Mengenal 5 Genre Paling Populer Untuk Menulis Karya Fiksi
Genre karya fiksi merupakan model yang paling dasar pada sebuah cerita atau hasil karya fiksi.

Mengenal 5 Genre Paling Populer Untuk Menulis Karya Fiksi

Genre karya fiksi merupakan model yang paling dasar pada sebuah cerita atau hasil karya fiksi. Genre juga erat kaitannya dengan kategorisasi yang tidak ada batasnya. Biasanya penulis akan melakukan sebuah eksperimen guna mengetahui tren yang ada didalam masyarakat, hingga akhirnya mampu menghasilkan hasil karya fiksi yang benar-benar di apresiasi oleh pembaca.

Jika Anda ingin menjadi seorang penulis karya fiksi seperti novel maka Anda wajib mengetahui genrenya terlebih dahulu. Hal ini juga ada kaitannya dengan pemilihan tema yang akan Anda kembangkan. Untuk menentukan genre pada karya fiksi yang Anda buat maka Anda harus pandai-pandai untuk bisa berimajinasi ataupun menganalisa.

Karena genre karya fiksi tersebut nantinya akan Anda kembangkan semakin luas pada cerita yang Anda tuliskan. Untuk satu hasil karya fiksi biasanya hanya menggunakan satu genre saja. Akan sangat menguntungkan bagi Anda, jika Anda memiliki kemampuan untuk menulis berbagai hasil karya fiksi dengan genre yang bervariasi.

Jenis-Jenis Genre Terpopuler Dikalangan Penulis Fiksi

Jika Anda ingin menulis karya fiksi dan menerbitkan pada sebuah web novel atau media lainnya, maka Anda wajib mengetahui genre terpopuler yaitu:

  1. Romance

Romance merupakan salah satu genre paling mainstream mengingat karya fiksi dengan genre ini sangat mudah untuk dibuat yang didominasi dengan cerita cinta. Bahkan di toko-toko buku bisa Anda jumpai buku dengan banyak judul yang mengangkat genre satu ini. Jika Anda ingin menulis romance sebagai genre karya fiksi maka Anda bisa mengambil berbagai kejadian, latar waktu dan tempat yang ada di masyarakat.

  • Fantasy

Karya fiksi yang mengangkat genre fantasy akan memberikan kesempatan kepada pembaca untuk bisa masuk ke dalam dunia dalam cerita. Biasanya cerita hasil karya dengan genre ini akan bertolak belakang dengan kehidupan nyata serta penuh dengan imajinasi. Selain menampilkan keindahan imajinasi, hasil karya fiksi dengan genre fantasy juga akan menyampaikan pesan moral kepada pembacanya.

  • Science Fiction

Membuat karya fiksi dengan genre science fiction hampir sama dengan genre fantasy. Yang membedakan ialah pengambilan latar waktu dan tempat di masa depan. Biasanya hasil karya dengan genre ini akan menghadirkan binatang atau makhluk lain yang memiliki intelektual tinggi bahkan melebihi manusia.

  • Mystery

Genre karya fiksi mystery akan menghadirkan suatu permasalahan yang erat kaitannya dengan penculikan, pembunuhan ataupun tindakan criminal yang membahayakan nyawa seseorang. Kisah dalam cerita bergenre mystery akan menghadirkan situasi yang berbahaya seperti aksi-aksi pengejaran tokoh antagonis.

  • Horror

Genre horror memiliki ciri yang hampir sama dengan mystery. Hanya saja karya fiksi yang menggunakan genre ini akan melibatkan mitos-mitos supranatural ataupun kepercayaan yang beredar di masyarakat. Biasanya tokoh yang dihadirkan pada karya fiksi dengan genre ini yaitu manusia dengan makhluk gaib.

Cara Menentukan Genre Untuk Menulis Karya Fiksi

Sebelum Anda memutuskan untuk segera memulai menulis karya fiksi maka Anda harus terlebih dahulu menentukan genre yang akan Anda pilih. Untuk menentukannya maka Anda bisa menganalis ataupun menyimak tren yang kini sedang berkembang. Terlebih jika hasil karya sastra tersebut akan diajukan kepada penerbit besar untuk proyek komersil.

Untuk menulis karya fiksi Anda bisa memanfaatkan NovelMe yaitu aplikasi untuk menulis yang sangat mudah digunakan. Selain itu Anda juga perlu mengetahui selera para pembaca. Cari tahu informasi mengenai genre yang paling disukai atau dimintai oleh masyarakat.

Apakah saat ini masyarakat sedang menyukai buku berbalut humor, cerita religi, kisah cinta atau lainnya. Atau Anda juga bisa mencoba menentukannya dengan mengangkat pengalaman pribadi sebagai genre karya fiksi.

Gambar: Freepik

Leave a Reply