu.

Tulislah apa saja yang Anda inginkan. Jangan khawatir jika yang Anda tulis adalah tulisan yang buruk secara teknis. Latihan menulis ini bertujuan agar Anda tidak lagi mengalami kesulitan untuk mendapatkan ide di halaman kosong. Semakin banyak Anda menulis maka akan semakin mudah Anda meraih mimpi.

Tetapkan motivasi berupa sebuah tonggak sejarah. Jumlah kata rata-rata untuk sebuah novel fiksi Indonesia adalah 75.000 kata. Jika Anda sedang mengerjakan novel pertama, tetap termotivasi dengan menetapkan sebuah tonggak sejarah. Ini akan membantu Anda menyelesaikan tulisan secara mental.

Pelajari teknik pengembangan karakter yang kuat. Ada cara efektif untuk membuat karakter kuat dalam sastra. Pelajari informasi karakter apa yang akan diungkapkan untuk meningkatkan ketegangan dalam cerita Anda. Karakter utama harus memiliki latar belakang yang menginformasikan tindakan, motivasi, dan tujuan mereka.

Hal penting lainnya yang harus Anda ketahui ialah masalah teknis. Salah satunya adalah media menulis. Gunakanlah sebuah media menulis novel yang fleksibel. Contohnya NovelMe yang merupakan sebuah aplikasi karya anak bangsa yang akan membantu Anda menulis novel kapan pun dan dimana pun Anda berada.  

Hal terpenting dari semua metode yang harus Anda pelajari ialah menetapkan tekat yang kuat. Tidak ada satu pun pekerjaan hebat yang dapat diselesaikan tanpa disertai sebuah tekat yang kuat. Kemauan tinggi inilah yang akan memotivasi untuk terus berkembang menjadi seorang penulis novel fiksi Indonesia ternama.

Gambar: Freepik

Leave a Reply